Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Dompet Dhuafa: Pandemi, Gen Z Makin Minati Donasi Melalui Kanal Digital

1 558

Penggunaan teknologi semakin meningkat, terutama di kalangan Gen Z. Berbagai layanan dan fitur pada gawai menjadi daya tarik Gen Z maupun milenial untuk menggunakannya. Semakin mudah, maka semakin favorit untuk digunakan, termasuk dalam melakukan donasi digital.

Menurut Doni Marlan, Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, tren donasi digital sebenarnya sudah terlihat pada 2019. Di mana terjadi lonjakan persentase kalangan Gen Z maupun milenial untuk berdonasi melalui Dompet Dhuafa. Kebaikan yang bermula dari ujung jari makin mudah dilakukan.

“Angkanya ada 60 persen donatur Dompet Dhuafa diduduki oleh kalangan Gen Z maupun milenial. Melalui berbagai kanal digital dan kemudahan akses dalam pelayanan donasi, membuat daya minat tinggi bagi kalangan tersebut. Dalam upaya kami menangkap peluang Gen Z, kami terus berinovasi baik bekerjasama dengan berbagai platform perbankan, e-commerce, WhatsApp Pay, Mumu hingga platform digital lainnya,” ungkap Doni.
Baca juga: Dewan Masjid Indonesia Gandeng GoPay untuk Permudah Donasi

Kanal Digital Favorit untuk Donasi

Donasi DigitalDi tengah pandemi Covid-19, masyarakat lebih antusias dengan penggunaan kanal digital yang sudah memiliki ragam platform sebagai pilihan transaksi. Hal tersebut terlihat dari hasil riset Gopay bersama Kopernik terkait donasi digital, dengan metode berdonasi secara digital menunjukan lonjakan di semua kategori usia.

Berdasarkan 1.049 responden, donasi di kalangan gen Z mengalami lonjakan dari 35 persen menjadi 51 persen, milenial dari 31 persen menjadi 40 persen dan gen x dari 24 persen menjadi 31 persen. Sementara itu, platform digital yang paling sering digunakan untuk berdonasi atau transaksi kebaikan melalui aplikasi ada 42 persen dan diikuti platform galang dana digital sebanyak 35 persen.Donasi Digital Dompet Dhuafa

Faktor lain dalam peningkatan metode berdonasi secara digital di masa pandemi Covid-19 yakni mengurangi risiko penularan. Ajakan di rumah saja hingga keunggulan layanan untuk bertransaksi memengaruhi pilihan. Doni menambahkan, laju antusias masyarakat terutama Gen Z tersebut berpengaruh pada dua situs organisasi paling sering digunakan berdonasi dengan alasan kredibilitas situs organisasi dan aman, serta mudah. Dua situs tersebut yakni Dompet Dhuafa dan Baznas.

Melalui data Gopay Digital Donation Outlook 2020, dua lembaga tersebut mencatatkan angka yang baik. Dalam persentase Dompet Dhuafa meraih 35 persen, sementara Baznas meraih 28 persen. Persentase alasan menggunakan situs organisasi untuk berdonasi ialah, lebih terpercaya dari yang lain sebesar 16 persen, dapat donasi dengan jumlah beragam sebanyak 12 persen dan dapat menggunakan pembayaran non tunai sebanyak 12 persen.