Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Isi Saldo BNI TapCash Kini Bisa Melalui Aplikasi Jenius 

0 115

Pemerintah terus menggalakkan transaksi secara nontunai melalui uang elektronik. Ada dua jenis uang elektronik yang beredar di masyarakat, yakni secara virtual melalui aplikasi dan fisik dalam bentuk kartu uang elektronik. Untuk kartu uang elektronik ini, salah satu penerbitnya adalah Bank Negara Indonesia (BNI) melalui produknya BNI TapCash.

Di sisi lain, Jenius sebagai aplikasi perbankan digital milik BTPN yang tidak memiliki produk kartu elektronik melihat peluang tersebut. Mereka berkolaborasi dengan BNI menghadirkan layanan top up BNI TapCash melalui aplikasi Jenius.

Berkat kerja sama tersebut, pengguna Jenius yang sebagian besar adalah digital savvy dapat menggunakan layanan ini melalui perangkat smartphone Android yang dilengkapi dengan fitur NFC (Near-Field Communication). Selain itu, kolaborasi ini juga pemperkenalkan Kartu BNI TapCash Edisi Jenius dengan desain dan karakter unik khas Jenius.

Kolaborasi Jenius dan BNI TapCash

Jenius BNI TapCashIrwan S. Tisnabudi Digital Banking Head Bank BTPN mengatakan Jenius percaya kolaborasi seperti dengan BNI TapCash ini dibutuhkan untuk menghadirkan layanan finansial yang lengkap dan relevan. Serta membantu pengguna lebih mudah bertransaksi secara nontunai dengan uang elektronik.

“Kolaborasi ini juga bertujuan untuk mendukung gerakan pembayaran nontunai (cashless) yang tengah digalakkan oleh pemerintah dan Bank Indonesia. Terlebih di masa saat ini, peran pembayaran digital maupun nontunai sangat penting dalam upaya meminimalisir kontak fisik saat bertransaksi,” kata Irwan S. Tisnabudi Digital Banking Head Bank BTPN, dalam konferensi pers daring di Jakarta (24/9).

Kerja sama tersebut juga tak lepas dari perubahan perilaku finansial pada masyarakat digital savvy selama pandemi ini. Ada lima fitur yang paling sering digunakan menjadi Send It ke bank lain, Kartu Debit Utama (m-Card), Flexi Saver, Top Up e-Wallet, dan Send It antar akun Jenius. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna mengandalkan lebih sering menabung di saat pandemi ini, memanfaatkan transaksi digital, dan mulai beralih ke metoda pembayaran nontunai.

Sementara itu Sri Indira, Pemimpin Divisi E-Banking BNI mengungkapkan jumlah pengguna BNI TapCash terus meningkat dari tahun ke tahun. “Hingga Agustus 2020, jumlah pengguna TapCash terus meningkat 23% dibandingkan Agustus tahun lalu. Sudah tersebar hampir mencapai 8 juta Kartu TapCash di seluruh Indonesia diiringi dengan peningkatan volume transaksi hingga 3% atau hampir mencapai Rp 750 Milyar,” ujar Indira.

Salah satu kelebihan dari kartu uang elektronik seperti BNI TapCash adalah masyarakat tidak perlu membuka rekening tabungan atau mendaftar menjadi nasabah suatu bank untuk mendapatkannya. Masyarakat cukup membeli kartunya dan melakukan isi ulang di channel yang disediakan.

Cara Top Up Saldo BNI TapCash dari Jenis

topup BNI TapCash JeniusPengguna dapat melakukan top up kartu BNI TapCash melalui fitur e-Wallet Center pada aplikasi Jenius. Sebelum menempelkan kartu BNI TapCash, pengguna perlu mengaktifkan NFC di smartphone sesuai dengan area NFC. Biasanya untuk mengatifkan menu NFC berada di status bar atau di menu Settings. Jika tidak ada, kemungkinan smartphone Android kamu belum mendukung NFC. Sebagai catatan, iPhone meski sudah mendukung NFC masih belum bisa memanfaatkan fitur ini.

Jika fitur NFC di smartphone Android sudah aktif, lakukan langkah berikut:

  • Pertama, login pada aplikasi Jenius
  • Lalu pilih e-Wallet Center
  • Lanjutkan Top Up dengan memilih TapCash
  •  Kemudian pilih Top Up dengan memasukkan atau menentukan jumlah uang, pilih Lanjut, lalu pilih Top Up, setelah itu saldo BNI TapCash berhasil bertambah.

Pengguna dapat melakukan top up mulai dari Rp10.000 hingga Rp1.500.000. Sesuai ketentuan regulasi , batas maksimum saldo uang elektronik berbasis kartu adalah sebesar Rp 2 juta.

Kartu BNI TapCash dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant seperti Commuterline, TransJakarta, MRT, LRT, Railink, Kapal Penyeberangan, pembayaran tol dan parkir, hingga transaksi di berbagai toko retail seperti mini market, serta restoran, dan masih banyak lagi.

“Semoga kolaborasi Jenius dengan BNI TapCash ini dapat diterima dengan baik dan membantu aktivitas masyarakat digital savvy dalam bertransaksi secara nontunai. Bersama-sama kami percaya kolaborasi ini dapat mendukung terbentuknya ekosistem ekonomi digital yang lebih baik lagi di Indonesia,” tutup Irwan.