Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Drone Ini Dirancang Inspeksi Gedung untuk Permudah Perawatan dan Kurangi Kecelakaan

0 67

Keberadaan banyak gedung pencakar langit di kota besar terkadang menimbulkan masalah tersendiri dalam perawatannya. Tak jarang pula hingga menyebabkan kecelakaan bagi pekerja saat membersihkannya jika tidak hati-hati. Operator drone Kespry, asal California, AS, baru saja merilis drone inspeksi gedung beresolusi panas tinggi terbaru untuk fasilitas properti dan industri komersial.

Kehadiran drone inspeksi gedung ini diharapkan akan mempermudah merawat gedung dan mengurangi angka kecelakaan. Poin lainnya penggunaan drone inspeksi gedung ini adalah dapat mengurangi biaya pemeriksaan dan menciptakan kondisi yang lebih aman bagi pekerja yang harus menaiki gedung tinggi untuk melakukan pekerjaan ini. Drone ini sendiri akan bisa bekerja secara otomatis.

Drone pemeriksa gedung Kespry beresolusi panas tinggi. Foto oleh dronebelow.com

“Inspeksi panas gedung penting bagi organisasi yang memang ingin mengurangi resiko investasi dalam industri senilai US$750 miliar gabungan dari riil estate komersil, asuransi dan manajemen,” kata juru bicara Kespry, seraya menambahkan,” hingga saat ini, manajer properti, pemilik dan pengasuransi dipaksa menggantungkan pada inspeksi manual yang mahal dan kurang akurat menggunakan drone resolusi rendah untuk menentukan kesehatan atap.”

Baca juga: DJI Rilis Layanan Perlindungan untuk Hilangkan Cemas Saat Operasikan Drone

Dronelife.com menulis pernyataan dari CEO Kespry, George Mathew, yang menyebut:

“Akurasi benar-benar penting saat miliar dolar properti dan fasilitas berada dalam resiko. Inspeksi manual dan drone generasi pertama lambat dan kurang tepat dalam mencoba memahami kondisi atap. Belum lagi menyangkut produktivitas organisasi itu.”

“Hal ini membuat surveyor, penilai resiko dan inspector atap hanya menebak lokasi bocoran saja atau kerusakan pada infrastruktur gedung, yang kesemuanya bisa mempunyai dampak serius terhadap aset di dalamnya. Solusi kami (drone inspeksi gedung) terbaru ini bisa mengatasi masalah ini,” kata George.

Drone inspeksi gedung bekerja dengan menggunakan sistem inspeksi panas yang bergantung pada analisa suhu. Proses inilah yang menyediakan data bermanfaat bagi pemeriksa gedung.

“Analisa radiometrik menunjukkan adanya suhu spesifik pada titik tertentu dalam atap,” demikian penjelasan dari perusahana tersebut. “Di lain pihak, data pada drone suhu non radiometrik menunjukkan perbedaan suhu dan perubahan pada suatu area saja sehingga sulit mengetahui bagian mana yang rusak atau perlu diperhatikan.”

Pada April 2018, Kespry merilis pembaharuan pada lini produk drone inspeksi gedungnya dengan data pemroses on-site, Virtual Test Square untuk mendukung keputusan klaim asuransi yang dikerjakan oleh mesin pembelajaran.

“Bagi para operator asuransi dan klien mereka, semakin cepat penilaian kerusakan atap maka akan semakin baik pula. Klaim tanpa sentuhan akan secara cepat menjadi standar dalam industri ini,” kata Kespry.