Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Yuk Ketahui 4 Fakta Menarik #Ramadan di Jagat Twitter

1 785

Netizen Indonesia selalu punya cara eksis di media sosial, termasuk Twitter, bahkan saat bulan mulia seperti puasa. Alih-alih “tenang”, netizen tetap berisik selama bulan suci ini tetapi beraroma keagamaan loh. Fokus membahas konten religi jadi salah satu fakta menarik Ramadan di dunia burung kicauan ini.

Bulan puasa yang identik dengan meningkatnya belanja masyarakat turut mewarnai fakta menarik Ramadan di Twitter. Yuk mari disimak Gizmo lovers apa saja fakta yang kami maksud sebagaimana dibagi oleh Twitter Indonesia ini:

1. Durasi Menonton Video Bertambah

Fakta menarik Ramadan pertama adalah durasi menonton video melalui Twitter yang bertambah. Sebanyak 71% pengguna Twitter yang disurvei di Indonesia tertarik menonton acara yang disiarkan langsung di Twitter selama bulan Ramadan.

Waktu yang dihabiskan untuk menonton video di Twitter juga meningkat selama Ramadan – bahkan, durasi menonton video di Twitter meningkat 157% di bulan ini.

2. Netizen Banyak yang Berbagi Shopping Wish-List

Fakta menarik Ramadan kedua sejalan dengan artikel di sini yang menunjukkan bahwa geliat belanja justru bertambah selama Ramadan. Walhasil, tak heran banyak netizen yang berbagi wish-list atau daftar keinginan mereka. Beberapa barang yang jadi impian mereka mencakup di antaranya, pakaian, perhiasan, tiket pesawat dan ponsel.

Baca juga: Inilah 5 Fakta Menarik Tren Belanja Online Selama Ramadan di Indonesia

Hasil lengkap survei Twitter untuk Ramadan 2018
3. Konten Favorit Selama Ramadan

Seperti yang sudah disinggung di atas, fakta menarik Ramadan berikutnya terkait dengan tema obrolan. Bisa pula topik yang netizen retweet, love hingga tanggapi. Atmosfir bulan puasa yang sangat kental mempengaruhi chat yang paling mereka ikuti.

Di urutan pertama, tema religi atau agama jadi yang paling netizen perhatikan selama bulan puasa ini. Topik ini bisa beragam isinya, mulai dari tips puasa, ilmu keagamaan hingga berbagi pengalaman religius selama bulan suci ini.

Urutan berikutnya adalah konten berisikan makanan atau memasak. Bisa jadi banyak yang menyukai tema ini sebagai ide memasak sahur atau berbuka. Atau bisa pula menjadi referensi santapan buat berbuka puasa nanti.

Lalu tema komedi, kesehatan dan tujuan perjalanan berturut-turut menjadi tema ke-3, ke-4 dan ke-5 yang paling disukai oleh netizen selama bulan puasa ini.

4. Tren ikuti brand tertentu

Fakta ke-4 alias fakta menarik selama Ramadan masih berhubungan dengan kebiasaan belanja yang meningkat. Survei lebih lanjut menunjukkan bahwa 44% dari responden tertarik untuk mengikuti atau follow akun brand tertentu yang menarik bagi mereka. Lalu, 29% bahkan mau berinteraksi dengan brand tersebut. Lalu 89% responden terbuka mencoba produk atau brand baru.

Gizmo lovers sendiri yang aktif di dunia Twitter, kira-kira fakta menarik Ramadan mana yang paling pas menggambarkan kecenderungan kalian?