alexa

Clubhouse Tak Lagi Memerlukan Undangan, Tambah 10 Juta Pengguna Sejak Rilis di Android

Amerika Serikat, Gizmologi – Platform media sosial berbasis audio, Clubhouse baru saja mengumumkan sebuah informasi yang menggembirakan. Sejak hadir di Google Play Store, tak sedikit pengguna smartphone Android yang penasaran dan ingin menjajal aplikasi yang cukup berbeda satu ini. Namun, mereka masih harus masuk ke dalam sebuah antrian (waitlist).

Mulai saat ini, Clubhouse telah menghapuskan sistem waitlist, alias aplikasi tersebut sudah tak memerlukan sistem undangan bagi pengguna baru untuk bisa masuk dan bergabung bersama seluruh pengguna lainnya. Dikutip dari The Verge, kini sudah ada sekitar 10 juta orang yang masih ada dalam daftar antrean.

Ke depannya, pengguna yang masuk dalam daftar tersebut akan secara otomatis terdaftar di dalam platform secara bertahap. Namun bila ada pengguna yang baru saja masuk saat ini, bisa langsung eksplorasi rooms dan fitur lain yang ada di dalam Clubhouse. Termasuk fitur-fitur baru yang baru saja digulirkan dalam beberapa pekan terakhir.

Baca juga: Hadir di Clubhouse, TED Adakan Diskusi Eksklusif Tiap Minggunya

Jumlah Pengguna & Aktivitas Berkembang Pesat Sepanjang 2021

Clubhouse

Aplikasi media sosial yang memang hanya bisa gunakan suara tersebut tergolong baru, diluncurkan sejak 2020. Saat itu, kedua pendirinya, Rohan Seth dan Paul Davidson melakukan pengujian aplikasi yang masih berbentuk purwarupa (prototype). Dirancang agar setiap orang bisa berbagi momen, digunakan sistem undangan atau invite pada awal masa pengembangannya.

Kini jumlah pengguna dan rooms yang aktif terbuat di dalam platform sudah banyak berkembang, terutama dalam setengah tahun terakhir. Sejak Januari 2021, tim Clubhouse sendiri telah berkembang dari 8 orang menjadi 58 orang. Jumlah rooms sudah mencapai 500 ribu alias 10 kali lipat lebih banyak, plus bertambahnya 10 juta pengguna sejak tersedia di Android.

Berikan keleluasaan lebih dalam berkomunikasi, Clubhouse juga telah hadirkan fitur baru yang mereka sebut dengan Backchannel. Mudahnya, fitur ini bekerja seperti group chat di dalam sebuah room atau sesi obrolan. Sejak diluncurkan, sudah ada 90 juta direct message yang terkirim lewat Backchannel, menandakan fungsinya yang memang esensial.

Perkenalkan Ikon & Logo Baru Clubhouse

Clubhouse Backchannel

Meski saat ini semua orang sudah bisa bergabung secara leluasa tanpa sistem undangan, Clubhouse tetap menyampaikan bila sistem tersebut esensial semasa pengembangannya. Dengan bertambahnya pengguna secara bertahap, timnya bisa kembangkan platform secara terstruktur, mencegah risiko berlebih sembari mengukur perkembangannya.

Sembari umumkan hilangnya sistem undangan, Clubhouse juga perkenalkan logo perdana berserta ikon baru, Justin “Meezy” Williams. Kesuksesannya dalam industri musik terutama dalam mengelola para artis pemenang Grammy Award membuatnya menjadi ikon terbaru.

Ia dikenal cukup aktif di dalam platform untuk inisiasi diskusi program donasi dalam momen Thanksgiving dan Natal, berbentuk kebutuhan sekolah bagi ribuan pelajar seperti laptop, perlengkapan sekolah, dan masker. Meezy akan menjadi ikon aplikasi baru pada bulan Juli 2021 ini.

Tinggalkan komen