Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Gandeng TrueMoney, Fintech SPIN MNC Sediakan Layanan Pengiriman Uang Domestik

0 365

Geliat layanan dompet digital membuat MNC Group yang lebih dikenal sebagai konglomerasi media tergiur untuk terjun di sektor ini. Kelompok bisnis milik Hary Tanoe ini pada November 2019 yang lalu meluncurkan SPIN yang merupakan singkatan dari Smart Payment Indonesia.

SPIN adalah platform pembayaran digital yang mencakup uang elektronik (e-money), dompet elektronik (e-wallet), dan fasilitas transfer dana elektronik (digital remittance). Layanan yang berada di dalam bendera PT MNC Teknologi Nusantara (MTN) ini memproyeksikan SPIN sebagai alat pembayaran utama di ekosistem MNC Group.

Beberapa layanan MNC Group yang bakal terintegrasi dengan SPIN adalah TV kabel berbayar MNC Vision, layanan internet MNC Play, platform OTT MNC Now, e-commerce MNCShop.com, dan online travel agent MisterAladin. SPIN juga dapat dipakai membayar tagihan utilitas, seperti air dan listrik.
Baca juga: TrueMoney Terus Berinovasi Menghadirkan Layanan Fintech di Indonesia

Kerja sama SPIN dan TrueMoney Indonesia

Untuk memperkuat layanannya terutama di sektor digital remittance, SPIN menandatangi nota kesepahaman dengan TrueMoney, penyedia layanan pengiriman uang domestik milik PT Witami Tunai Mandiri. Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini, uang yang dikirimkan melalui aplikasi SPIN dapat diambil secara tunai melalui semua partner pengiriman uang Truemoney, termasuk Alfamart dan Alfamidi di seluruh Indonesia.

“Kerjasama ini diharapkan memberi kemudahan lebih bagi pengguna SPIN. Dengan jaringan partner Truemoney yang tersebar di seluruh Indonesia, pengguna SPIN dapat mengirimkan uang ke kerabat di desa, atau siapapun, dan menukarkannya dengan uang kertas walau belum memiliki rekening bank,” tutur Jessica Tanoesoedibjo, Managing Director SPIN.

Dengan kerjasama ini, SPIN dan TrueMoney diharapkan dapat mempercepat penetrasi pasar dan memberikan nilai tambah bagi pengguna, yang akhirnya akan memperkuat kedua perusahaan. Sementara itu Donny Erfan, Direktur TrueMoney Indonesia, mengatakan pihaknya senang dengan adanya kerjasama dengan SPIN, khususnya dalam pengiriman uang domestik.

“Kekuatan TrueMoney Indonesia didapat dengan kerjasama strategis dengan Alfamart Group, dimana Alfamart mempunyai lebih dari 14.000 gerai dan Alfamidi punya lebih dari 1.400 gerai yang tersebar diseluruh Wilayah Indonesia. Harapan kami, kerjasama strategis ini akan terus berkembang dan bisa menjadi salah satu solusi pengiriman uang domestik tanpa rekening di Indonesia,” ujar Donny Erfan.

Jessica menambahkan, kerja sama ini juga relevan dengan kondisi saat ini dimana Indonesia tengah mengahdapi pandemi Covid-19. Di mana untuk meratakan kurva dan menekan penyebaran COVID-19, banyak perantau yang tidak bisa mudik ke kampung halaman di hari Lebaran.

“Hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sebagian orang karena mereka tidak bisa bertemu dengan keluarga untuk silaturahmi dan membagi sebagian rezekinya. Dengan fasilitas transfer uang lewat SPIN, hal ini dapat menjadi solusi bagi mereka,” pungkas Jessica.