Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

AWS Beberkan Manfaat Machine Learning Berbasis Cloud untuk Enterprise

0 139

Solusi machine learning yang ditawarkan oleh Amazon Web Services (AWS) dapat diaplikasikan ke ragam jenis tantangan yang ada saat ini. Sebagai contoh, awal bulan Juni lalu AWS berikan solusi untuk persingkat proses analisa orangutan, berkolaborasi dengan WWF Indonesia. Layanan dari AWS dapat mendukung optimalisasi pemanfaatan machine learning berbasis cloud di berbagai kalangan, baik bisnis maupun lembaga layanan publik.

Dalam sebuah sesi bincang-bincang yang diadakan secara daring oleh media beberapa waktu lalu, Santanu Dutt, Head of Technology South East Asia, AWS memaparkan ragam keunggulan dari layanan-layanan yang disediakan oleh AWS, telah digunakan oleh berbagai dunia usaha untuk dukung optimalisasi pendayagunaan machine learning.

Dengan tema utama ‘Constant Transformation is the New Normal’, Santanu perkenalkan ragam layanan dari AWS, diantaranya yaitu Amazon Kendra, Amazon Sumerian, Amazon Lambda, Amazon Polly, Amazon Lex, Amazon Connect dan Amazon Transcribe. Layanan tersebut dapat membantu perusahaan mulai skala start-up hingga enterprise, untuk kembangkan layanan-layanan inovatifnya yang mampu jadi solusi cerdas bagi ekosistem.

Baca juga: WWF Indonesia Manfaatkan Machine Learning untuk Analisa Orangutan

Pemanfaatan Machine Learning AWS Untuk Berbagai Jenis Bisnis

Fitur AWS Machine Learning, Amazon Kendra
Salah satu layanan yang disediakan oleh AWS untuk percepat pencarian informasi, Amazon Kendra.

Pada awal perbincangan, Santanu menunjukkan manfaat Amazon Kendra, sebuah layanan yang dapat mempercepat hasil pencarian untuk kelas enterprise, memanfaatkan machine learning. Dengan layanan ini, hasil pencarian akan lebih relevan dengan jawaban yang langsung tampil, tanpa perlu meng-klik situs tertentu.

Santanu menyebutkan jika machine learning tak hanya bermanfaat untuk membuat prediksi atau prakiraan saja, namun lebih luas dari itu. “Machine learning diperlukan untuk otomasi dan robotika, gaming, computer vision, hingga natural language understanding dan pengenalan suara,” tambahnya. Pada slide awal presentasi, ia juga menunjukkan bila machine learning juga dapat tingkatkan produktivitas, dan cegah adanya kebobolan data dengan fitur seperti fraud detection.

Agar lebih memahami benefit dari machine learning berbasis cloud dari AWS, Santanu memaparkan sebuah contoh penerapan yang berdampak pada pemberdayaan ekonomi rakyat, terutama di industri pertanian berbasis teknologi di Indonesia. Salah satu perusahaan agrikultur berbasis teknologi, HARA, memanfaatkan machine learning untuk pertukaran data petani dan pertaniannya.

Mereka membantu petaninya untuk terkoneksi dengan ekosistem seperti lembaga pendanaan, asuransi serta kebutuhan pendukung lainnya. Dengan adanya 32 ribu petani di Indonesia yang sudah bergabung, HARA menargetkan sedikitnya 1 juta petani yang akan bergabung dengan mereka. Supaya tidak ada isu skalabilitas, mereka kini sudah menggunakan layanan cloud dari AWS dengan machine learning.

Amazon Machine Learning Kumho Petrochemical

Contoh lainnya adalah penerapan di perusahaan Kumho Petrochemical di Seoul, Korea Selatan, yang gunakan machine learning untuk memantau kepatuhan karyawan dalam mengenakan perlengkapan keselamatan saat bekerja. Dengan mengumpulkan seluruh identitas dan foto karyawan, serta memanfaatkan beragam kamera yang ditempatkan pada area wajib perlengkapan, proses identifikasi dapat dijalankan dengan mudah. Jika ada yang tidak patuh memakai helm, sistem akan mengeluarkan suara agar terdengar oleh karyawan yang bersangkutan.

Juga sebuah contoh yang memanfaatkan Amazon Sumerian, yaitu layanan yang dapat ciptakan pengalaman 3D, virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) yang instan. Maxis, sebuah perusahaan penyedia telekomunikasi di Malaysia telah manfaatkan layanan ini untuk hadirkan layanan pelanggan yang mengesankan.

Amazon Machine Learning asuransi

Amazon Sumerian dapat membantu mewujudkan pengalaman front-end 3D yang menarik. Tentunya juga sudah terintegrasi dengan layanan AWS untuk akses mudah machine learning, chatbot dan lainnya. Menjadi platform berbasis web, pengalaman yang imersif dapat diakses melalui situs yang diakses dari peramban sederhana, dan juga dapat dijalankan pada perangkat keras yang umum digunakan untuk AR/VR.

Mendekati akhir sesi, Santanu juga jelaskan manfaat lain dari machine learning yang disediakan AWS. Seperti dalam bidang kesehatan yang sudah digunakan oleh salah satu penyedia layanan e-health lokal, Halodoc. Sampai proses klaim asuransi yang lebih efektif dan metode pembelajaran anak yang lebih interaktif. Hingga saat ini, AWS telah menurunkan tarif layanannya 79 kali, tanpa tekanan dari kompetitor.