MediaTek Pentonic 2000 Mampu Tenagai Smart TV dengan Panel 8K 120Hz

Jakarta, Gizmologi – Dalam gelaran acara MediaTek Summit yang baru saja diadakan pekan lalu, ada beberapa produk terbaru serta rencana MediaTek ke depannya yang dibagikan ke awak media. Selain chipset paling kencang untuk smartphone, juga dirilis MediaTek Pentonic 2000 yang bakal tenagai smart TV mutakhir 2022.

Ya, MediaTek memang tak hanya rilis cip untuk perangkat seluler juga, melainkan cip untuk tablet dan jenis elektronik lainnya. Mengingat keberadaan smart TV sudah semakin populer, tentu bakal terasa sangat tepat untuk produsen pesaing Qualcomm satu ini agar seriusi pasar chipset lainnya, termasuk perangkat hiburan yang umumnya ada di rumah.

Tidak hanya smartphone saja yang membutuhkan chipset kencang untuk lakukan banyak hal. Besarnya dimensi layar kaca smart TV saat ini berbanding lurus dengan naiknya resolusi tayangan yang dapat dikonsumsi. Artinya, diperlukan prosesor yang mumpuni agar dapat mengolah konten digital. MediaTek Pentonic 2000 bakal akomodir kebutuhan tersebut, termasuk TV untuk gaming.

Baca juga: MediaTek Rilis Dimensity 9000 5G, SoC 4nm Pertama di Dunia

Cip MediaTek Pentonic 2000 Cocok Untuk Smart TV Gaming Premium

MediaTek Pentonic 2000

Serupa dengan MediaTek Dimensity 9000 yang meraih banyak gelar ‘pertama di dunia’, MediaTek Pentonic 2000 juga jadi cip komersil untuk smart TV pertama yang dibuat lewat proses fabrikasi 7nm milik TSMC. Dengan begitu, performa yang tinggi bakal diimbangi dengan efisiensi daya yang juga optimal.

Produsen smart TV kelas flagship bakal bisa merasakan benefit yang dibawa dari MediaTek Pentonic 2000. Pasalnya, cip ini mendukung konten beresolusi 8K dalam refresh rate tinggi mencapai 120Hz. Sementara untuk kemampuan gaming, bisa disambungkan dengan konsol gim maupun PC untuk menampilkan konten dalam refresh rate hingga 144Hz.

Dengan teknologi AI, smart TV yang gunakan MediaTek Pentonic 2000 nantinya bisa secara otomatis melakukan proses upscaling berkat adanya MediaTek APU (AI Processing Unit), tingkatkan konten resolusi rendah agar terlihat lebih tajam secara real-time. Sementara untuk smart TV dengan layar lebar, bakal mendapat benefit dari teknologi MediaTek Intelligent View.

Mendukung Standar Codec Video Terbaru

MediaTek Pentonic 2000

Fitur tersebut mampu membuat smart TV tampilkan konten picture-in-picture (PiP) bahkan sampai 16 konten berbeda sekaligus. Selain berani mengklaim hadirkan CPU & GPU terkencang dengan penyimpanan berjenis UFS 3.1, cip MediaTek Pentonic 2000 juga bisa dipasangkan dengan dukungan Wi-Fi 6E sampai modem seluler hingga 5G sekalipun, untuk kemampuan streaming konten 8K.

MediaTek Pentonic 2000 juga bakal jadi chipset smart TV pertama yang mendukung codec jenis baru, yakni Versatile Video Coding (VVC) H.266, yang memiliki teknologi kompresi lebih efisien. Codec tersebut nantinya bakal diaplikasikan lebih luas untuk konten siaran hingga streaming, sehingga lalu lintas data bisa ditekan agar lebih efektif. Tentunya juga mendukung codec umum lain seperti HEVC, VP9 dan VS3.

Smart TV yang gunakan cip MediaTek Pentonic 2000 juga bakal bisa memadukannya dengan teknologi terbaru milik Dolby, seperti Dolby Vision dan Dolby Atmos. Cip ini bakal digunakan pada produk smart TV terbaru secepatnya di awal tahun 2022, bergantung dari para produsen TV kelas flagship.

Tinggalkan komen