Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

BRI Adopsi Perangkat Lunak BlackBerry untuk Lindungi Data Pelanggan

0 480

Bergantungnya industri perbankan, termasuk bank BRI, terhadap teknologi menimbulkan masalah dalam hal sekuritas. Tak jarang kasus kejahatan dunia maya terjadi akibat sistem sekuritas yang gampang dijebol. Perangkat lunak BlackBerry pun dipilih untuk melindungi data pelanggan BRI.

Ancaman peretas, malware hingga potensi pencurian data pelanggan terus mengintai canggihnya teknologi yang turut digunakan oleh sektor perbankan, tak terkecuali bank milik pemerintah ini.

Data pelanggan BRI yang sangat penting dan harus terjaga kerahasiaannya kini sudah dilindungi oleh platform BlackBerry® Unified Endpoint Management atau UEM kerjasama BRI, BlackBerry Limited dan Telkomsel.

Peresmian kerjasama ketiga perusahaan ini diumumkan ke hadapan awak media di Jakarta Pusat pada 8 Agustus 2018. BlackBerry UEM merupakan bagian dari BlackBerry® Enterprise Mobility Suite, yang menyediakan satu tampilan untuk semua perangkat (iOS, macOS, Android, Windows 10 dan BlackBerry 10), aplikasi dan manajemen konten dengan keamanan dan konektivitas yang terintegrasi.

Tak hanya data pelanggan BRI yang terlindungi, penggunaan platform ini turut membantu staf berbagi data pelanggan BRI yang memang sensitif dalam lingkungan terpercaya serta mengurangi ancaman dunia maya dan risiko pencurian data pelanggan BRI.

Kerjasama untuk melindungi data pelanggan BRIIndra Utoyo, Chief Technology Officer Bank BRI, mengatakan,”Dengan Indonesia memasuki era digitalisasi dan Internet of Things mulai mendominasi, begitu juga berbagai ancaman terhadap informasi pribadi dan perusahaan.”

“BRI memilih BlackBerry UEM tidak hanya karena kemampuannya melindungi file dan data, tetapi untuk skalabilitas dan pengelolaan yang sederhana untuk berbagai hal yang terkoneksi di tempat kerja,” tambah Indra.

Selain urusan sekuritas data pelanggan BRI, penggunaan BlackBerry® UEM turut membantu dalam proses pendaftaran dan pengelolaan pinjaman oleh para agen BRI atau mantri yang ada di seluruh Indonesia.

“Selama ini mantri harus isi dokumen loan 30 halaman. Sekarang bisa kerja dimana saja, tinggal foto saja. Semua diproses melalui mobile. Bisa selesai dalam 12 jam. Jauh lebih cepat kerja account officer kita,” kata Indra.

Ia menambahkan platform Blackberry® UEM bisa membantu melacak gawai jika hilang.

Amit Mehta, Managing Director untuk BlackBerry di Indonesia, mengatakan pihaknya bangga bisa mendukung perlindungan data pelanggan BRI bersama dengan Telkomsel.

“Bersama dengan Telkomsel, kami bangga mendukung bank BRI mempercepat perjalanan transformasi digitalnya dengan tujuan untuk mengamankan dan memperkuat perangkat, aplikasi dan hal-hal yang terkoneksi dalam jaringan sehingga bank BRI dapat fokus melayani pelanggan mereka,” kata Amit.

Baca juga: Ini Fitur Andalan BlackBerry Aurora, Smartphone 4G LTE Pertama Produksi BB Merah Putih

Arief Pradetya, Vice President Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel, mengatakan pihaknya memang berfokus menggarap sektor usaha selain selama ini Telkomsel kuat dalam hal jaringan.

“Solusi bisnis kami mendukung BRI untuk menyediakan kolaborasi yang aman, membantu memenuhi persyaratan baru dan melindungi IP berharga serta informasi pribadi,” kata Arief.

Salah satu yang dilakukan oleh Telkomsel, menurut Arief, adalah dengan membantu menyediakan kinerja bagi para mantri melalui perangkat masing-masing secara aman tanpa gangguan jaringan.