Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Aplikasi Edukasi Gredu Hadirkan Dua Fitur Baru

0 2.051

Sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang edutech alias bidang pendidikan, Gredu, baru saja perkenalkan beragam fitur pembelajaran baru. Ini ditujukan sebagai upaya untuk permudah proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Di tengah adanya wabah pandemi Covid-19, aktivitas belajar-mengajar pada Tahun Ajaran Baru 2020/2021 harus dilakukan secara daring. Maka dari itu, Gredu luncurkan dua fitur barunya, Kelas Interaktif dan Tugas Online.

Sistem PJJ yang sudah diterapkan pemerintah selama kurang lebih tiga bulan ini telah menyebabkan beberapa tantangan dan kendala yang harus dihadapi bersama. Beberapa di antaranya seperti kelancaran komunikasi, keterbatasan kuota data internet, kelancaran koneksi, keterbatasan sarana dan lain sebagainya.

Termasuk rasa jenuh yang dialami baik dari siswa, orang tua sampai guru. Materi pembelajaran yang monoton juga dapat menghasilkan rasa bosan terhadap para pembelajar. Untuk itu, fitur Kelas Interaktif dan Tugas Online digulirkan, mampu optimalkan kerja sama antara ketiga pihak tersebut. Fitur ini merupakan bagian dari pengembangan platform digitalisasi sekolah yang sudah Gredu kembangkan dan perkenalkan sebelumnya.

Baca juga:  Gredu Rilis Aplikasi Sekolah Digital untuk Guru, Murid, dan Orang Tua

CTO Gredu Sampaikan Pentingnya Kolaborasi Orang Tua, Siswa & Guru

(Ki-ka): Ricky Putra, COO Gredu dan Mohammad Fachri, CTO Gredu.
(Ki-ka): Ricky Putra, COO Gredu dan Mohammad Fachri, CTO Gredu.

Dalam konferensi pers yang diadakan secara daring Rabu (1/6) kemarin, Mohammad Fachri, CTO Gredu menyampaikan jika Gredu sadar akan kunci keberhasilan pendidikan yang dapat dibangun dari kolaborasi antara orang tua, siswa dan guru. Selama pandemi, siswa dituntut lebih mandiri dan aktif, supaya materi pembelajaran dapat terserap dengan baik, agar dapatkan hasil akademis yang sesuai dengan harapan.

Fitur Kelas Interaktif pada Gredu berguna bagi guru, utamanya untuk bimbing para murid agar bisa saling berdiskusi dan tanya jawab secara real-time. Guru dapat dampingi siswanya lewat perangkat masing-masing, sehingga pembelajaran bisa berlangsung efektif serta efisien. Materi yang dibuat guru nanti dapat dibagikan ke siswa dengan aplikasi Gredu Teacher.

Fitur Kelas Interaktif Gredu di aplikasi kobile.
Fitur Kelas Interaktif Gredu di aplikasi kobile.

Lewat aplikasi Gredu Student, murid nantinya dapat menerima materinya, lalu didiskusikan bersama di Kelas Interaktif sesuai materi pelajaran. Murid juga bisa mengutarakan pertanyaan lewat layanan chat, sehingga atmosfer pembelajaran bisa berlangsung dua arah seperti suasana di kelas sekolah.

Lalu fitur baru lainnya, Tugas Online dibangun menggunakan basis Kurikulum 2013 (Kurtlias), merupakan pengembangan dari KTSP. Kurikulum ini menitikberatkan pembelajaran agar berpusat kepada murid, dinilai sejalan dengan solusi dari Gredu. Lewat Tugas Online, guru bisa persiapkan materai pembelajaran serta tugas-tugasnya. Jika sudah dibuat, murid akan dapat notifikasi dari aplikasi Gredu Student.

Aplikasi Gredu Dapat Diakses Lintas Platform

Fitur Tugas Online Gredu juga dapat diakses dari web.
Fitur Tugas Online Gredu juga dapat diakses dari web.

Mereka bisa langsung kerjakan tugasnya dan mengumpulkan lewat aplikasi yang sama, lalu guru akan mengoreksi tugas yang telah terkumpul dan berikan penilaian. Selama pembelajaran berlangsung, para orang tua dapat memantau proses PJJ lewat aplikasi Gredu Parent. Sehingga mereka dapat tetap memantau anaknya selama kerjakan tugas dari lokasi mana saja, baik di kantor maupun di luar rumah.

Ketiga aplikasi tersebut (Gredu Teacher, Gredu Student & Gredu Parent) mengutamakan aksesibilitas, bisa diakses lewat perangkat mobile, tablet maupun laptop. Sehingga guru dan siswa dapat kerjakan tugas kapan saja, tidak perlu khawatir akan kurangnya perangkat di rumah. Ricky Putra, COO Gredu mengatakan, “platform Gredu diharapkan bisa mendukung pendidikan di Indonesia dengan #kolaborasijarakjauh. Inilah yang membuat Gredu lebih dari sekadar kelas online.”