Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review OPPO Reno3: Kamera Jadi Daya Tarik Utama

Dari sekian banyak produsen smartphone yang beredar di Indonesia, OPPO adalah salah satu yang paling produktif. Betapa tidak, tahun 2020 baru lewat tiga bulan namun mereka telah merilis sejumlah produk di berbagai segmen. Salah satu yang terbaru adalah OPPO Reno3.

Tentu ini bukan tanpa sebab. Karena persaingan di pasar kian ketat. Sehingga mereka memastikan portofolio produknya memiliki daya saing yang kuat di setiap segmennya. OPPO Reno3 sendiri diluncurkan pada tanggal 17 Maret 2020 di Indonesia. Ponsel papan atas ini menjadi penerus dari kakaknya Reno2, yang kehadirannya cukup mencuri perhatian penikmat ponsel.

Kehadiran OPPO Reno3 menjadi upaya pabrikan ponsel ini untuk menjaga konsistensi pasar mereka. Selain mengusung perubahan desain yang lebih sederhana, OPPO Reno3 juga dilengkapi dengan teknologi kamera lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Harga jual ponsel ini terhitung tinggi, di atas angka Rp 5 jutaan. Dengan beragam fitur yang disematkan pada OPPO Reno3, angka tersebut menjadi hal yang relatif. Bisa mahal, bisa juga murah. Tentu kami ingin memberi gambaran pada kamu, tentang relativisme tersebut. Dan itu dapat kamu temukan di ulasan berikut!

Desain

OPPO Reno3 desainBagi kamu yang sudah melihat penampakan Oppo Reno 3, mungkin agak sedikit mengernyitkan dahi. Mungkin. Kenapa ponsel dengan harga tinggi begini, desainnya serasa ponsel entry level. Mulai tampak depan, samping, belakang, kurang memberi kesan bahwa ini ponsel kelas mid to high.

Bila Oppo Reno2 memiliki desain revolusioner, berkat kamera mekanik pop-up. Pada edisi terbaru Reno 3 ini, Oppo justru kembali ke model kamera depan poni. Atau Oppo menyebutnya sebagai desain water drop. Hal tersebut menyeret konsep desain mereka jadi mundur selangkah. Akhirnya Reno 3 jadi mirip ponsel murah lain dari Oppo.

Selanjutnya pada warna material bagian samping ponsel Oppo Reno 3. Biasanya bagian ini diberi pilihan warna chrome atau silver metalik untuk memberi kesan elegan dan mewah. Oppo justru meleburnya persis seperti warna casing belakang. Sehingga pewarnaan ponsel jadi terasa flat, kurang variatif.

Oppo sebenarnya memiliki ide filosofis tersendiri dalam mewarnai Reno 3. Bertema Light Lapse Inspired by Nature. Oppo bahkan menjelaskan secara definitif ide tersebut lewat narasi, “Keagungan langit kosmos yang luas menanamkan sebuah suasana yang damai dan menyegarkan. Pergeseran siklus di langit, menghasilkan berbagai warna dan cahaya yang indah.”

Dari ide terebut lahirlah tiga warna pilihan, yakni midnight black, sky white, dan auroral blue. Namun berhubung kami mengulas versi midnight blue. Maka kesan yang muncul menjadi kurang istimewa. Biasa saja. Entah untuk dua pilihan warna lain. Agaknya auroral blue dieksekusi dengan baik dan lebih layak jadi pilihan utama.

Pada bagian belakang terletak empat lensa amera tersusun vertikal. Kamera ponsel yang dari spesifikasinya menyimpan potensi besar. Tapi seperti kurang diapresiasi, sebab tampilan kurang menarik hati. Ya, di antara brand ponsel lain yang mulai mengutak atik tata letak lensa. Oppo Reno 3 seakan masih pasrah lewat konsep generik di sini. Agak disayangkan.

