Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ini Dua Fitur Maut untuk Produktivitas Maksimal di Galaxy Note20 Series

0 1.645

Smartphone flagship terbaru dari Samsung yang satu ini memang unggul dalam berbagai lini fitur yang ditawarkan. Namun tentunya, Samsung Galaxy Note20 series dilengkapi fitur yang tak dimiliki oleh smartphone lain, yaitu S Pen serta software penunjang produktivitas.

Stylus S Pen terus dikembangkan dari masa ke masa, hadir dengan fitur yang semakin banyak. Dari yang awalnya memiliki kemampuan sentuh mencapai 4096 titik tekanan, hingga dilengkapi konektivitas Bluetooth untuk kendalikan foto maupun presentasi jarak jauh. Serta, aplikasi Samsung Notes yang hadir sebagai pelengkap mumpuni. Keduanya berikan kemampuan produktivitas yang superior di Galaxy Note20 series.

Apa saja keunggulan dari S Pen dan Samsung Notes versi terbaru yang hadir di Samsung Galaxy Note20 series? Berikut informasi lebih lengkapnya.

Peningkatan S Pen, Menulis Seperti di Atas Kertas

S Pen Samsung Galaxy Note20

S Pen sudah menjadi fitur khas yang ada pada Samsung Galaxy Note series. Di Galaxy Note20 series, Samsung berikan peningkatan pada performa serta fiturnya. Taufiqul Furqan, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia menjelaskan, “Mulai dari performa, kami telah meningkatkan latensi dari S Pen yang memberikan Anda pengalaman menulis pada Galaxy Note20 layaknya menulis pada secarik kertas.”

Peningkatan tersebut dimungkinkan berkat AI pada sistem, dan dikombinasikan dengan machine learning yang terus mendeteksi pergerakan stylus di atas panel layar Samsung Galaxy Note20 series. Hasilnya? Pada Samsung Galaxy Note20, latensi berhasil direduksi hingga 26ms, berkurang hampir 50% dari seri Galaxy Note10+.

Sementara di Galaxy Note20 Ultra yang gunakan panel layar dengan refresh rate 120Hz, respon sentuhnya jauh lebih baik. Sehingga latensi bisa mencapai 9ms saja. Untuk para profesional atau pekerja seni, menggambar di atas layar Dynamic AMOLED 2X pada smartphone ini akan terasa sangat responsif dan nyaman.

Proses Pencatatan Instan Lewat Samsung Notes

S Pen screen off memo

Dalam masa adaptasi kebiasaan baru yang sedang kita jalani bersama saat ini, situasi bekerja menjadi lebih dinamis dari sebelumnya. Ketika harus bekerja di rumah, terkadang waktu untuk bekerja serta waktu personal sering kali harus tercampur. Sehingga diperlukan smartphone yang dapat menyimpan catatan dengan instan,

Samsung Notes pada Galaxy Note20 series tentunya sudah mendukung fitur screen-off memo. Agar momen mencatat tidak terlewat, pengguna cukup mengeluarkan S Pen dan bisa langsung menuliskannya di layar, tidak perlu membuka kunci dan lainnya. Jika sudah selesai, catatan bakal langsung tersimpan di Samsung Notes.

Ketika sedang dalam perjalanan dan harus memberikan feedback untuk pekerjaan tertentu, pengguna bisa langsung melakukan proses editing dokumen seperti PDF lewat Samsung Notes. Tinggal impor saja dokumennya, pilih halaman yang ingin di-edit lewat Page View, lalu berikan komentar atau bahkan gambar dengan S Pen.

Jika sudah selesai, catatan bisa di-ekspor Kembali ke PDF, untuk kemudian diteruskan ke tim atau rekan kerja. Selain PDF, catatan maupun gambar juga bisa dikonversi ke format dokumen Microsoft, seperti PowerPoint maupun Word. Tidak perlu mengkhawatirkan kompabilitas catatan yang dibuat lewat Samsung Notes.

