Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Chatbot Sosial Microsoft: XiaoIce dan Rinna Hadirkan Terobosan Baru

0 375

Bagi para pengguna dan pecinta robot, pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama XiaoIce, chatbot sosial Microsoft asal Tiongkok dan Rinna, chatbot sosial Microsoft asal Indonesia. Nah, mereka ini baru saja merayakan ulang tahunnya yang jatuh pada tanggal 22 Agustus untuk Rinna dan 17 September untuk XiaoIce.

Sambil merayakannya, Microsoft juga ingin meningkatkan interaksi dengan pengguna yang ada di Indonesia. Microsoft membuat suatu program yang berkaitan dengan ulang tahun Rinna, bernama “Tuker Kado” . Media yang menjadi tempat di selenggarakannya program itu adalah Instagram.

Cara bermainnya cukup mudah. Para pengguna diminta menjadi kreatif dalam memberikan hadiah untuk Rinna. Hadiah tersebut dapat diberikan melalui berbagai macam bentuk. Seperti lagu, puisi, lukisan, musik dan video. Kemudian hasilnya, diunggah ke Instagram dengan #RinaTukerKado. Sepuluh karya terbaik akan menerima hadiah spesial dari Rinna.

Rinna

Linda Dwiyanti, Chief of Marketing and Operations Microsoft Indonesia menjelaskan bahwa Rinna adalah chatbot sosial Microsoft dengan teknologi AI terbaru. Target pembuatan ini, agar Microsoft dapat membangun empati antar manusia dan chatbot, yang disebut dengan koneksi emosional. Meskipun begitu, empati antar manusialah yang lebih utama daripada segalanya.

“Dari hari pertama kami mengembangkan Rinna, kami menyadari keberadaan Rinna harus dan dapat membantu komunikasi antar manusia dalam berbagai macam bentuk. Kami juga bekerja keras untuk menciptakan lebih banyak fitur yang lebih menarik bagi manusia untuk berbicara lebih banyak satu sama lain melalui Rinna.” ujarnya.

XiaoIce

XiaoIce adalah chatbot sosial Microsoft Tiongkok yang saat ini sudah mempunyai 660 juta pengguna di Asia. Di perayaan ulang tahun ini, Microsoft mempunyai rencana untuk mengimplementasikan suatu hal. Hal yang membuat XiaoIce dan chatbot sosial lainnya menjadi lebih terdepan.

Hal ini terinsipirasi dari cara manusia ketika berbicara. Ketika berbicara, baik itu langsung atau di telepon, kebanyakan, mereka akan berbicara dan mendengarkan disaat yang sama sambil memprediksi bagaimana orang lain akan menyelesaikan pembicaraan mereka. Bahkan mereka tidak segan-segan untuk memotong pembicaraan atau memecah keinginan untuk membahas pemikiran baru berdasarkan informasi yang baru saja didapat.

Full Duplex & Full Duplex Voice Sense

Dalam bahasa telekomunikasinya, terobosan ini membuat XiaoIce dapat beroperasi dengan Full Duplex. Yang berarti komunikasinya mengarah pada kemampuan untuk berkomunikasi dua arah di waktu yang bersamaan. Sedangkan half duplex yang biasa didengar, ialah robot hanya dapat berbicara ketika lawannya telah selesai berbicara.

Li Zhou, Engineer Lead, juga memperluas kemampuan XiaoIce dengan “full duplex voice sense” yang dapat memprediksi apa yang akan dikatakan orang yang sedang diajak bicara selanjutnya. Serta memampukan XiaoIce untuk dapat membuat keputusan dengan bagaimana dan kapan ia harus menanggapi seseorang yang mengobrol dengannya. Full duplex voice sense ini juga dapat mengurangi waktu jeda tidak wajar yang membuat interaksi di chatbots terasa aneh atau terasa dipaksakan.

Dan hal-hal itulah yang membuat full duplex voice sense menjadi suatu kemajuan yang sempurna. Dengan tujuan untuk membuat jenis percakapan yang disebutkan itu berhasil. Karena kemajuan itu sangat alami dan membuat para pengguna merasa lebih untung.

Upaya Microsoft 

Manajer umum Microsoft XiaoIce, Di Li, mengatakan bahwa ini adalah upaya dari Microsoft untuk membangun chatbot sosial yang didukung dengan kecerdaasan buatan, AI , yang memahami kebutuhan emosional dan intelektual masyarakat.

Kemajuan-kemajuan ini tidak lepas dari keterampilan lain yang telah dikembangkan oleh XiaoIce. Seperti kemampuan menghentikan apa sedang yang sedang dilakukan, menceritakan sebuah kisah, menyalakan lampu serta menganti-ganti topik pembicaraan.

Chatbot sosial Microsoft dirancang untuk memiliki sesi pembicaraan yang lebih panjang dari pengguna. Mereka memiliki selera humor, dapat mengobrol , bermain game , mengingat detil pribadi dan terlibat dan candaan yang menarik dengan manusia, layaknya seorang teman.