Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

MAXStream Populerkan Konten Ramah Disabilitas Lewat Serial “Isyarat”

0 611

Aplikasi layanan streaming populer milik Telkomsel, MAXstream merilis serial orisinal drama keluarga “Isyarat”. Serial yang terinspirasi dari kisah Angkie Yudistia ini adalah bagian dari upaya untuk mempopulerkan konten video inklusif bagi kaum disabilitas di Indonesia.

Serial “Isyarat” terdiri dari delapan episode berdurasi masing-masing 20 menit. Serial ini dilengkapi dengan teks bahasa Indonesia pada setiap adegan, sehingga dapat dinikmati oleh teman tuli yang ingin menikmati serial orisinal garapan sutradara Bobby Prasetyo.

Direktur Marketing Telkomsel, Rachel Goh mengatakan MAXstream selalu berupaya menampilkan konten yang menghibur, serta memberikan nilai tambah yang kini diwujudkan melalui serial orisinal yang mampu memberikan inspirasi bagi yang menontonnya.

Perjalanan hidup insipratif Angkie yang kemudian mendirikan Thisable Enterprise, perusahaan penyedia sumber daya manusia (SDM) disabilitas profesional, dipandang mampu menginspirasi penonton MAXstream yang merupakan pelanggan setia Telkomsel.

“Kegigihan Angkie dalam menghadapi berbagai tantangan hingga berhasil berada di posisinya saat ini sangat luar biasa, sehingga perjalanannya yang terekam dalam serial Isyarat diharapkan mampu mewakili suara seluruh teman-teman berkebutuhan khusus yang tengah berjuang dalam meraih impiannya di masa depan,” kata Rachel.

Baca juga : OMG! Telkomsel Hadirkan Paket Kuota Agar Leluasa Akses Media Sosial

Kisah Hidup Angkie Yudistia

Ki-Ka : GM Video Telkomsel Luthfi Wibisono, CEO & Founder Thisable Enterprise Angkie Yudhistia, dan Direktur Marketing Telkomsel Rachel Goh

Tokoh inspiratif dari cerita serial Isyarat adalah Angkie Yudistia, seorang wanita yang mengalami tuli pasca kecelakaan saat dia berusia 10 tahun. Ia adalah pendiri sekaligus CEO Thisable Enterprise, perusahaan penyedia sumber daya manusia (SDM) disabilitas profesional. Angkie yang kini didaulat menjadi staf khusus presiden itu, mendapat tantangan dan cobaan berat dalam melanjutkan hidupnya, khususnya saat melanjutkan pendidikan di sekolah umum.

Bagi Angkie sendiri, serial inspiratif tersebut diharapkan dapat mendorong munculnya berbagai aplikasi ramah disabilitas lain di Indonesia yang bisa dimulai dengan penyematan teks berbahasa Indonesia agar konten video dapat dinikmati oleh penyandang disabilitas.

“Sesuai dengan misi pemerintah, disabilitas bukan lagi perihal stigma, kita harus melawan stigma itu. Cerita ini menjelaskan bagaiamana perempuan berkebutuhan khusus bisa bertahan hidup karena dukungan penuh dari support system,” kata Angkie.

Serial Isyarat disutradarai oleh Bobby Prasetyo dengan production house PT Sinemata Indonesia Pratama. Bobby adalah sineas yang telah mendapat berbagai penghargaan di sejumlah festival film.

Sedangkan para aktor dan aktris yang beradu akting di serial ini di antaranya adalah Tissa Biani, Dominique Sandra, Rizky Nazar, dan Yati Octavia.

Telkomsel mengumumkan hingga akhir 2019, aplikasi MAXstream telah diunduh lebih dari 20 juta kali baik melalui Google Play Store maupun App Store. Hal tersebut turut mengantarkan MAXstream dalam membukukan lebih dari 300 juta menit waktu menonton serta menggaet lebih dari 2,4 juta pengguna aktif bulanan.

Perbanyak Konten Orisinal

Dalam kesempatan yang sama General Manager Video Telkomsel Luthfi Wibisono menuturkan bahwa Maxstream akan fokus untuk memperbanyak konten orisinal pada 2020.

“Tahun ini ada tujuh video orisinal, tahun depan bisa lebih, bahkan bisa dua kali lipat. Strateginya tetap sama yaitu memproduksi konten orisinal,” kata Luthfi di kantor Telkomsel, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Tahun ini, MAXStream meluncurkan serial dari berbagai genre, mulai dari live action dari komik “Journal of Terror: Afterlife,” horor berjudul “Nawangsih” hingga serial interaktif “Cinta Kamu: Jangan Minta Jatuh Cinta.”

MAXstream telah sendiri memiliki 60 saluran televisi lokal dan internasional, 13 layanan video dari mitra, serta lebih dari 10.000 koleksi konten yang meliputi film dan video.

Baca juga : MAXStream Hadirkan Tayangan Startup & eSport di Channel TechStorm HD

Telkomsel bahkan baru-baru ini menghadirkan HBO Go di dalam ekosistem MAXstream sebagai perwujudan komitmen untuk terus bergerak maju mengakselerasikan negeri dengan memenuhi berbagai kebutuhan di dalam gaya hidup digital masyarakat di seluruh Indonesia.

Kehadiran serial “Isyarat” semakin memperkaya konten yang dimiliki oleh MAXstream Original karena sebelumnya MAXstream telah merilis serial “Cerita Kamu: Jangan Minta Jatuh Cinta” sebagai serial interaktif pertama di Indonesia.

Selain itu, masih ada Journal of Terror: Afterlife yang merupakan versi live action dari komik dengan judul sama karya Sweta Kartika serta Cerita Dokter Cinta yang dibintangi oleh Deva Mahenra dan Prilly Latuconsina, serial dengan genre horor berjudul Nawangsih, dan Stand up Battle Indonesia.