Keseluruhan ponsel OPPO Reno3 ini memiliki dimensi 160.2 x 73.3 x 7.9 mm. Dengan bobot sekitar 170 gram. Tidak terlalu berbeda jauh dengan Reno2, hanya saja lebih tipis dan lebih ringan. Sehingga jauh lebih nyaman digenggam jemari tangan kita.

Display

Layar OPPO Reno3Oppo Reno 3 hadir dengan layar berukuran 6.4 inci (sekitar 16.2 cm) memanfatkan teknologi AMOLED, 16 juta warna. Ukuran yang cukup ergonomis. Selain ketebalannya juga sudah berkurang, sehingga makin nyaman digenggam.

Layar tersebut sudah memiliki resolusi Full High Definition (1080 x 2400 piksel) dengan rasio 20:9. Layarnya memiliki rasio ke bodi ponsel sebesar 90.8%. Masih terlihat ada bezel di sana. Namun memang sudah makin tipis.

Layar milik Reno 3 sedikit “ternoda” dengan kehadiran poni di bagian atasnya. Keputusan Oppo untuk kembali ke konsep kamera tanam di layar, membuat tampilan muka ponsel ini jadi sedikit kurang sempurna. Memang pada akhirnya ketiadaan mekanisme lensa pop-up membuat ketebalan ponsel berkurang.

Tertanam di bagian bawah layar, yakni sensor sidik jari. Oppo Reno 3 sudah memanfaatkan fitur Unlock 3.0, dengan algoritma keamanan lebih baik. Kemampuan membaca sidik jarinya sudah mencapai 0.34 detik untuk membuka menu ponsel. Keamanan sidik jari dapat dipadukan dengan mode keamanan lain seperti kode, pattern, serta face recognition.

Kamera Foto

Kualitas kamera OPPO REno3Oppo dikenali sebagai brand yang selalu mengedapankan ponsel dengan kamera selfie mumpuni. Selfie atau swafoto memang jadi kebutuhan zaman yang tak dapat disangkal. Dan Oppo paham akan hal tersebut dengan berusaha melanjutkan ponsel swafoto mereka melalui Oppo Reno 3 ini.

Kamera depan Oppo Reno3 memang memiliki kemampuan 44 megapiksel (f/2.4. 26 mm (wide), ½.8”, 0.8µm). Bukan kaleng-kaleng.  Dan itu menjadikan Reno 3 muncul sebagai salah satu ponsel dengan kamera depan terbaik di kelasnya.

Salah satu fitur andalan dari kamera depan Oppo Reno 3 adalah Ultra Night Mode. Sebuah fitur mutakhir, yang juga dapat ditemukan di kamera belakangnya. Fitur ini memungkinkan pengguna memfoto pada malam hari atau kurang cahaya.

Artificial Intelligence (AI) Oppo memiliki algoritma tersendiri untuk bekerja di lensa kamera Oppo Reno 3. Menghasilkan kemampuan sensor cahaya hingga 1 lux (ukuran cahaya lilin), dalam mode Ultra Dark. Hasilnya foto berkualitas mampu ditangkap lensa kamera, meski mata kita kesulitan melihatnya.

AI juga nantinya akan memilah hasil foto terbaik dari pilihan mode otomatis yang digunakan. Sebelum akhirnya diolah lewat prosesor untuk output terbaik. AI algoritmanya juga mampu mereduksi noise pada gambar sehingga tidak buram.

Sementara untuk kamera utama belakang, kamu akan disuguhi empat lensa kamera di sana. Oppo Reno 3 memiliki kamera utama 48 MP Ultra-clear (f/1.79, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF). Didukung tiga kamera dengan fungsi berbeda yakni, telefoto 13 MP (f/2.4, 52mm, 1/3.4″, 1.0µm, 2x optical zoom, PDAF), ultra-wide 8 MP (f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm), dan mono 2MP (B/W, f/2.4, 1/5.0″, 1.75µm).

