Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ini Alasan Samsung Hapus Charger & Earphone Dalam Paket Penjualan

0 5.365

Diawali oleh Apple lewat iPhone 12 series yang rilis pada akhir tahun lalu, Samsung akhirnya mengikuti langkah yang sama untuk menghapus beberapa kelengkapan pada paket penjualan Samsung Galaxy S21 series. Tanpa charger, Samsung juga tidak menyertakan earphone, demi  keberlangsungan lingkungan.

Hal tersebut berikan keuntungan dan tentunya kekurangan tersendiri. Keuntungannya, kemasan lebih kecil dan tipis, sehingga tidak makan banyak ruang penyimpanan. Saat distribusi pun menjadi lebih efisien karena dalam satu kali pengiriman bisa memuat lebih banyak unit. Meski dari harga hampir tidak ada perbedaan. Sebagai perbandingan, Galaxy S20 saat dirilis harganya Rp12,9 juta, sama dengan harga Galaxy S21 versi paling murah.

Kekurangannya, bagi yang belum punya charger harus membelinya secara terpisah. Meski untuk zaman sekarang, sebagian besar pasti sudah memiliki charger di rumah.
Baca juga: Samsung Galaxy S21 & S21 Plus 5G Diresmikan, Harga Mulai Rp12,9 Jutaan

Earphone dan Charger Samsung Dihilangkan Demi Lingkungan

Samsung Charger

Nah, sepertinya langkah bagi Samsung untuk tidak menyertakan charger tak hanya bakal berjalan di seri flagship-nya saja. Melalui sebuah sesi tanya jawab resmi, TM Roh, President & Head of Mobile Communications Business, Samsung berikan informasi tambahan terkait hal tersebut.

Dari beberapa pertanyaan, terjawab pertanyaan terkait mengapa Samsung tak lagi sertakan charger dan earphone dalam paket penjualan Galaxy S21 series. Ia menjawab bila semakin banyak pengguna Samsung Galaxy yang terus menggukan aksesori yang sudah dimiliki. Dengan begitu, dimulailah masa transisi penghapusan aksesori, dimulai dari S21.

Ya, artinya ada kemungkinan bila seluruh lini Samsung Galaxy nantinya juga bakal dijual tanpa kelengkapan dua aksesori tambahan tersebut. Samsung juga menegaskan bila telah implementasi penggunaan port USB-C sejak tahun 2017, dengan niatan agar pengguna bisa gunakan charger lama. Dan memang, sudah cukup banyak seri terjangkaunya yang pakai port universal tersebut.

Mungkin bagi konsumen yang sudah biasa gunakan charger sendiri, seperti charger multiport yang bisa digunakan untuk ragam perangkat, tak bakal merasa terganggu dengan situasi ini bila sudah diterapkan secara masif ke depannya. Namun bakal menjadi beban tambahan untuk orang lain yang memang belum pernah punya smartphone sebelumnya, atau sekadar adapter pengisi daya fast charging.

Dijual Terpisah, Fast Charger Samsung Dijual Rp300 Ribuan

Samsung Charger - Indonesia
Beberapa pilihan aksesori charger yang tersedia di situs Samsung Indonesia.

Untuk mengatasi hal tersebut, Samsung turunkan harga adapter charger resmi mereka pasca peluncuran Galaxy S21 series. Ada beberapa opsi yang diberikan, yaitu pembelian adapter atau kepala charger saja, satu paket dengan kabel, maupun wireless charger pad yang bisa mengisi satu hingga tiga perangkat sekaligus.

Bila ditilik di situs resmi Samsung Indonesia, Samsung menjual wall charger yang mendukung Super Fast Charging seharga Rp299 ribu. Pengisi daya tersebut mendukung standar hingga Power Delivery 3.0 25 watt, cocok untuk isi daya cepat Galaxy S21 series dan juga flagship sebelumnya seperti seri Galaxy Note 20 Ultra.

Sementara bila inginkan kabel tambahan, bisa membeli dengan opsi adapter + kabel seharga Rp449 ribu. Paket pembelian ini bakal dilengkapi dengan kabel USB-C ke USB-C, bukan USB-A ya. Sementara untuk pengisian daya nirkabel, Samsung Wireless Charger 9W dijual mulai dari Rp549 ribu hingga RP1,199 juta untuk yang bisa isi tiga perangkat sekaligus.