Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Canon Rilis Duo EOS R5 & R6, Mirrorless Full-Frame dengan Video 8K

0 2.663

Persaingan kamera mirrorless profesional kini semakin tinggi. Ya, tak hanya untuk konsumen umum saja, kamera mirrorless full-frame juga hadir bagi para pembidik profesional maupun hobbyist yang serius menekuni dunia fotografi. Canon sebagai salah satu produsen kamera profesional sebelumnya telah merilis EOS R, kurang lebih dua tahun lalu, untuk bersaing dengan Nikon dan Sony.

Tahun ini, mereka perkenalkan dua suksesor sekaligus, yang dinamakan Canon EOS R5 dan EOS R6. Dengan banyaknya fitur yang dibawa, Canon EOS R5 menjadi kamera mirrorless flagship termahal kedua, setelah kamera DSLR-nya yaitu 1D X Mark III. Kamera ini unggulkan sensor dengan besaran megapiksel besar serta perekaman video hingga resolusi 8K.

Teaser mengenai kamera ini sendiri sebenarnya telah beredar sejak beberapa waktu lalu. Keunggulan utamanya adalah sensor 45 Megapiksel dengan range ISO mulai dari 100 hingga 51,200. Serta kemampuannya untuk rekam video 8K RAW uncropped, dalam frame rate 29,97fps pada format 4:2:2 & warna 10-bit. Sementara untuk resolusi 4K DCI, sanggup mencapai 59,94fps.

Baca juga: Inilah Fitur Unggulan Canon EOS 1D X Mark III, Kamera Flagship DSLR Full-frame Harga Rp110 Juta

Canon EOS R5 dilengkapi In-Body Image Stabilization

Canon EOS R5

Kemampuan rekam video tersebut merupakan peningkatan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan EOS R. Canon EOS R5 diklaim dapat rekam video 8K selama 20 menit non-stop pada suhu ruangan. Sementara untuk kemampuan ambil foto, menggunakan electronic shutter dapat menangkap hingga 20 frame dalam satu detik.

Canon EOS R5 juga dilengkapi dengan in-body image stabilization (IBIS) 5-axis, alias stabilisasi yang terintegrasi di dalam bodi. Dipasangkan dengan lensa ber-OIS, kamera ini diklaim mampu berikan koreksi hingga 8-stop. Kemampuan fokusnya juga cepat berkat adanya teknologi Dual Pixel CMOS AF II, mencakup 100 persen area fokus dengan total 1,053 titik. Canon sediakan fitur eye-tracking yang berlaku untuk obyek manusia, anjing, kucing hingga burung.

Tak hanya layar smartphone saja yang miliki refresh rate tinggi. Layar EvF 0,5 inci pada Canon EOS R5 gunakan panel OLED dengan refresh rate 120Hz. Sementara layar lipat 3,2 inci yang terdapat di bodi belakangnya dapat diputar serta mendukung input sentuh. Dengan material bodi magnesium, kamera ini didesain tahan segala cuaca.

Canon EOS R6 Hadir Sebagai Varian Lebih Sederhana

Canon EOS R6

Selain EOS R5, Canon juga siapkan EOS R6. Meski secara penamaan lebih tinggi, ini adalah varian yang sedikit lebih terjangkau. Tawarkan kemampuan yang kurang lebih sama dengan prosesor DIGIC X, Canon EOS R6 ‘hanya’ miliki resolusi 20,1MP. Secara otomatis belum mendukung perekaman video 8K, namun masih sanggup rekam dalam resolusi 4K 59,94fps atau 1080p hingga 119,88fps.

Panel EvF-nya sama-sama gunakan OLED 120Hz, hanya saja punya ketajaman sedikit lebih rendah, dengan layar belakang sedikit lebih kecil di 3 inci. Jika Canon EOS R5 gunakan material magnesium luar dalam, EOS R6 pakai material plastik untuk bagian luarnya.

Kedua kamera ini sanggup gunakan dua kartu memori sekaligus, hanya EOS R5 gantikan salah satu slotnya dengan CFexpress untuk kompabilitas penyimpanan video 8K. Kapasitas baterainya 15% lebih besar dari EOS R, mampu menangkap hingga 490 foto (atau 320 foto dengan electronic viewfinder).

Harga Canon EOS R5 & EOS R6

Diluncurkan sebagai kamera mirrorless profesional, Canon EOS R5 dijual mulai dari USD3,899 (Rp56 jutaan) untuk bodinya saja, dan USD4,999 (Rp71,9 jutaan) untuk kit dengan lensa RF 24-105mm F4 L IS USM. Kamera ini bakal tersedia mulai akhir bulan Juli mendatang.

Sementara varian yang lebih murah, EOS R6, dijual mulai USD2,499 alias Rp35 jutaan (body only), dan USD3,599 (Rp51 jutaan) dengan kit lensa yang sama seperti EOS R5. Kamera ini mulai tersedia pada akhir Agustus. Untuk melengkapi bodi dan lensa, Canon sediakan battery grip seri BG-R10 seharga USD350 (Rp5 jutaan), dan seri WFT-R10A yang dilengkapi dengan dual band Wi-Fi 802.11ac serta port Ethernet, dibanderol USD 1.000 (Rp14 jutaan).