Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Bocoran Seputar Huawei P30 Pro yang Akan Diluncurkan di Paris

Ingin mengulang kesuksesan produk flagship sebelumnya, P20 Series, Huawei kembali memilih Paris sebagai tempat peluncuran produk terbarunya. Bocoran Huawei P30 pun beredar. Sementara informasi resmi yang baru di-share adalah terkait tanggal dan lokasi peluncurannya.

Berdasarkan akun resmi Huawei Mobile Indonesia di Facebook, raksasa teknologi asal China tersebut akan segera meluncurkan Huawei P30 secara global di ibu kota Prancis ini.

Keindahan kota Paris dianggap menjadi lokasi tepat untuk peluncuran, mengingat bahwa Huawei seri P menekankan pada fotografi professional dan desain. Desain P20 memiliki estetika yang berkelas, tak heran banyak disukai banyak kalangan. Angka penjualan smartphone tersebut sejak peluncurannya sudah mencapai lebih dari 16 juta unit di seluruh dunia.

Huawei P30 Fotografi
Poster acara peluncuran Huawei P30 Series

Huawei P20 diluncurkan tepat setahun sebelumnya, yaitu Maret 2018. Kini smartphone tersebut menduduki posisi teratas di daftar DxOMark Mobile yang merupakan peringkat kualitas foto pada fotografi smartphone. Daftar tersebut diakui karena memang disusun oleh DxOMark Image Labs yang memiliki reputasi tinggi.

Kemampuan fitur fotografi dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) pada smartphone premium ini diperkuat melalui kolaborasi Huawei dengan menggandeng Leica. Kolaborasi dengan Leica tersebut juga bertujuan untuk terus membuat terobosan pada fitur-fitur fotografi di smartphone Huawei.

Rencananya smartphone kelas premium tersebut akan diluncurkan pada 26 Maret 2019.

Bocoran Huawei P30

Apa saja fitur-fitur yang akan ditawarkan di Huawei P30 Series? Sejauh ini kami belum mendapatkan informasi resmi mengenai calon flagship anyar dari Huawei ini. Tentu saja semua produsen juga melakukan hal sama. Menutup rapat-rapat informasi seputar produk andalannya. Kalaupun ada, hanya teaser kecil-kecilan saja.

Nah, sejauh ini bocoran Huawei P30 yang terbaru datang dari Digital Trends. Adalah Julian Chokkattu, reporter Digital Trends, yang mencari ruang demo di acara Huawei selama Mobile World Congress 2018 di Barcelona. Tidak disangka-sangka, dia melihat smartphone terbaru yang akan segera diluncurkan yakni Huawei P30 Pro.

Namun bocoran Huawei P30 yang diperlihatkan tersebut belum berupa ponsel yang berfungsi, melainkan masih berbentuk prototipe non-operasional. Praktis, Julian hanya bisa memegang dan memotret ponsel yang menurutnya hampir sepenuhnya final, dalam hal tampilan.

Related Posts
1 daripada 402
Prototype tampilan kamera belakang Huawei P30

Dari bocoran Huawei P30 Pro yang dipertontonkan, terlihat tampilannya tidak berubah secara dramatis dari pendahulunya P20 Pro. Namun ada berbagai perubahan kecil yang akhirnya membuat perbedaan besar, terutama dalam membangun tampilan DNA perusahaan yang kuat untuk jajaran smartphone Huawei saat ini.

Sebelum beredar ke konsumen, produsen ponsel biasanya memberikan nama kode pada produk yang dikembangkan. Untuk Huawei P30 Pro, nama kode yang dipakai adalah Vogue. Selain itu ada kode Link yang kemungkinan adalah jenis lensa terbaru yang akan dipakai.

Ketiga lensa kamera diintegrasikan ke dalam satu unit tunggal yang berada di samping atas body dan sedikit menonjol. Berbeda dengan P20 Pro yang satu lensanya terpisah seperti anak tiri, pada bocoran Huawei P30 Pro ini lensa kamera terlihat lebih rukun bergabung dalam satu area. Sehingga tampilannya lebih bersih dan koheren, ya walaupun jadi terlihat tidak ada bedanya dengan beberapa ponsel tiga kamera lainnya.

Di samping ketiga lensa kamera adalah deskripsi jenis lensa, yang telah menjadi standar pada semua ponsel Huawei dan Leica. Informasinya tertulis memakai lensa Summitor. Ini bukan nama lensa Leica, tetapi sangat dekat dengan Summitar, nama untuk lensa kamera Leica 50mm. Nama ini cocok, karena berdasarkan bocoran Huawei P30 Pro yang sebelumnya beredar, memiliki fitur zoom 10x. Di sebelah array lensa terdapat potongan kecil yang berisi unit flash, dan sensor yang tidak dikenal.

Nah, untuk tipe atau seri Huawei P30 yang dipegang dari Digital Trends ini juga masih misteri. Karena pada bocoran Huawei P30 yang pernah beredar sebelumnya, ponsel terbaru ini akan memakai empat kamera. Kemungkinan besar, seperti seri flagship P dan Mate, Huawei juga akan meluncurkan beberapa varian untuk Huawei P30.

Spesifikasi

Bagaimana dengan spesifikasinya? Belum ada bocoran Huawei P30 yang keluar. Kendati demikian, dari nama Vogue yang dipakai, XDA Developers yakin bahwa ponsel ini akan memakai chipset terbaru HiSilicon Kirin 980. Analisis firmware awal -yang tidak lengkap untuk VOG-AL00 – versi Mandarin yang diperkirakan dari Huawei P30 Pro, menunjukkan bahwa perangkat tersebut memiliki baterai 3.650mAh.

Sebagai informasi, terobosan Huawei terbaru yang telah dipublikasikan belum lama ini mencakup Kirin 980, Chipset AI Mobile, GPU Turbo, pengisian baterai super cepat, teknologi reverse charging dan lain-lain. Chipset AI Mobile besutan Huawei diproduksi menggunakan metode 7nm dan merupakan yang pertama di dunia. Sementara GPU Turbo adalah teknologi kartu grafis yang bisa mempercepat proses grafis.

Teknologi baru yang kemungkinan besar bakal ditemui di ponsel ini adalah dukungan terhadap jaringan 5G. Huawei sangat berambisi terhadap teknologi seluler generasi kelima ini. Dalam hal ini, Huawei sudah merilis Chipset 5G Balong 5000 yang telah diumumkan dipakai di Huawei Mate X. Jadi, sudah sewajarnya jika Huawei P30 mendukung 5G. Setidaknya, salah satu variannya seperti di Galaxy S10.

Baiklah, daripada terlalu banyak berasumsi dengan bocoran Huawei P30 yang beredar, kita tunggu saja peluncuran produk ini sebulan lagi.