Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

5 Hal yang Bikin IMAX with Laser Hadirkan Sensasi Menonton Paripurna

0 215

Sutradara kondang Joko Anwar mengatakan penonton film di Indonesia itu beruntung karena kualitas bioskop di Tanah Air yang secara umum sangat baik dan nyaman dibanding berbagai negara maju sekalipun. Pengalaman menonton ini bakal paripurna dengan hadirnya teknologi IMAX with Laser di bioskop Gandari City IMAX.

Setidaknya, itu yang penulis rasakan saat menghadiri peluncuran IMAX with Laser sembari menonton film terbaru Birds of Prey yang menceritakan perjalanan Harley Quinn, karakter anti hero besutan DC. Birds of Prey telah menjalani proses produksi dan pasca produksi dengan menggunakan format IMAX Experience dengan teknologi IMAX DMR (Digital Re-mastering).

Sebelum film produksi Warner Bros tersebut diputar, pihak Cinema XXI menampilkan demo sampel konten audio visual yang diproduksi menggunakan kamera IMAX. Kualitas audio dan videonya terasa imersif, termasuk tayangan 3D yang lebih nyata.

Menurut Dewinta Hutagaol, Head of Corporate Communications & Brand Management, Cinema XXI, kini penikmat film tak perlu melancong ke luar negeri untuk merasakan pengalaman menonton yang paripurna. Teknologi IMAX with Laser yang pertama di Indonesia ini menghadirkan teknologi terdepan dalam industri sinema ke tanah air.

“Untuk semakin menyempurnakan pengalaman menonton di bioskop sekaligus bentuk apresiasi kami kepada penonton setia Cinema XXI, IMAX with Laser dapat dinikmati dengan HTM (Harga Tiket Masuk) yang sama dengan bioskop reguler,” ujar Dewinta, saat jumpa pers di Gandaria City, Jakarta (6/2/).

Tahun ini, Cinema XXI juga akan melakukan pembaharuan IMAX with Laser di Kelapa Gading IMAX.
Baca juga: Hore! Tiket Bioskop CGV Kini Bisa Dibeli Melalui Aplikasi TIX ID

Teknologi IMAX with Laser

IMAX with LaserUntuk menghadirkan teknologi IMAX with Laser ini, Cinema XXI melakukan sejumlah pembaharuan agar penikmat film memiliki pengalaman menonton dengan visual yang lebih tajam dan detail. Dengan kontras yang lebih baik serta cakupan warna yang lebih luas sehingga mampu menghadirkan gambar yang lebih nyata.

Bioskop Gandaria City IMAX with Laser dilengkapi dengan projektor laser 4K yang mampu memberikan resolusi lebih baik, visual yang lebih tajam dan cerah serta kontras yang lebih dalam dengan cakupan warna terluas di layar lebar.

Selain itu, untuk pengalaman menonton yang lebih prima, Gandaria City IMAX with Laser juga dilengkapi dengan pembaharuan instalasi kualitas suara melalui 12 saluran audio, terutama pembaharuan saluran suara di sisi kanan dan kiri dan bagian atas studio, mampu meningkatkan kualitas tayangan.

Melalui pembaharuan ini, para penikmat film dapat merasakan suara serta efek dengan jangkauan suara yang lebih baik dan lebih akurat. Dengan kualitas suara yang belum pernah ada sebelumnya, mampu mengantarkan para penikmat film seolah berada di dalam scene film.

“Melalui pembaharuan teknologi visual dan audio, pengalaman menonton di studio IMAX with Laser akan menciptakan pengalaman menonton film yang istimewa karena penikmat film seperti akan terhanyut dalam adegan film,” ujar John M. Schreiner, Senior Vice President, Theatre Development, IMAX Corporation.

Berikut ini lima hal yang menjadi kelebihan IMAX with Laser:

1. Sharpness

Teknologi IMAX with Laser menyajikan detail luar biasa di setiap gambar. Tampilan gambar menjadi lebih tajam dan lebih jelas yang menghadirkan tingkat realisme lebih tinggi di layar berukuran besar. Sebagai informasi, ukuran layar IMAX di Gandari City adalah 20 x 11 meter dengan rasio aspek 16:9.

2. Brightness

Sumber sinar laser memberikan kecerahan lebih besar daripada bohlam xenon, memungkinkan IMAX untuk mengisi layar terbesarnya dengan gambar yang lebih tajam dan lebih hidup. Dengan teknologi laser IMAX, pemirsa akan dapat mengalami kecerahan yang tak tertandingi dalam 2D ​​dan 3D. Ini penting untuk 3D karena kacamata 3D meredupkan gambar.

3. Kontras

Kontras adalah perbedaan antara putih paling putih dan hitam paling hitam. Selama ini layar bioskop IMAX memberikan kontras terbesar yang tersedia bagi para pembuat film. Dengan teknologi Laser, akan mencapai tingkat kontras yang jauh lebih tinggi daripada sebelumnya. Artinya, gambar menjadi lebih detail dalam gambar dan tingkat realisme yang lebih tinggi untuk penonton film.

4. Warna

IMAX with Laser memungkinkan pembuat film untuk mengeksplorasi dan memperluas penggunaan warna mereka dengan memberikan gamut warna yang lebih luas dan gambar yang lebih hidup, seperti aslinya. Audiens akan mendapatkan pengalaman warna yang ada di dunia nyata tetapi belum pernah terlihat di layar sebelumnya.

5. Suara

IMAX with Laser mencakup sistem suara generasi berikutnya yang menampilkan 12 saluran diskrit plus sub-bass. Sistem yang disempurnakan meliputi pengeras suara baru di langit-langit serta tambahan di samping. Entah itu pin drop atau merasakan kekuatan jantung gunung berapi yang meraba-raba, audiens akan mengalami pengalaman suara visceral yang baru.