Peralihan fungsi lensa bervariasi. Ada yang berlangsung secara otomatis seperti fungsi makro maupun wide. Sementara itu untuk mendapatkan tingkat resolusi 48 MP, kami perlu mengaktifkannya terlebih dulu. Kami cukup paham kenapa mode ini diatur manual, salah satunya karena besaran memori yang untuk hasil foto pada resolusi 48 MP yang dipakai akan sangat menyita ruang simpan ponsel.

Selain itu, ada kemampuan zooming pada lensa kameranya. Oppo Reno 3 mampu menyajikan optical zoom 2x, hybrid zoom lewat pilihan lensanya hingga 5x besaran foto. Serta kemampuan digital zoom hingga 20x memanfaatkan AI pada kamera. Dan itu sangat mudah diaplikasikan.

Hal yang kami apresiasi ialah fungsi tombol zooming pada kamera Oppo Reno 3. Kami tidak perlu repot berpindah dari satu mode ke mode lainnya. Cukup memilih titik-titik tombol pada layar, maka dari mode wide dapat beralih ke panorama dalam sekejap. Tanpa perlu waktu lama untuk menangkap momen berharga.

Terakhir yang tak boleh dilewatkan untuk kamera fotonya yakni kemampuan foto hingga 108 MP. Resolusi sebesar itu memang tidak didapat secara optical. Namun lewat sistem stitching (jahit) dari tiap tiap gambar yang didapat kamera, untuk membuatnya jadi satu foto utuh. Kemampuan ini dapat diperoleh dengan mengakses mode PRO pada menu. Dan terutama, hanya akan maksimal dilakukan pada ruang outdoor atau dengan cahaya maksimal.

Ada banyak fitur lain pada fungsi kamera foto Oppo Reno3. Kebanyakan memang lazim ditemukan pada ponsel seri lain. Apa yang tertulis di atas, menjadi gambaran bahwa rentang variasi memfoto dengan ponsel ini sudah sedemikian luas.

Hasil foto kamera OPPO Reno3:

Lensa ultra wide 0,6x zoom
Lensa utama zoom 1x
Zoom 2x
Zoom 5x
Zoom 10x
Foto auto indoor
Foto indoor dengan lensa makro
Hasil foto kamera depan

Kamera Video

Saking melimpahnya fitur kamera Oppo Reno 3, maka kami pisahkan ulasan untuk hasil foto dan video. Lensa kamera utama di belakang dan depan, mampu memberi kualitas yang sama baik untuk video. Kaya fitur dan mudah digunakan, itulah kesan kami terhadap kamera video di sini.

Pertama, Oppo memberikan fitur Ultra Steady Video. Fitur yang dapat diaktifkan maupun tidak ini, membuat pengalaman merekam video seakan tak perlu menggunakan tripod atau alat bantu lain. Hasil rekamnya dapat tetap stabil dalam aktivitas dinamis.

Jika itu belum cukup. Untuk yang kedua, Oppo menambahkan mode Pro untuk fitur yang sama. Ultra Steady Pro lebih menekankan pada aktivitas outdoor yang sangat dinamis. Fitur mode Pro juga memiliki tangkapan lensa lebih lebar (119.9 derajat).

Belum cukup juga? Kemampuan zooming ketika merekam video milik Oppo Reno3 juga mengagumkan. Perpindahan fungsi lensa kamera serupa ketika dipakai berfoto. Dengan kata lain, sambil merekam video, kamu dapat berpindah dari tampilan normal, ke panorama, ke zoom in, serta zoom out. Keren!

Tak ketinggalan mode AI beauty. Betul sekali, mode ini memang mendukung penggunaan swavideo. Jadi tak perlu khawatir wajah kita kurang bersinar. Pengaturan AI beauty pada kamera dapat diatur pada rentang berbeda, tergantung kebutuhan.

