Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

ColorOS 7 Mulai Digulirkan, Berikut Jadwal Update Masing-Masing Smartphone

0 14.893

OPPO telah memperkenalkan ColorOS 7 secara global sejak November lalu. Lewat ColorOS 7, OPPO berikan tampilan antarmuka yang jauh lebih modern, membawa slogan “smooth and delightful”. Berbasis Android 10, antarmuka ini sudah hadir pada beberapa smartphone terbaru OPPO yang dirilis pada tahun 2020, mulai kelas entri hingga flagship, sebut saja OPPO Reno 3 Pro.

Nah, tentunya pengguna smartphone OPPO seri lama juga menantikan kehadiran ColorOS 7 pada smartphone mereka, yang akan membawa tampilan lebih segar. Lewat forum komunitas resminya, OPPO membeberkan rencana perilisan ColorOS 7 di bulan Juni 2020 mendatang. Sesuai janji awal, ada lebih dari 20 smartphone yang bakal mendapatkan pembaruan ini.

Jadwal Perilisan Global ColorOS 7

Jadwal perilisan ColorOS7

Perlu diingat, ini adalah jadwal perilisan global dengan proses yang digulirkan secara bertahap, agar dapat menjangkau seluruh wilayah. Dalam sebuah postingan yang dirilis, OPPO tak berikan jadwal resmi khusus untuk Indonesia. Hanya jadwal secara global serta negara/regional tertentu seperti Eropa, Taiwan, Hong Kong, New Zealand, Singapura, Jepang dan Australia. Beberapa wilayah tersebut memiliki jadwal tersendiri karena peraturan lokal yang berbeda-beda.

Secara global, saat ini ColorOS 7 sudah mulai digulirkan untuk beberapa seri OPPO Reno, sebut saja Reno 10x Zoom, Reno Z, Reno 2 series, serta Reno pertama. Seri lainnya adalah Find X, R17, R17 Pro, F11, F11 Pro dan OPPO K3 yang cukup laris berkat mekanisme kamera pop-up dengan harga relatif terjangkau. Mulai bulan Juni mendatang, pembaruan akan hadir ke F9 series, A5 2020, A9 2020, Oppo F7 serta Reno 5G. Menyusul ke Oppo F15, A91 dan R15 Pro di bulan Juli 2020.

Pembaruan akan hadir secara otomatis lewat metode over-the-air (OTA). Kamu juga bisa melakukan pengecekan melalui menu Settings – Software Update. Berbeda dengan Google Pixel atau Nokia yang dikenal rajin memberikan pembaruan software, OPPO dikenal lebih jarang melakukan hal serupa. Namun sepertinya kebiasaan tersebut berubah jika melihat dari daftar di atas. OPPO A5 (2020) dirilis pada akhir 2019 dengan harga Rp2 jutaan, dan masih mendapatkan ColorOS 7. Bahkan seri Oppo F7 yang umurnya sudah dua tahun lebih.

Fitur Baru di ColorOS 7

Meski secara tampilan terlihat lebih sederhana, ColorOS 7 tetap kaya akan fitur. Salah satunya adalah OPPO Relax yang bisa membuat penggunanya dapat merasa lebih tenang dan santai untuk relaksasi. Ketika diaktifkan, smartphone akan mencegah notifikasi masuk serta memutarkan suara yang terinspirasi dari alam.

Baca juga: Fitur Unik di ColorOS7 Ini Bisa Bikin Penggunanya Rileks!

Selain tampilan dan fitur, OPPO juga mengoptimalkan pemrosesan serta kinerja saat menjalankan aplikasi. ColorOS 7 diklaim memiliki performa RAM yang lebih efisien hingga 40%, dengan waktu respon lebih cepat 30% dibandingkan ColorOS versi sebelumnya. Ketika digunakan untuk bermain game, respon sentuh meningkat 21,6% dengan kelancaran frame rate yang ditingkatkan sampai 38%.


Beli smartphone OPPO di:

BLIBLI SHOPEE BUKALAPAK ERASPACE LAZADA JD.ID