Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Android 11 Go Edition Tingkatkan Performa & Bawa Gestur Navigasi Baru

0 2.910

Google baru saja meresmikan versi sistem operasi terbaru untuk smartphone mereka, yaitu Android 11. Tak banyak perubahan yang dihadirkan secara tampilan antarmuka atau user interface—Google lebih mengutamakan fitur keamanan, serta bagaimana penggunanya berkomunikasi atau kirim pesan lewat aplikasi messenger, dengan tampilan notifikasi yang dipermudah.

Tak hanya untuk smartphone canggih atau flagship-nya saja, Google juga hadirkan versi ringannya lewat Android 11 Go edition. Pembaruan ini hadir untuk smartphone Android low-end yang memiliki kapasitas memori kecil ataupun prosesor dengan spesifikasi minimum. Selain tingkatkan keamanan, pembaruan ini juga membawa mode gesture navigation yang sebelumnya hadir pertama kali di Android 10.

Android Go edition pertama kali diluncurkan pada tahun 2018, dengan tujuan untuk berikan pengalaman smartphone bagi konsumen pemula yang baru ingin beranjak dari feature phone. Di Indonesia sendiri, telah hadir beberapa smartphone Android Go resmi dari merk-merk ternama, seperti Redmi Go, Nokia 1 dan yang relatif baru, Samsung Galaxy A01 Core.

Baca juga: Android 11 Beta Hadir untuk Pengguna OPPO, realme, dan Xiaomi di Indonesia

Fitur Baru di Android 11 Go Edition

Android 11 Go edition

Dalam sebuah postingan dari blog resmi Google, diketahui bila sistem operasi Android Go edition telah digunakan di lebih dari 100 juta smartphone kelas entri di seluruh dunia, menunjukkan demand yang masih tinggi, terutama di negara berkembang. Selain fitur baru, Android 11 Go edition juga membawa peningkatan performa.

Google mengatakan jika aplikasi yang diakses dari Android 11 Go edition akan 20% lebih cepat jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Hal ini cukup penting mengingat spesifikasi smartphone Android Go yang umumnya pas-pasan, sehingga kecepatan buka tutup aplikasi yang lebih baik tentu bakal hadir sebagai angin segar.

Dibuat lebih efisien daya, smartphone Android Go nantinya bakal memiliki ruang kosong pada memori RAM mencapai 270MB, sehingga bakal bisa menjalankan 3-4 aplikasi bersamaan secara lancar. Smartphone dengan memori internal 2GB juga bisa mendapatkan ekstra ruang kosong mencapai 900MB.

Selain itu, fitur lainnya yang ada di Android 11 seperti klasifikasi notifikasi dari aplikasi messenger juga dibawa ke Go edition. Termasuk kontrol privasi baru, dimana kita bisa memberikan izin akses hardware tertentu (seperti kamera atau mikrofon) untuk satu waktu saja. Aplikasi yang lama tidak diakses juga akan direset ulang perizinannya, demi faktor keamanan.

Selain itu, yang baru dibawa ke Android 11 Go edition adalah full screen gesture navigation. Fitur ini dibawa berkat pertimbangan layar smartphone yang sekarang semakin besar, sehingga aplikasi bisa ditampilkan secara lebih penuh. Berpindah aplikasi juga lebih mudah dengan menggeser bar yang ada di bawah.

Aplikasi bawaan Google di Android 11 Go edition juga diperbarui. Files by Google kini hadir dengan fitur tambahan yaitu Safe Folder. Pengguna bisa menyimpan file pribadi agar tidak bisa diakses sembarangan, alias terkunci dengan PIN empat digit di dalam folder.

Spesifikasi Ditingkatkan, Bakal Hadir di Smartphone RAM 2GB

Dengan semakin meningkatnya spesifikasi smartphone, Google juga tingkatkan persyaratan untuk jalankan sistem operasi versi sederhana ini. Mulai bulan Oktober 2020, smartphone baru dengan kapasitas RAM 2GB akan disarankan untuk menjalankan sistem operasi Android Go. Sementara yang sudah dirilis seperti Redmi 9A dan realme C11 bakal tetap mendapat pembaruan Android versi utuh sesuai kebijakan produsen masing-masing.

Google juga tidak mewajibkan seluruh produsen untuk menghadirkan pembaruan ini ke smartphone Android Go mereka. Meski tentunya konsumen akan berharap brand smartphone bisa membawa pembaruan ke produk yang sudah ada sekarang, supaya performa dapat meningkat secara signifikan.