Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OnePlus 8T Concept Miliki Lapisan Bodi Khusus, Bisa Ganti Warna

1 169

Pabrikan smartphone yang masih berada dalam satu induk bersama dengan OPPO, vivo dan realme satu ini baru saja merilis produk baru. Bukan, bukan flagship dengan chipset Snapdragon 888, melainkan sebuah smartphone konsep bernama OnePlus 8T Concept. Apa bedanya? Sudah langsung terlihat pada bagian luar bodi perangkat.

OnePlus memang dikenal cukup sering untuk bereksperimen merilis desain smartphone yang berbeda dari biasanya. Dari setiap smartphone yang dirilis, mereka juga tak jarang bekerja sama dengan beberapa produsen mobil balap atau sports car, seperti McLaren untuk hadirkan edisi spesial. Namun OnePlus 8T Concept memiliki pendekatan yang berbeda.

Alih-alih hadir sebagai opsi desain yang estetik dan premium, OnePlus 8T Concept seperti sebuah produk yang terlahir dari hasil uji lab, menerapkan teknologi futuristik di dalamnya. Meski wujudnya benar-benar ada dan berfungsi normal, sesuai namanya, produk ini hanya sekadar konsep, serupa vivo APEX 2020 yang hadir untuk tunjukkan kemungkinan hadirnya teknologi masa depan.

Sensor mmWave di OnePlus 8T Concept Bisa Deteksi Nafas

OnePlus 8T ConceptLalu apa fungsi tampilan bodi belakang OnePlus 8T Concept yang memiliki corak secara penuh tersebut? Seluruh bagian corak bisa berubah warna, berganti dari warna silver menjadi biru gelap. Sementara desain coraknya terinspirasi dari situs alam “Pamukkale” yang ada di wilayah Turki. Warnanya bisa berubah dalam kondisi tertentu.

OnePlus membenamkan sebuah lapisan film khusus di bawah bodi kaca belakangnya yang bisa berubah warna. Untuk mendeteksi perubahan, OnePlus 8T Concept memiliki sensor tambahan yaitu mmWave radar system. Sensor ini bisa mentransmisi dan menerima gelombang elektromagnetik. Anggaplah seperti sensor 3D ToF, namun yang ini bisa bekerja di seluruh kondisi pencahayaan lebih baik.

Lalu apa fungsi dari sensor mmWave di OnePlus 8T Concept? Sensor ini bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi gestur tangan. Sehingga bila diletakkan di meja, cukup melambaikan ke sensor kamera untuk menerima atau menutup telepon. Bahkan juga bisa memonitor pernapasan orang, dengan warna bodi mengikuti hembusan nafas secara real-time.

OnePlus 8T Concept Dirancang Oleh Tim Khusus

Smartphone ini didesain oleh sebuah tim khusus yang dinamakan OnePlus Gaudi. Ini adalah tim yang sama, digunakan untuk merancang OnePlus Concept One yang sempat ditampilkan di gelaran acara CES 2020 kemarin. Tim tersebut terdiri dari 39 desainer dari beragam asal negara, seperti Shenzhen, Taipei, New York dan India.

Dan seperti yang telah disampaikan sebelumnya, OnePlus 8T Concept tidak akan dijual secara massal. Melainkan perangkat ini hadir sebagai eksperimen, tunjukkan apa yang bisa ditambahkan ke dalam sebuah smartphone. Ada kemungkinan untuk diimplementasikan di produk berikutnya, namun OnePlus tidak memberikan jaminan. Menurut Gizmo friends, adakah manfaat lain yang bisa didapat dari penambahan sensor mmWave tersebut?