Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Lokasi Edge AWS Hadir di Indonesia, Tingkatkan Konektivitas Latensi Rendah

0 198

Untuk hadirkan layanan cloud yang andal bagi konsumen, diperlukan infrastruktur terbaik supaya aktivitas digital berjalan dengan mulus. Sebagai salah satu usaha untuk mencapai nilai tersebut, Amazon Web Services (AWS) baru saja umumkan peluncuran lokasi “edge” AWS pertamanya di Indonesia. Berikan beberapa benefit bagi konsumen.

Lokasi edge di Indonesia bakal hadirkan konektivitas lebih aman, andal dan berikan performa tinggi. Menjadi bagian dari jaringan AWS global serta mendukung beragam layanan edge AWS, seperti Amazon CloudFront maupun AWS Global Accelerator. Salah satu tujuannya adalah untuk tingkatkan performa di sisi latency—sekitar 30% untuk tiap data yang melewati lokasi edge ini.

Saat ini, Indonesia terhubung dengan jaringan infrastruktur AWS global, mencakup lebih dari 22 Points of Presence yang dibangun di 90 kota di 47 negara. Jaringan tersebut dibangun agar hadirkan lingkungan komputasi cloud andal & scalable. Lokasi edge di Indonesia menjadi Point of Presence ke-10 AWS di Asia Tenggara.

Baca juga: Gunakan Solusi AWS, Sayurbox Optimasi Layanan Digital

Hadirnya Lokasi Edge AWS di Indonesia Bawa Banyak Benefit

Gunawan Susanto, Country Manager, Indonesia, AWS(bawah) dan Paul Chen, Head of Solutions Architect, ASEAN, AWS.
Gunawan Susanto, Country Manager, Indonesia, AWS(bawah) dan Paul Chen, Head of Solutions Architect, ASEAN, AWS.

Gunawan Susanto, Country Leader, PT Amazon Web Services mengatakan bila komitmen AWS untuk terus tingkatkan kehadirannya Indonesia hadir sebagai jawaban atas masukan yang diterima dari para pelanggan. Menjadi salah satu usaha dalam hadirkan layanan baru serta ragam teknologi cloud bagi seluruh pelanggan, baik di Indonesia maupun global.

“Peluncuran lokasi edge pertama di Indonesia ini diharapkan akan mampu mendukung organisasi dengan beragam skala bisnis dari berbagai sektor industri, termasuk lembaga-lembaga di sektor publik maupun institusi pendidikan, dalam menikmati layanan-layanan dengan tingkat latensi rendah serta kecepatan transfer data tinggi,” tambah Gunawan dalam sebuah kesempatan daring (24/3).

Lokasi edge AWS terbaru berikan kelebihan yang ada pada Amazon CloudFront. Seperti Content Delivery Network (CDN) yang dukung akselerasi penghantaran data/video/aplikasi, serta Application Programming Interfaces (APIs) kepada seluruh pengguna. Dengan caching konten pada lokasi edge di Jakarta, performa, keamanan jaringan sampai proteksi di level aplikasi bakal makin meningkat.

Dapat Diterapkan Untuk Ragam Sektor Bisnis

Pelanggan AWS di Indonesia 2020

Amazon CloudFront juga terapkan perlindungan data sensitif, mulai dari penerapan protokol, enkripsi sampai sertifikasi kelaikan. Lewat pengintegrasikan AWS Shield untuk melindungi dari serangan-serangan DDoS dengan AWS Web Application Firewall.

Juga mendukung AWS Global Accelerator (AGA) yang tingkatkan kesediaan dan performa lalu lintas di sisi pengguna. Hadirnya infrastruktur tingkat lokal ini diharap mampu dukung beragam sektor bisnis maupun pemerintahan di Indonesia. Seperti di bidang pendidikan, gaming, layanan kesehatan sampai e-commerce.

Pada kesempatan yang sama, Murfi Hatumena sebagai General Manager IT Operations, Kompas Gramedia Media menuturkan bila keberadaan lokasi edge baru ini bakal tingkatkan penghadiran konten, dengan meningkatnya kecepatan akses baca konten-konten digital pada aplikasi yang real-time.

Kompas Gramedia Media sendiri merupakan sekian dari grup media terkemuka, layani hingga lebih dari 193 juta pengguna digital secara perorangan. Murfi menambahkan, pengalaman pengguna bakal meningkat dengan rendahnya latensi pada aplikasi web mereka, serta konten digital real-time beresolusi tinggi.

Tinggalkan komen