Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Bose Sport Open Earbuds, TWS Khusus Olahraga Luar Ruangan

0 1.787

Dengan semakin maraknya perangkat audio nirkabel seperti earphone TWS, produsen aksesori jenis tersebut mencoba merilis versi mereka masing-masing, yang bisa berikan diferensiasi menarik untuk konsumen. Salah satu produsen perangkat audio terkenal, Bose baru saja rilis jenis yang berbeda, dinamakan Bose Sport Open Earbuds.

Secara tampilan sendiri, saat dikenakan, perangkatnya terlihat besar dan mungkin agak jadul seperti Bluetooth headset lawas. Namun hal tersebut hadir karena alasan tertentu—Bose Sport Open Earbuds adalah earphone TWS yang dirancang khusus untuk penggiat olahraga luar ruangan, yang mengutamakan keamanan dalam hal bisa mendengar suara luar. Ya, perangkat ini punya fitur kebalikan dari ANC.

Dengan active noise cancellation (ANC), pengguna bisa lebih fokus untuk mendengarkan suara dari perangkat dengan memblokir suara luar lewat serangkaian mikrofon yang ada. Sementara Bose Sport Open Earbuds mengeluarkan suara dari sisi yang berbeda. Perangkat ini bahkan tidak dilengkapi dengan eartip.

Baca juga: Review Nokia Power Earbuds Lite: TWS Pertama, Baterai Prima

Spesifikasi Bose Sport Open Earbuds

Bose Sport Open Earbuds

Bose Sport Open Earbuds memang hadir sebagai earphone TWS yang sangat segmented, alias hadir untuk memenuhi kebutuhan sejumlah orang tertentu saja. Terutama mereka yang memang sering melakukan olahraga luar ruangan seperti berlari atau bersepeda. Otomatis, dua kegiatan olahraga tersebut membutuhkan penggunanya agar tetap aware dengan sekitar.

“Pelari dan pesepeda telah meminta headphone yang memungkinkan mereka tetap fokus pada performa (earphone) tanpa kabel atau perangkat yang harus dilepas untuk mendengarkan lalu lintas, pelatih olahraga, alam atau lainnya yang tidak ingin mereka lewatkan,” kata Mehul Trivedi, Category Director, Bose wearable audio dalam sebuah rilis.

Juga bisa dimanfaatkan bagi mereka yang sering menggunakan transportasi umum, di mana harus mendengarkan pengumuman-pengumuman tertentu. Tanpa eartip, suaranya dibiaskan dari bagian yang menjepit kulit luar telinga, sekaligus membuatnya tetap terpasang presisi saat berolahraga. Tanpa kontak langsung ke bagian dalam telinga maupun bergetar seperti teknologi bone conduction.

Sepertinya, teknologi yang digunakan Bose serupa dengan Huawei Gentle Monster Eyewear II yang pernah kami ulas sebelumnya. Bedanya, perangkat tersebut masih bisa membocorkan suara yang pengguna dengar terutama dalam volume tinggi. Bose Sport Open Earbuds mengklaim hal serupa tak bakal terjadi, lewat teknologi yang lebih canggih, disebut dengan OpenAudio.

Untuk bobotnya sendiri, memang tergolong lebih berat dari earbud TWS pada umumnya, masing-masing memiliki berat 14 gram. Meski dirancang supaya terdengar suara luar, Bose tetap berikan fitur seperti in-call noise reduction, supaya pihak yang ditelepon bisa mendengar suara dengan jelas tanpa suara berisik luar.

Daya tahan baterainya cukup singkat, hanya 8 jam saja. Perangkat ini kompatibel dengan semua smartphone yang bisa disambungkan lewat protokol Bluetooth 5.1. Tombol di bodi luarnya bisa berikan beragam pintasan mudah, seperti Kelola musik, mengangkat telepon hingga memanggil asisten suara.

Harga Bose Sport Open Earbuds

Bose Sport Open Earbuds

Didesain untuk olahraga, Bose Sport Open Earbuds tentunya sudah mengantongi sertifikasi IPX4 tahan basah dan keringat. Dalam peluncuran pertamanya, Bose Sport Open Earbuds hadir dalam opsi warna hitam saja.

Perangkat ini sudah dapat dipesan secara pre-order di Amerika Serikat, dengan jadwal pengiriman pada pertengahan Januari mendatang. Harganya sendiri mencapai USD199, atau sekitar Rp2,7 jutaan. Pembeli bakal mendapatkan charging base serta case pelindung untuk dibawa.