Rentang resolusi rekam video Oppo Reno3 pun tak main-main. Mulai dari ukuran 720, 1080, sampai tertinggi di 4K dapat direkam dengan baik. Pun berlaku pada daya tangkap per detiknya (FPS), yang dapat dipilih antara 30 fps atau 60 fps. Dampaknya pada kapasitas simpan memori saja, sih.

Akhir kata untuk sektor kamera. Oppo Reno 3 sungguh memperlihatkan tajinya di bagian ini. Seakan semua fitur yang mereka kuasai langsung diaplikasikan lewat konfigurasi perangkat lunak maupun keras di kameranya. Dan mungkin inilah bagian terbaik dari Oppo Reno 3.

Hasil video OPPO Reno3:

Fitur Lain

Dalam dereten aplikasi default milik Oppo Reno3. Terdapat sebuah aplikasi editing video bertajuk Soloop. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan kreasi video dengan mudah dan cepat. Tambahan lagi, visual transisi, irama, dan efek sudah disediakan. Sehingga se-amatir apapun dirimu, tetap dapat membuat kreasi video berkualitas.

Oppo Reno 3 juga sudah memiliki fitur Hi-Res dan Dolby Atmos. Sangat meningkatkan performa suara yang dihasilkan speaker ponsel. Terutama untuk kamu, kaum rebahan yang senangnya nonton streaming. Terutama untuk Netflix, Reno3 sudah mendukung sajian visual full HD 1080. Ajib.

Ada banyak fitur lain yang didapat dari Oppo Reno 3. Kebanyakan menyatu dalam sistem operasi, kamera, video, gaming, maupun utility yang bervariasi. Akan menjadi sangat panjang apabila kamu menyebutkan semuanya di sini. Maka mengambil beberapa fitur terbaik adalah pilihan kami. Kamu dapat mengkesplorasinya kemudian saat menggunakan ponsel ini.

Performa OPPO Reno3

OPPO Reno3 sudah demikian jor-joran di sektor kameranya. Hal tersebut didukung dengan keberadaaan sistem operasi berbasis Android 10, dan antarmuka Color OS 7 kreasi mereka. Sehingga hal tersebut membuat potensi kamera dapat terakomodasi dengan baik. Sebab Color OS, termasuk salah satu sistem yang memudahkan pengguna dalam akses menu dan pengaturan. Termasuk di sektor kamera.

Sementara pada sektor kerjanya, Oppo menggunakan chipset Mediatek Helio P90. Prosesor tersebut sering dibandingkan dengan Snapdragon 845 dari Qualcomm. Meski pada pengujian yang dilakukan situs versus.com, Snapdragon berhasil mematahkan Mediatek di semua nyaris di semua lini. Terutama pada kecepatan kerja.

benchmark oppo reno3
Hasil Benchmark OPPO Reno3

Mediatek Helio P90 sendiri, memiliki inti kerja 2×2.2 GHz Cortex-A75 & 6×2.0 GHz Cortex-A55. Dipadukan dengan GPU PowerVR GM9446. Cukup andal dipakai untuk memainkan game World Of Tank, atau PUBG dengan lancar dan halus. Meski akan mengalami penurunan kualitas saat di-setting pada lebel high.

Untungnya OPPO Reno3 dibekali dengan kapasitas memori besar. Dengan menjejalkan RAM 8 GB, serta internal 128 GB (opsi ekspansi hingga 256 GB). Membuatnya cukup berkompeten menjalankan ragam aplikasi di saat bersamaan, tanpa perlu sering-sering membersihkan cache atau background app.

Dan pada akhirnya semua konfigurasi di atas akan kembali pada kebutuhan daya baterai, yang “hanya” 4025 mAh. Kapasitas baterai memang tidak terlalu besar, mengingat efisiensi pemakaian sudah dibantu sistem AI yang semakin mantap. Sehingga tak perlu sering melakukan charging baterai.