Catatan Lebih Rapih dan Detil Lewat dua Fitur Baru

Audio Bookmark Samsung Notes

Bagi pengguna baru seri Galaxy Note, tidak perlu khawatir jika tulisan atau catatan yang dibuat di Galaxy Note20 series tidak rapih atau berantakan. Samsung Notes dilengkapi fitur Auto Straightens untuk membuat tulisan menjadi lebih rapih, baik tiap baris maupun tingkat kemiringannya. Lebih dari itu, ia dapat mengenali tulisan tangan dan mengubahnya kedalam format teks.

Terkadang, ada juga momen di mana kita sedang mengikuti sebuah rapat atau webinar, dimana narasumber menjelaskan secara lisan sementara kita membuat catatan tulis pada smartphone. Lalu saat sesi selesai, kita lupa akan tahap tertentu pada catatan tersebut. Hal ini tidak akan terjadi lagi lewat fitur Audio Bookmark.

Jika fitur ini diaktifkan, Galaxy Note20 series bakal merekam suara sembari penggunanya membuat catatan pada aplikasi Samsung Notes. Jika selesai, catatan tersebut dapat ‘diputar ulang’, dengan timestamp pada voice note yang sudah direkam. Aplikasi juga bakal menampilkan perjalanan coretan S Pen dari awal hingga akhir, sehingga pengguna akan kembali ingat akan proses pembuatan catatan tersebut.

Terorganisir Lewat Fitur Folder dan Sinkronisasi Otomatis

Samsung Notes Folders

Kemudahan proses mencatat di Galaxy Note20 series juga diimbangi dengan sistem penyimpanan yang runut alias terorganisir. Samsung Notes kini hadir dengan fitur Folder, dimana pengguna dapat memastikan file catatan penting berada di lokasi yang tepat, layaknya di PC.

Seluruh catatan yang tersimpan juga akan secara otomatis tersinkron dengan layanan cloud dari Samsung Notes. Tak hanya dapat diakses dari smartphone lain, seluruh catatan juga dapat dibuka secara mudah dari PC sekaligus. Seluruhnya akan tersinkron secara otomatis, sehingga bakal otomatis diperbarui pada masing-masing perangkat.

Samsung juga bekerja sama dengan Microsoft untuk integrasikan Samsung Notes dengan ekosistem Microsoft Office. Nantinya, seluruh catatan dapat tersinkron juga dengan mudah melalui Microsoft OneNote. Menambah kemudahan akses catatan, bisa dari beragam aplikasi serta beragam device.

“Setiap peningkatan yang kami lakukan pada setiap perangkat Samsung merupakan hasil riset kami, dari fitur-fitur yang paling diinginkan oleh para pengguna perangkat-perangkat kami. Samsung selalu menaruh prioritas utama pada kenyamanan pengguna, untuk dapat melakukan hal apapun yang mereka cintai dengan lebih baik lagi,” jelas Taufiq.

Untuk pembelian Samsung Galaxy Note20 series selama masa pre-order, berhak mendapatkan bank cashback hingga Rp1 juta dengan bunga cicilan 0% sampai 24 bulan, lewat mitra bank Samsung di Indonesia. Sementara bagi yang sudah meregistrasikan e-mail di situs resmi Samsung, juga bakal mendapat smart case cover senilai Rp699 ribu.

Hingga 19 Agustus 2020 mendatang, setiap pembelian Galaxy Note20 akan disertai e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+, dan Galaxy Buds Live untuk pembelian Galaxy Note20 Ultra. Informasi lebih lanjut dapat diakses di situs www.galaxylaunchpack.com serta berbagai e-commerce terbesar di Indonesia.


Cek harga Smartphone Samsung di:

ERASPACE.com LAZADA SHOPEE Blibli  Bukalapak App Tokopedia


Disclosure: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Electronics Indonesia