Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

ColorOS 11 Bawa Kustomisasi UI Baru, Tersedia Untuk 28 Seri Smartphone OPPO

0 6.212

Lewat sebuah konferensi pers yang diadakan secara daring, OPPO baru saja meresmikan peluncuran perangkat lunak terbarunya yaitu all-new ColorOS 11 secara global. Mengusung tema “Make Life Flow”, OPPO tetap membawa fitur-fitur stock Android, fitur baru yang dibawa Android 11, sekaligus menambahkan kustomisasi UI yang semakin lengkap.

Hal tersebut bisa dibilang impresif. Pasalnya, peluncuran versi Beta sudah diluncurkan di hari yang sama Android 11 dirilis. Sementara pengumuman kali ini membawa kesempatan bagi pengguna smartphone OPPO untuk menjajal ColorOS 11 versi Public Beta. Terhitung sangat cepat, bahkan melebihi OEM lain yang menggunakan stock Android dimana tak perlu menambah kustomisasi banyak-banyak.

Baca juga: ColorOS 11 Public Beta Tersedia untuk Pengguna Find X2 & Reno3 Series

Bekerja Sama dengan Google, Hadir Lebih Dulu di Indonesia

OPPO tekankan bila mereka telah berkolaborasi secara erat dengan Google, agar dapat merealisasikan pembaruan ini dalam waktu singkat. Penamaannya juga kali ini dibuat lebih simpel, lompat dari ColorOS 7 agar sesuai dengan penamaan angka versi terbaru Android.

Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (14/9), Aryo Meidianto A., PR Manager OPPO Indonesia, ColorOS menjelaskan bila ini adalah momen yang sangat menggembirakan bagi pengguna OPPO di Indonesia, yang termasuk dalam salah satu negara pertama untuk dapat menikmati ColorOS 11 versi Beta, termasuk fitur-fitur terbarunya.

“ColorOS mendapatkan feedback dari lebih dari 20 juta pengguna Indonesia, dan melalui kesempatan ini ingin memenuhi komitmen kami melalui ColorOS 11,” tambah Aryo. Mengingat jumlah pengguna smartphone OPPO yang sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia, tak heran jika pengembangannya terjadi dengan cepat, berkat banyaknya jumlah masukan dari pengguna aktif.

Utamakan Personalisasi Antar Muka yang Lebih Dalam

ColorOS 11

UI Customization adalah hal yang ditekankan dalam peluncuran ColorOS 11 kemarin (14/9). Pengguna dapat mempersonalisasikan smartphone-nya agar sesuai dengan keinginan mereka, meminimalisir kesamaan antar perangkat dengan milik orang lain. Mulai dari tema, wallpaper, font, ikon, nada dering sampai tampilan always-on display, semua dapat diubah dengan beragam variabel.

Bahkan Dark Mode di ColorOS 11 dapat disesuaikan dengan tiga skema warna dan tingkatan kontras, selain berikan kemampuan untuk mengubah tampilan aplikasi pihak ketiga yang tak mendukung dark mode secara resmi. “Tim ColorOS sangat memperhatikan masukan-masukan dari para pengguna untuk merancang UI customization yang lebih baik, menawarkan pengalaman pengguna yang mencakup lebih banyak fitur,” jelas Lynn Ni, Design Project Lead OPPO ColorOS.

OPPO Relax 2.0 ColorOS 11

OPPO juga telah memperbarui aplikasi OPPO Relax 2.0 di ColorOS 11, sebuah aplikasi yang bisa dimanfaatkan penggunanya untuk rehat sejenak dari kesibukan sehari-hari. Selain ada pilihan white noise mix (kombinasi suara untuk menyamarkan kebisingan lingkungan sekitar), juga ada ragam koleksi suara keramaian kota seperti di sudut Reykjavik, Bangkok dan Tokyo. Sangat berguna terutama di situasi dimana kita tidak bisa ke luar rumah secara leluasa, agar bisa merasakan suasana keramaian kota lain.

Lebih banyak fitur, bukan berarti menjadi lebih berat. Dengan optimisasi UI First 2.0, ColorOS 11 juga dapat percepat performa smartphone OPPO secara keseluruhan. Penggunaan RAM menjadi 45% lebih optimal, tingkat respon naik 32%, sementara kecepatan frame rate juga meningkat sebesar 17%. Juga hadir optimisasi SuperTouch untuk optimalkan kecepatan respon sentuh yang sesuai, tingkatkan kelancaran sistem.

Three Finger Translate ColorOS 11

Kerjasama OPPO dengan Google juga menelurkan sebuah fitur baru bernama Three Finger Translate. Pengguna dapat mengambil tangkapan layar parsial gunakan tiga jari, kemudian langsung diterjemahkan saat itu juga dengan Google Lens, tanpa perlu membuka aplikasi Google Translate. Fitur ini hadir untuk tingkatkan efisiensi kerja dan kehidupan sehari-hari.

Fitur Super Power Saving Mode juga kembali diperkenalkan dalam acara perkenalan virtual ColorOS 11, yang sebenarnya sudah dibawa di OPPO Reno4 lewat ColorOS 7.2. Namun yang baru adalah Battery Guard, dimana smartphone dengan cerdas akan menghentikan pengisian daya apabila mencapai 80% di malam hari, sebelum melanjutkan untuk isi daya penuh saat pengguna bangun tidur.

Ketersediaan ColorOS 11 Versi Beta

ColorOS 11
Lynn Ni, Design Project Lead OPPO ColorOS saat perkenalkan ColorOS 11 dalam peluncuran virtualnya (14/9).

Lalu kapan ColorOS 11 akan hadir secara resmi di smartphone OPPO milik Gizmo friends? Tentunya memerlukan waktu mengingat banyaknya fitur yang hadir, serta seri smartphone OPPO yang juga cukup banyak. Namun pembaruan kali ini mencakup hampir seluruh seri OPPO Reno, dan termasuk OPPO A-series. Total ada 28 seri yang didukung, sebagian besar mencakup seri resmi yang tersedia di Indonesia.

Versi Beta dari ColorOS 11 sudah tersedia untuk OPPO Find X2 series, kemudian menyusul ke OPPO Reno3, Reno3 Pro serta F17 Pro di akhir bulan September. Setelahnya, bakal hadir ke seri Reno4 Pro di bulan November, dan Reno4 di Desember bersamaan dengan A9, A92, A72 & A52.

Sisanya menyusul pada kuartal 1 tahun 2021, yaitu OPPO Reno 10x Zoom, Reno2, Reno2 F, Reno2 Z, A91 dan OPPO F15. Dan empat seri lainnya yang bakal mendapatkan ColorOS 11 adalah OPPO Reno pertama, Reno Z, A5 2020 & A9 2020 di kuartal kedua. Apakah Gizmo friends kebagian dari salah satu penyebutan di atas?