Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Dampingi Pengguna Berbisnis, Jenius Rilis Layanan Baru & Aplikasi Bisniskit

1 66

Kalau Gizmo friends termasuk dalam salah satu masyarakat melek digital (digital savvy) yang menggunakan Jenius, pasti sudah mengetahui kalau ada fitur baru pada aplikasi yang kita akses dari smartphone. Fitur akun Bisnis dan Jenius Bisniskit tersebut hadir untuk membantu masyarakat yang ingin memulai dan mengembangkan bisnis, agar tak perlu repot membuka rekening baru.

Hadir untuk memberikan solusi life finance, Jenius resmikan dua layanan terbarunya, yaitu akun bisnis Jenius serta Jenius Bisniskit (16/9). Layanan baru ini bisa dimanfaatkan oleh pelanggan Jenius sebagai partner dalam mengatur keuangan bisnis, sekaligus mengelolanya agar mereka dapat lebih fokus mengembangkan potensi bisnis, untuk pertumbuhan yang cepat.

Lewat sebuah konferensi virtual, Waasi Sumintardja, Digital Banking Business Product Head BTPN juga menjelaskan faktor dibalik adanya layanan baru tersebut. Jenius terus mendapatkan ide, masukan serta insight dari para digital savvy, termasuk lewat program kokreasi yang rutin diadakan. Dari proses tersebut, mereka menemukan adanya aspirasi untuk memulai atau mengembangkan bisnis.

Baca juga: Empat Tahun Dirilis, Jenius Capai 2,7 Juta Pengguna

Akun Bisnis Jenius Bisa Diakses Langsung dari Aplikasi

Waasi B. Sumintardja, akun bisnis Jenius
Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN dalam peluncuran Jenius untuk Bisnis (16/9).

“Maka dari itu, selain untuk kebutuhan personal, kini Jenius juga hadir untuk kebutuhan bisnis sehingga digital savvy dapat dengan mudah mengelola kebutuhan pribadi dan bisnis,” jelas Waasi. Layanan ini tersedia secara otomatis di aplikasi Jenius, dan pengguna tak perlu melakukan verifikasi ulang atau ke bank untuk aktivasi akun bisnis Jenius.

Cara akses dan membuatnya pun cukup mudah. Cukup cari menu Bisnis di tampilan depan atas kini aplikasi Jenius, izinkan dan aktifkan akun Bisnis, lalu masukan kode $cashtag baru. Setelah memasukkan password, maka akun bisnis Jenius sudah aktif dan bisa langsung digunakan. Fiturnya sendiri kurang lebih sama dengan akun personal.

Bisa kirim uang lewat menu Send It, catat dan telusuri histori transaksi dengan menu In & Out, menu m-Card dan lainnya. Selain $cashtag yang terpisah, juga diberikan nomor rekening baru untuk kirim dan terima uang, serta Jenius Contacts yang berfungsi menyimpan nomor telepon serta email untuk keperluan bisnis.

Jenius Bisniskit Bisa Kelola Toko & Kasir

Bisniskit by Jenius

Selain hadirkan akun bisnis, Jenius juga perkenalkan aplikasi pendukung terpisah yang dapat membantu pengembangan bisnis, yaitu Bisniskit. Aplikasi bebas biaya ini dihadirkan agar pengelolaan bisnis bisa lebih simpel. Ada dua menu utama di dalamnya, Toko dan Kasir. Toko menyediakan informasi terkini lewat tampilan Dashboard, serta Produk untuk mencatatan dan stok barang yang dimiliki.

Pengguna juga bisa melihat histori, mencatat dan membuat jadwal pengeluaran, menyimpan data pelanggan, dan memberikan akses kepada karyawan. Sementara menu Kasir berikan akses mesin kasir sederhana dengan berbagai sumber atau metode pembayaran; uang tunai, kartu debit, kartu kredit atau langsung ke akun bisnis Jenius.

Mesin kasir sederhana ini bisa dihubungkan langsung ke mesin cetak (printer) untuk cetak struk, atau mengirimkannya dalam bentuk digital berformat PDF. Aplikasi Bisniskit sendiri sudah dapat diunduh baik di Google Play Store maupun App Store.

“Melalui Jenius untuk Bisnis, kami berharap dapat membantu masyarakat digital savvy untuk memulai dan mengelola bisnis, terlebih dalam kondisi saat ini. Kami sangat terbuka terhadap ide dan masukan dari digital savvy, sehingga kita dapat mengembangkan fitur-fitur inovatif lainnya yang relevan dengan kebutuhan pelaku bisnis di Tanah Air,” tutup Waasi.