Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Dana dan Bank Indonesia Gelar Sosialisasi dan Update QRIS

0 609

Tingginya pembayaran non tunai di Indonesia menjadikan Bank Indonesia menyeragamkan jenis barcode untuk mempermudah konsumen. Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia akhirnya memungkinkan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menerima pembayaran lintas PJSP.

Dalam hal ini, DANA sebagai salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) mengklaim bahwa saat ini mereka sudah melakukan penuntasan pada penerapan QRIS. Pencapaian ini menjadi perwujudan keseriusan DANA dalam mendukung Iaju peningkatan inklusi dan kompetensi ekonomi digital indonesia.

Vincent Iswara, Co-Founder dan CEO DANA mengatakan penerapan QRIS seharusnya mendapatkan dukungan penuh oleh semua bagian ekosistem perekonomian nasional, karena dapat memberikan pemberdayaan ekonomi digital akan mampu menyentuh lapisan dan segmen masyarakat yang semakin luas.

Ia juga menambahkan QRIS dapat dijadikan fondasi yang kuat serta strategis bagi seluruh ekosistem digital dan membangun sinergi antar PJSP. sehingga nantinya dapat mengakselerasi kelancaran transaksi non tunai digital yang tersebar di segala sektor jenis usaha, baik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), perusahaan besar, atau bahkan donasi sekalipun.

”Kami meyakini, kepercayaan masyarakat terhadap pembayaran berbagai transaksi secara digital melalui QRIS akan meningkat pesat dengan adanya edukasi kepada masyarakat luas. Oleh karena itu, DANA akan terus membantu Bank Indonesia untuk mengedukasi efektivitas transaksi nontunai digital yang makin mudah, produktif, nyaman, dan aman,” ujar Vincent, saat jumpa pers di M Bloc Space, Jakarta (10/3).DANA Bank Indonesia Hamid Ponco Wibowo

Penerapan QRIS di DANA telah mencatat, sejak penerapan pertama QRIS, sebanyak 28% transaksi di merchant-merchant DANA berasal dari pengguna layanan PJSP lain dan angka interoperable ratio DANA adalah 10% untuk ”Off-Us”.

“Dulu kita harus bayar cash dan belum terpikir kita harus membayar menggunakan cashless. 2,7 juta merchand sudah menggunakan qris. Dengan satu kode, semua sistem pembayaran bisa menggunakannya. Bisa digunakan melalui pjsp seluruh indonesia. Artinya sekarang nggak usah ribet lagi jadi satu untuk semua,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Jakarta Hamid Ponco Wibowo.

Sebagai informasi, dengan QRIS pengguna DANA tidak ada perbedaan cara bertransaksi dengan QRIS menggunakan aplikasi DANA. Konsumen nantinya cukup memindai Kode QRIS yang tersedia di merchant DANA dan memilih sumber dana untuk pembayaran melalui aplikasi DANA. Sementara non-pengguna DANA cukup membuka aplikasi pembayaran yang sudah mengimplementasikan QRIS, dan selanjutnya melakukan pemindaian Kode QRIS yang tersedia di merchant DANA.