Catat 3,7 Juta Pengguna, DOKU E-Wallet Kini Hadir di Google Play

Metode pembayaran digital secara terus menerus semakin diminati oleh masyarakat. Pasalnya, banyak kemudahan yang diberikan seperti kemudahan akses dari smartphone, plus mengurangi tingkat kontak fisik bersama pihak lain—menjadi poin penting terutama saat pandemi berlangsung. DOKU e-wallet kini kembali berkolaborasi untuk hadirkan metode pembayaran terbaru dari DOKU.

Seedikit mundur ke tahun lalu, DOKU telah berkolaborasi dengan Alfamart dan Indomaret, duo pusat belanja luring untuk berikan akses ‘bayar di toko’ secara digital. Kali ini, yang disasar merupakan toko digital, lebih tepatnya ada di smartphone. Ya, kolaborasi antara DOKU dan Google hadirkan metode pembayaran DOKU e-wallet di Google Play.

Alison Jap, Chief of International Partnerships dari DOKU menyebutkan bila saat ini era mobile commerce dengan metode in-app payment jadi semakin populer. Alasan semakin banyak dipilih oleh konsumen sendiri tak lepas dari tingkat kepraktisan dan kenyamanan, terutama bagi generasi muda yang kesehariannya bergantung dengan smartphone.

Baca juga: DOKU Hadirkan Sistem E-Retribusi di PD Pasar Singaraja Bali

Pembayaran Digital Terintegrasi Bakal Naik 23% di 2021

Doku - Sistem e-retribusi

“Sebagai salah satu mitra pembayaran Google, DOKU akan terus melengkapi jenis metode pembayaran dalam Google Play, sehingga konten digital berbayar yang ada di dalamnya dapat diperoleh dengan mudah,” tambah Alison dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (15/6).

Dari laporan tren pembayaran yang dihimpun oleh JP Morgan untuk pasar Indonesia sepanjang 2020, terungkap bila digital wallet telah menjadi metode pembayaran dengan tingkat kepopuleran yang melesat cepat. Dari 16% di tahun 2019, penggunaan digital wallet diprediksi bakal tumbuh mencapai 23% di 2023 mendatang.

Dalam riset yang sama, dinyatakan juga bila di 2019, mobile commerce dengan metode in-app payment lebih digemari oleh konsumen sebanyak 69%, dibandingkan dengan metode pembayaran lewat browser. Artinya, konsumen lebih memilih untuk melakukan proses pembayaran secara terintegrasi—menjadi target dari kehadiran DOKU e-wallet di Google Play.

Cara Aktifkan DOKU E-wallet di Google Play

Aktivasi DOKU e-wallet

Ingin melakukan proses pembayaran aplikasi atau in-app purchase yang ada di Google Play menggunakan DOKU e-wallet? Caranya mudah saja, selayaknya menambah opsi metode pembayaran baru. Cukup dengan akses Google Play, pilih menu Payments & Subscriptions, tambah Payment methods dan DOKU e-wallet bakal muncul sebagai salah satu opsi baru.

Untuk konsumen yang belum pernah memiliki DOKU e-wallet sebelumnya, panduan lengkap tersedia pada halaman berikut ini. Tak perlu ragu untuk menggunakannya, karena DOKU sendiri telah diresmikan sejak 2013 lalu, fokus tumbuh secara organik dan konsisten dengan segmentasi profil pengguna dewasa atau lebih matang.

Saat ini, tercatat pengguna DOKU e-wallet sebanyak 3,7 juta orang yang sudah memanfaatkan fitur-fitur unggulannya, dengan nilai rata-rata per transaksi sebesar Rp300 ribu sampai Rp400 ribu. Mulai dari top-up paket data, tagihan bulanan, beli token listrik, BPJS dan tentunya belanja daring. Juga sudah terintegrasi dengan QRIS untuk mempermudah pengguna melakukan pembayaran secara digital.

Tinggalkan komen