alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Digitalisasi 250 Ribu UMKM, Gerakan Toko Bersama Gandeng Youtap

Salah satu inisiatif yang bisa bantu pemulihan ekonomi lebih cepat, adalah dengan melindungi dan membangun UMKM. Karena dari keseluruhan unit usaha yang ada di Indonesia, 99,99% di antaranya adalah UMKM. Untuk membantu kebangkitan ekonomi terutama dengan UMKM, Youtap Indonesia berkolaborasi dengan partner dalam percepat transformasi digital.

Partner atau rekanan tersebut adalah dengan Gerakan Toko BERSAMA (BERsih, SehAt, MAju), yang di dalamnya terdiri dari Coca-Cola, Belfoods dan Bintang Toedjoe. Gerakan Toko Bersama adalah program yang didukung langsung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Diluncurkan sejak Juni lalu untuk berdayakan para pelaku UMKM supaya bisa dapat bertahan di masa kritis.

Pelatihan dan akses pendukung usaha juga diberikan kepada pemiliki toko maupun warung tradisional, agar selain dapat bertahan, mereka bisa berkembang setelahnya. Untuk persiapkan masa normal baru, upaya dari Gerakan Toko Bersama diawali dengan sosialisasi penerapan protokol operasional toko yang sehat dan aman, lewat berbagai media.

Baca juga: Youtap Berikan Solusi untuk Pelaku Usaha Lewat Riset Berkelanjutan

GTB Percaya Butuh Kolaborasi Untuk Sukseskan UMKM

Joko Wiyono, Managing Director QASA, selaku Mitra Pelaksana dari GTB menyatakan bila fokus dari Gerakan Toko Bersama saat ini adalah untuk mengedukasi seputar operasional toko yang sehat dan aman, bisa diimplementasikan oleh para pelaku UMKM retail. Setelah itu, baru dimulai edukasi mengenai tata Kelola keuangan, persediaan (inventory) sampai digitalisasi toko.

“Kami melihat tren digital di UMKM memang meningkat,” ujar Triyono Prijosoesilo, Public Affair and Communication Director, Coca-Cola Indonesia dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (14/12). “Namun demikian, proses adopsinya akan membutuhkan sinergi dari banyak pihak, termasuk pemerintah dan sektor swasta.”

Karena itulah, para partner yang tergabung dalam Gerakan Toko Bersama menyambut baik upaya kerjasama dengan Youtap, yang dinilai memiliki solusi untuk pemberdayaan UMKM retail. Sebagai kolaborator, Youtap bakal membantu mendigitalisasi pelaku UMKM. Dan sampai saat ini, sudah lebih dari 100 ribu pelaku usaha yang sudah bergabung dari berbagai daerah di Tanah Air.

Jumlah tersebut sudah meningkat 25% dalam sebulan terakhir. Dan dengan jumlah UMKM yang dimiliki oleh Youtap saat ini, ditargetkan pertumbuhan 100 ribu merchant dari partner Gerakan Toko Bersama di seluruh Indonesia. agar lebih banyak lagi UMKM retail yang bisa mendapatkan manfaat ketika usahanya sudah go digital.

Youtap Indonesia Berikan Tiga Poin Edukasi Utama

Youtap

Herman Suharto, Chief Executive Officer Youtap Indonesia mengatakan, “Kolaborasi secara tepat akan mempercepat usaha dalam membangkitkan UMKM Indonesia. karena itulah, kami menyambut baik ajakan kolaborasi dalam Gerakan Toko Bersama, yang tentunya sejalan dengan visi Youtap untuk membangun Indonesia lewat UMKM Go Digital.”

Edukasi yang diberikan oleh Youtap bakal mencakup tiga hal. Yaitu penggunaan transaksi non-tunai (baik untuk transaksi daring dan luring), keuntungan memiliki analisa keuangan demi kemajuan usaha, dan peningkatan loyalitas pelanggan. Menurut Youtap, manajemen keuangan yang matang menjadi salah satu kendala yang dihadapi pelaku UMKM.

Selain dengan Gerakan Toko Bersama, Youtap juga telah bekerja sama dengan Dinas UMKM Kota Bandung, Medan dan Garut untuk berikan edukasi terhadap UMKM binaan dan khalayak umum, melalui webinar yang ditayangkan di media sosial. “Kebangkitan UMKM akan memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat pada umumnya, karena UMKM adalah kunci pemulihan ekonomi Indonesia,” tutup Herman.

Tinggalkan komen