Jakarta, Gizmologiย โ Telin resmi bekerja sama dengan Dialog Axiata PLC setelah melakukan penandatangan Perjanjian Layanan Induk (Master Service Agreement/MSA). Kolaborasi keduanya diharapkan dapat mempelopori pendekatan transformatif untuk melindungi jaringan dan membangun kepercayaan di era digital.
Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia untuk layanan global, akan menyediakan Layanan Terkelola untuk trafik SMS A2P internasional dan trafik terminasi suara internasional untuk Dialog, penyedia layanan konektivitas di Sri Lanka.
โKami sangat senang dapat bermitra dengan Dialog, yang sangat peduli untuk melindungi pelanggan dan jaringan mereka dari trafik yang tidak diinginkan. Mereka memahami tantangan yang ada di pasar dan telah bersikap sangat bijaksana dalam negosiasi perjanjian ini. Kami berharap MNO (mobile network operator) lain dapat mengikuti langkah mereka sehingga kepercayaan terhadap bisnis A2P dan Voice dapat dipulihkan di seluruh dunia,โ kata CEO Telin, Budi Satria Dharma Purba.
Perjanjian ini ditargetkan untuk monetisasi trafik internasional sekaligus memberikan lebih banyak kenyamanan, keamanan yang lebih baik, cakupan global dan kualitas layanan yang konsisten kepada pelanggan Dialog. Penandatanganan ini juga melambangkan komitmen kedua perusahaan untuk meningkatkan layanan telekomunikasi di seluruh dunia.
Baca juga: XL Axiata Perkuat Jaringan 4G di Tiga Jalur Utama Penyeberangan Laut
Telin dan Dialog Hendak Lindungi Pelanggan Komunikasi Internasional

Maraknya spam, penipuan, dan pesan SMS yang mengganggu telah menjadi perhatian utama bagi banyak operator di industri telekomunikasi. Dalam kerja sama antara Telin dan Dialog Axiata, pelanggan akan menjadi prioritas untuk diberi layanan perlindungan dari berbagai potensi ancaman tersebut.
Menurut Supun Weeresinghe, Director/Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC, kerja sama antara dua perusahaan menjadi bagian komitmen untuk melindungi pelanggan dan meningkatkan integritas komunikasi internasional.
โKolaborasi ini tidak hanya menjawab tantangan yang ditimbulkan oleh spam dan penipuan, namun juga menunjukkan dedikasi kami untuk memberikan kualitas layanan yang konsisten dan keamanan yang lebih baik kepada pelanggan kami. Bersama dengan Telin, kami berharap dapat mempelopori pendekatan transformatif untuk melindungi jaringan komunikasi dan membangun kepercayaan di era digital,โ ujar Supun.
Telin juga akan mengelola layanan suara dan pesan internasional dari sesama anak perusahaan Telkom, yaitu Telkomsel, dan menyediakan konektivitas berkualitas untuk para hyperscalers dan operator untuk terhubung dengan para pelanggan Telkomsel.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



