Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Operator Florida Akan Garap Sistem Drone Customized untuk Keamanan

0 61

Selama ini kita banyak mengenal drone yang dirancang untuk kebutuhan khusus. Kini, sistem drone customized sedang coba dikembangkan oleh perusahaan drone asal Florida Aeronyde dengan menggandeng penyedia Unmanned Traffic Management/UTM atau Pengelola Lalu Lintas Tanpa Awak asal Belgia bernama Unifly.

Sistem untuk drone customized ini akan memungkinkan terciptanya drone terintegrasi dan otomatis untuk membantu kebutuhan badan yang terkait dengan keamanan masyarakat, tulis dronelife.com.

Sistem untuk menciptakan drone customized ini akan memberdayakan para responden darurat untuk menyesuaikan sistem drone terhadap apa pun misi dari bentuk badan apa pun. Pekerja dalam kondisi genting bisa mengerahkan drone customized ini untuk meningkatkan kesadaran situasional secara real time ketika terjadi kecelakaan, kebakaran, tindak kejahatan, penembakan atau penyelamatan. Polisi juga bisa menciptakan patrol udara ke wilayah sekitar untuk mendeteksi masalah sebelum tindak kejahatan terjadi memakai drone customized ini.

Drone jenis ini akan bermanfaat pula memantau kondisi perumahan untuk mencegah potensi tindak kriminal. Foto oleh exposureelements.com

“Unifly sangat percaya dalam membangun ekosistem global kemitraan untuk bisa memajukan industri drone. Maka, kami sangat senang bisa mendukung Aeronyde dalam menerapkan ide ambisiusnya dan bangga teknologi kami akan membantu badan keamanan publik bisa melayani dan melindungi masyarakat lebih baik lagi,” kata CEO Unifly Marc Kegelaers.

Sistem untuk drone customized ini tak akan hanya menyediakan lebih banyak mata di langit tetapi juga mengumpulkan data penting guna meningkatkan misi di masa depan. Rencananya sistem ini turut memasukkan perencanaan misi dan modul validasi yang memastikan setiap aktivitas memenuhi aturan federal, negara bagian dan pemerintah lokal.

Baca juga: Dragon Drone Bisa Berubah Bentuk Tergantung Ruang Navigasi

“Setiap kali aku mengunjungi kota baru, aku melihat ke atas dan menyaksikan kemungkinan tak terbatas. Aku melihat kendaraan tanpa kemudi terbang sendirian secara aman di sepanjang langit kota, membantu orang dan melayani kebutuhan dunia yang semakin berkembang,” kata CEO Aeronyde Edgar Munoz.

“Untuk mewujudkan ini semua, kami bangga bisa bekerjasama dengan Unifly, pemimpin dalam manajemen lalu lintas tanpa awak, desain sistem, keamanan luar angkasa dan pengaturannya. Angkasa kini tak menjadi batasan!”, kata Edgar.

Platform sistem untuk drone customized ini memungkinkan operator lokal dan pemerintah pusat mengawasi dan melacak drone secara real time. Usai melakukan operasi, alat khusus, seperti mode replay, akan memudahkan analisa paska terbang.