Dag Dig Dug! Jeff Bezos Sukses Terbang ke Luar Angkasa

Washington DC, Gizmologi – Orang terkaya di dunia, Jeff Bezos sukses terbang ke luar angkasa menggunakan roket New Shepard buatan Blue Origin. Bezos akan terbang bersama tiga orang lainnya menjadi orang pertama dalam penerbangan berawak pertama Blue Origin ke area sub-orbital Bumi.

Perjalanan yang menempuh waktu 11 menit ini akan terbang dari fasilitas Blue Origin di Van Horn, Texas pada hari ini pukul 08.00 waktu setempat. Sampai akhirnya kapsul itu mencapai ketinggian 106 km di Garis Karman dan membuat para penumpangnya mengalami gravitasi nol.

“Orang-orang terus bertanya apakah saya gugup. Saya tidak begitu gugup, saya bersemangat. Saya penasaran. Saya ingin tahu apa yang akan kita pelajari,” kata Bezos dalam wawancara dengan CBS This Morning, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (20/7/2021).

“Kami sudah latihan. Kendaraannya sudah siap. Awak sudah siap. Tim ini luar biasa. Kami merasa sangat baik,” sambungnya.

Pendiri Amazon itu ditemani oleh saudaranya Mark, pionir penerbangan Wally Funk yang berusia 82 tahun, dan mahasiswa fisika Oliver Daemen yang berusia 18 tahun. Jika berhasil, penerbangan ini akan memecahkan rekor setelah membawa orang termuda dan tertua ke luar angkasa.

Dilansir CNET, kapsul Blue Origin sukses mendarat dengan parasut di gurun Texas Barat 11 menit kemudian. “Astronot Bezos (demikian callsign yang dia dapatkan): Hari yang menakjubkan!” ungkap Jeff Bezos setelah mendarat.

Jeff Bezos

Roket Tanpa Awak

Bila sebelumnya, penerbangan suborbital Virgin Galactic yang membawa miliarder asal Inggris, Richard Branson itu dioperasikan oleh dua pilot. Roket New Shepard justru mengudara tanpa bantuan awak pesawat.

Roket New Shepard buatan Blue Origin mengudara dengan cara konvensional, melalui landasan peluncuran roket. Dua menit setelah lepas landas, kapsul terpisah dari pendorong dan menembus Garis Karman, batas angkasa yang paling dikenal, sekitar 100 km jaraknya.

“Ini matematika sederhana. Jika Anda merancang sistem sehingga Anda tidak memerlukan pilot atau co-pilot, Anda dapat memiliki lebih banyak pelanggan yang membayar,” kata salah satu orang yang akrab dengan pemikiran perusahaan.

New Shepard dapat menampung enam penumpang setiap perjalanannya. Blue Origin pun merencanakan roket dan kapsul luar angkasanya dapat digunakan berulang kali, sebagai wahana antariksa.

Tinggalkan komen