Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Transaksi Tiket dan Makanan di Cinema XXI Kini Bisa Pakai GoPay

0 299

Nonton dan nongkrong di bioskop masih merupakan salah satu kegiatan yang digemari banyak orang, terutama di kalangan anak-anak muda. Sepanjang tahun 2018 saja, penonton film nasional di seluruh jaringan bioskop di Indonesia, termasuk Cinema XXI tercatat mencapai 52 juta penonton.

Generasi milenial dan generasi Z menunjukkan potensi sebagai basis penonton film nasional yang terus berkembang. Data dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada tahun 2019 menunjukkan bahwa 64% generasi Junior Millennial (23-30 tahun) dan 81% generasi Z (15-23 tahun) di Indonesia menonton film nasional.

Andrew Pangestu, Chief Teknologi Cinema XXI, mengatakan pihaknya terus berkomitmen memajukan industri kreatif dan memajukan film nasional. “Pembukaan bioskop baru di beberapa kota menjadi salah satu upaya tersebut,” ujar Andrew, saat ditemui di XXI Plasa Senayan, Jakarta (25/02).
Baca: 5 Hal yang Bikin IMAX with Laser Hadirkan Sensasi Menonton Paripurna

Cinema XXI pun mengemukakan ketertarikannya dengan Gojek, khususnya layanan Gopay yang memiliki infrastruktur fintech besar dan memiliki target market sesuai perusahaan. Kedua perusahaan ini pun berkolaborasi untuk memudahkan para penonton dalam proses transaksi ketika membeli tiket maupun makanan.

Sementara itu Budi Gandasoebrata, Managing Director GoPay, menjelaskan dengan kerja sama ini pihaknya berharap dapat membantu meningkatkan dan mendorong minat generasi muda untuk menonton film nasional yang didukung berbagai penawaran menarik yang dipersembahkan oleh GoPay dan Cinema XXI.

Cinema XXI GoPay“GoPay juga telah mengimplementasikan QRIS (Quick Response Indonesia Standard) sehingga pelanggan XXI bebas bertransaksi di bioskop dan kafe Cinema XXI menggunakan dompet elektronik lain selain GoPay,” ungkapnya.
Baca juga: Mengenal QRIS, Standar Baru Pembayaran Digital dengan QR Code di Indonesia

Bukan hanya bebas bertransaksi dengan uang elektronik, pengunjung Cinema XXI juga dapat menikmati berbagai program penawaran seperti tiket nonton di Cinema XXI serta makanan dan minuman di XXI Cafe yang berlangsung dari tanggal 25 Februari hingga 4 Maret 2020.

Pengunjung cukup melakukan scan QRlS GoPay yang tersedia di Cinema XXI untuk melakukan transaksi dan mendapatkan penawarannya. Dengan kolaborasinya dengan XXI, GoPay telah bermitra dengan lebih dari 500 ribu rekan usaha di Indonesia, 5000 e-commerce, 20 layanan pembayaran, serta lebih dari 28 institusi keuangan.

Sayangnya, kolaborasi tersebut sebatas penggunaan GoPay sebagai metode pembayaran. Belum ada opsi untuk pemesanan tiket menonton di jaringan bioskop XXI menggunakan GoTix di aplikasi GoJek. Padahal jaringan bioskop lain seperti CGV dan Cinepolis sudah tersedia.