Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Gelar SYNRGY Academy, BCA Jaringan Talenta IT Terbaik di Indonesia

0 187

Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan konsistensi dari Bank Central Asia (BCA) untuk menjaring talenta IT terbaik di Indonesia. Bank swasta terkemuka di Indonesia tersebut menggelar SYNRGY Academy yang merupakan salah satu program CSR bagi para talenta IT di Indonesia.

Sebelumnya, BCA telah menggelar Batch 1 yang melahirkan 36 talenta digital. Kini BCA menghadirkan SYNRGY Academy Batch 2 yang akan digelar mulai Januari 2021. Pendaftarannya sendiri telah dibuka dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

SYNRGY Academy batch 1 diselenggarakan selama 6 bulan mulai dari bulan April hingga Oktober 2020 bersama dengan Binar Academy. Binar Academy sendiri merupakan platform end-to-end digital career solutions yang memiliki visi untuk menjadi kampus digital serta produsen talenta digital terdepan. Kolaborasi ini selaras dengan tujuan SYNRGY untuk mengembangkan talenta di Indonesia yang siap menjadi IT professional di akhir program.

SYNRGY Academy

SYNRGY AcademyAdi Prasetyo Susilo, SVP Digital Innovation Solutions BCA, mengatakan pihaknya bangga dengan kesuksesan SYNRGY Academy Batch 1 yang telah menorehkan 36 talenta yang siap bekerja. Peserta batch 1 telah menunjukan kemampuannya melalui program ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk mencetak prestasi.

“Keberhasilan ini mendorong kami untuk menghadirkan SYNRGY Academy Batch 2 untuk menjaring lebih banyak talenta dari IT di Indonesia,” ujar Adi Prasetyo.

Program SYNRGY Academy terbagi menjadi dua bagian yaitu Pre-Bootcamp dan Main Bootcamp. Dalam fase Pre-Bootcamp terbagi menjadi dua penjurusan, yakni Full-stack Web Development dan UI/UX Design. Selama 2 bulan, siswa mempelajari pemrograman fundamental di kelas Fullstack, dan teknik, metode serta penggunaan tools dasar dalam desain di kelas UI/UX. Setelah melewati Pre-Bootcamp, selanjutnya 36 siswa yang lolos ke Main Bootcamp dan dibagi ke dalam lima kelas spesialisasi yang berbeda, yakni: Frontend, Backend, Android, Quality Assurance dan UI/UX Design.

Pada Main Bootcamp, siswa mulai belajar lebih dalam terkait platform masing-masing dan mulai belajar praktek mengerjakan project. Tidak hanya skill teknis, mereka juga belajar skill non-teknis seperti metodologi Scrum, cara presentasi, dan skill lainnya seputar transformasi digital.

Sebagai final project, siswa di Main Bootcamp membuat tiga aplikasi mobile bertema “Banking for Millennials”. Tiga aplikasi yang telah dibuat dalam final project meliputi: MoneySave (aplikasi untuk mengatur keuangan), Zenia (aplikasi untuk perencanaan hunian), dan Travada (aplikasi menabung untuk kebutuhan travelling).

“SYNRGY Academy telah membuka pendaftaran untuk Batch 2 yang akan dijalankan full online, dan kelasnya akan dimulai pada tanggal 11 Januari 2021. Program ini membuka kelas yang sama yaitu Fullstack dan UI/UX Design di Pre Bootcamp, dan kelas Frontend, Backend, Android, Quality Assurance dan UI/UX Design di Main Bootcamp. Harapannya program ini dapat mencetak prestasi seperti batch 1, terlebih saat ini peluang dalam dunia teknologi digital sedang banyak dibutuhkan.” tutup Adi.

Tinggalkan komen