Jakarta, Gizmologi – Perusahaan lokapasar Tokopedia terus melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan kepada penggunanya. Rupanya tak hanya pembeli yang dimanjakan, pedagang pun diprioritaskan agar makin “cuan”. Salah satu inovasinya, hari ini mereka memperkenalkan “Dilayani Tokopedia” sebagai layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) untuk para pedagang yang menjual produknya di Tokopedia.
Menurut Erwin Dwi Saputra, AVP of Fulfillment Tokopedia, Dilayani Tokopedia sepenuhnya membantu penjual dari segi operasional bisnis, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan hingga penanganan jika ada kendala transaksi.
Inovasi tersebut merupakan upaya Tokopedia yang ingin menjawab tantangan logistik antar pulau dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh penjuru Indonesia. Sekaligus membantu pelaku usaha memaksimalkan penjualan demi sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional.
Apa itu Dilayani Tokopedia dan kelebihannya?

Dilayani Tokopedia merupakan transformasi dari layanan sebelumnya yang bernama TokoCabang. Layanan tersebut memungkinkan penjual menitipkan produk di ‘gudang pintar’ pada wilayah dengan permintaan tinggi dengan pengiriman lebih cepat dan ongkos kirim (ongkir) lebih murah.
“Pertama itu dengan adanya layanan ini, seluruh masyarakat jadi akan mendapatkan pilihan barang yang lebih beragam serta menerima barang menjadi lebih cepat dan yang terpenting ongkir lebih terjangkau bahkan 0 rupiah,” ungkap Erwin.
Dia mengklaim bahwa dengan hadirnya Dilayani Tokopedia, konsumen akan mendapatkan barang 14 jam lebih cepat. Sementara konsumen di wilayah yang sama akan mendapatkan barang dalam waktu 4 jam saja. “Selain ongkir yang terjangkau, kami juga meyakini bahwa konsumen akan menerima barang 14 jam lebih cepat dan jika di wilayah yang sama, konsumen dapat menerima barang dalam 4 jam saja,” ucap dia.
Punya Gudang Pintar di Beberapa Kota Besar
Hal itu berkat hadirnya sebuah “gudang pintar” pada wilayah dengan permintaan tinggi yang disediakan oleh Tokopedia, di mana para penjual akan menitipkan barang-barang jualannya.
“Pemanfaatan gudang pintar Dilayani Tokopedia juga membantu mendongkrak penjualan. Hal ini terbukti dari data internal yang menunjukkan bahwa penjual yang memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia sukses mengalami peningkatan rata-rata transaksi sebesar hampir dua kali lipat dibanding sebelum menggunakannya,” jelas Erwin dalam jumpa pers secara virtual, Jumat (18/3/2022).
Secara keseluruhan, ada lonjakan transaksi layanan fulfillment Tokopedia hampir empat kali dibanding tahun sebelumnya. Dalam hal ini, perusahaan layanan digital itu akan terus berupaya menghadirkan layanan prioritas bagi para penjual untuk meningkatkan daya saing bisnis lewat Dilayani Tokopedia.
Untuk diketahui bersama, saat ini gudang pintar Dilayani Tokopedia tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Palembang dan akan terus bertambah di kota lainnya. Mengingat pandemi membuat banyak pembelian secara daring terus melonjak pesat.
“Harapan kami, dengan adanya layanan penuh dari Dilayani Tokopedia ini bisa memudahkan UMKM lokal untuk memaksimalkan penjualannya sehingga barangnya bisa mudah diakses oleh pembeli di seluruh penjuru Indonesia dengan mudah,” pungkas Erwin.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




