Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

ColorOS 11 Public Beta Tersedia untuk Pengguna Find X2 & Reno3 Series

1 4.266

Pembaruan perangkat lunak Android 11 baru saja diresmikan oleh pihak Google, membawa peningkatan pada fitur obrolan, privasi dan banyak lagi. Selain pengguna Google Pixel, produsen smartphone lain juga berlomba agar konsumennya bisa segera mencicipi apa yang ditawarkan software terbaru tersebut. Salah satunya adalah produsen asal Shenzhen, OPPO.

Sebelumnya, OPPO berikan uji coba untuk para pengguna OPPO Find X2 series agar dapat mencoba Android 11, melalui program closed beta. Kali ini, OPPO membuka kesempatan untuk lebih banyak konsumennya agar dapat mendaftarkan diri untuk peroleh versi public beta dari ColorOS terbaru berbasis Android 11, termasuk di Indonesia.

Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (8/9), Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia mengatakan, “setelah sebelumnya OPPO memberikan kesempatan pengguna untuk mencicipi closed beta Android 11 pada perangkat Find X2 series, hari ini OPPO membuka pendaftaran public beta ColorOS terbaru berbasis Android 11 untuk perangkat Find X2, Find X2 Pro, Reno3 dan Reno3 Pro.”

Yup, tak hanya seri flagship, OPPO juga berikan kesempatan untuk pengguna smartphone kelas menengah premium seri Reno agar dapat mencicipi apa yang ditawarkan OPPO lewat software terbarunya. Aryo menambahkan, OPPO sediakan kuota 200 slot, dari 2000 slot yang tersedia khusus untuk pengguna di wilayah Indonesia.

Baca juga: OPPO Kuasai Pangsa Pasar Smartphone di Asia Tenggara Q2 2020

Cara Mendaftarkan Diri Untuk ColorOS 11 Public Beta

ColorOS 11 Public Beta

Dengan begitu, Gizmo friends sebagai pengguna salah satu dari empat smartphone mendukung di atas, harus segera mendaftarkan diri untuk mencoba public beta dari ColorOS 11, sebelum batas kuota terpenuhi. Caranya mudah saja, bisa dilakukan langsung dari smartphone tanpa harus lewat mode recovery seperti saat di closed beta.

Hanya cukup masuk ke mode pengaturan, lalu pilih opsi pembaruan perangkat lunak, dan tekan tombol ikon opsi lainnya yang berbentu segi enam, terletak di sebelah kanan atas bagian layar smartphone. Lalu bakal ada opsi “Android 11 x ColorOS”. Setelah dipilih, pengguna akan diminta untuk mendaftarkan nomor telepon atau email, dan menyetujui bagian yang perlu diketahui serta privacy policy.

Jika sudah terdaftar, maka pengguna tinggal menunggu OPPO untuk gulirkan pembaruan ColorOS 11 public beta berbasis Android 11 secara Over The Air (OTA). Dalam versi awal ini, tak banyak yang berubah secara tampilan jika dibandingkan dengan ColorOS 7.2 yang sudah ada di seri perangkat OPPO Reno4.

ColorOS 11 Bakal Resmi Diperkenalkan 14 September

https://twitter.com/colorosglobal/status/1303513454813224960

Menariknya, OPPO langsung melompat ke angka 11, dari ColorOS 7.2 menjadi ColorOS 11, mungkin supaya disamakan dengan versi Android terbaru yang sudah ada sekarang agar tidak membingungkan. Sementara untuk perilisan resminya sendiri, OPPO bakal menggelar acara daring di 14 September mendatang, khusus memperkenalkan apa saja yang baru di ColorOS 11.

OPPO memiliki target untuk menjadi salah satu OEM yang tercepat untuk hadirkan pembaruan Android 11, lewat perilisan ColorOS 11 ini. Pengguna di Indonesia juga bisa dibilang cukup spesial, karena mendapatkan banyak kuota untuk program public beta. Semoga ke depannya ColorOS 11 bisa hadir di banyak seri smartphone OPPO yang sudah hadir secara resmi di Tanah Air ya.