Pun proses charging-nya dapat berlangsung cepat berkat VOOC Fast Charge 3.0. Proses pengisian baerai dari posisi 0% to 50% dapat dilakukan dalam 30 menit saja. sementara untuk pengisian 100%, membuthkan waktu sekitar 70 menit. Cepat dan menghemat waktu.

Kesimpulan

Review OPPO Reno3Oppo Reno 3, bukanlah ponsel kaleng-kaleng. Meski tampilan, khususnya yang warna hitam, perlu dibuat lebih mewah lagi. Secara keseluruhan potensi performa milik Oppo Reno3 cukup baik. Isian dan kemampuan di dalamnya ternyata memberi banyak kesenangan beraktivitas.

Hadir dalam dua pilihan warna (hitam & putih), harga resmi OPPO Reno3 adalah Rp5,199 juta pada saat dirilis. Sebuah harga yang cukup layak dengan apa yang bisa kita dapatkan. Takis!


Beli smartphone OPPO Reno3 di official store:

BLIBLI SHOPEE BUKALAPAK ERASPACE  LAZADA JD.ID


Spesifikasi OPPO Reno3

Klik pada gambar untuk spesifikasi lengkap

General

  • Device Type
    smartphone
  • Model / Series
    Oppo Reno 3
  • Released
    17 Maret, 2020
  • Status
    Available
  • Price
    Rp 5.499.000 (launch price)

Platform

  • Chipset
    Mediatek MT6779 Helio P90 (12 nm)
  • CPU
    Octa-core (2x2.2 GHz Cortex-A75 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU
    PowerVR GM9446
  • RAM (Memory)
    8 GB
  • Storage
    128 GB
  • Operating System
    Android 10.0;
  • User Interface
    ColorOS 7

Design

  • Dimensions
    160.2 x 73.3 x 7.9 mm (6.31 x 2.89 x 0.31 in)
  • Weight
    170 g (6.00 oz)
  • Battery
    Non-removable Li-Po 4025 mAh battery

Network

  • Network Frequency
    GSM/ HSPA/ LTE
  • SIM
    Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Data Speed
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A

Display

  • Screen Type
    AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Size and Resolution
    6.4 inches, 98.9 cm2 (~84.2% screen-to-body ratio)
  • Touch Screen
    Yes
  • Features
    1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~411 ppi density)

Camera

  • Multi Camera
    Yes (Front)
  • Rear
    48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF 13 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.4", 1.0µm, 2x optical zoom, PDAF 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm 2 MP B/W, f/2.4, 1/5.0", 1.75µm
  • Front
    44 MP, f/2.4, 26mm (wide), 1/2.8", 0.8µm
  • Flash
    Yes
  • Video
  • Camera Features
    Ultra Night Mode, Ultra HD 108 MP, etc

Connectivity

  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    5.0, A2DP, LE
  • USB
    2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
  • GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky.
    Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
  • HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device.
    Yes
  • Wireless Charging Wireless Charging (Inductive Charging) uses an electromagnetic field to transfer energy between two objects. This is usually done with a charging station. Energy is sent through an inductive coupling to an electrical device, which can then use that energy to charge batteries or run the device.
    No
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range.
    No

Smartphone Features

  • Multimedia Features
    Hi-Res Audio, Dolby Atmos, Full HD Streaming
  • FM Radio
    Yes
  • Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages.
    HTML 5
  • Messaging
    SMS, MMS, Online
  • Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device.
    Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
81%
Awesome
Beli
OPPO Reno 3 di Shopee
  • Design
  • Display
  • Camera
  • Performance
  • Features
  • Battery
3 Komen
  1. […] For more information about these products, see OPPO Reno3 in-depth review (in the Indonesian language). […]

  2. Aji berkata

    Ga ada nfc do Reno 3 Saya, mungkin bisa di cek ulang informasi tentang nfcnya
    Atau boleh kasihtau Saya gimana bisa adain nfc di Reno 3

  3. Hendra berkata

    Tidak ada fitur nfc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.