Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Dompet Dhuafa Gandeng DANA, Permudah Pembayaran Kurban Digital

0 47

Beberapa saat lagi, sudah tiba masanya bagi umat Islam untuk merayakan Idul Adha. Tradisi yang umumnya dilakukan ketika menjelang Idul Adha adalah dengan berkurban. Seperti halnya dengan zakat, melakukan ibadah kurban juga mengandung nilai-nilai kemanusiaan. Sekali dalam setahun, berkurban juga miliki dampak ekonomi yang besar, selain bagi penerima kurban juga kepada peternak dan pedagang hewan kurban.

Terutama dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, dimana banyak sekali pedagang di luar sana yang terdampak terutama dalam sektor ekonomi. Kurban digital dapat menjadi alternatif yang baik, terutama di masa pandemi yang menjadi tantangan tersendiri untuk umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah kurban. Demi mencegah persebaran virus, masjid dan mushala tidak menerima atau melakukan pemotongan hewan kurban.

Lebih tepatnya, tidak semua yang sesuai dengan standar protokol penyembelihan dan pemotohan hewan kurban di masa pandemi Covid-19. Supaya ibadah dapat tetap terlaksana, dompet digital DANA berikan solusi mudah tentunya memanfaatkan teknologi bahkan bisa diakses dari smartphone. Kerjasama ini diselaraskan juga oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing UMKM, DANA dan Dua Kementerian Gelar Roadshow Digital di NTB

Kurban Digital, Solusi Ibadah di Masa Pandemi

Menurut Vincent Iswara, CEO dan salah satu pendiri DANA, melakukan kurban secara digital melalui penyelenggara kurban digital yang kredinbel bisa menjadi salah satu solusi. MUI juga sudah menegaskan jika penyembelihan hewan kurban boleh diwakilkan, sehingga yang berkurban tidak harus secara langsung menyaksikan proses kurban.

“Dalam rangka semakin memudahkan masyarakat, dompet digital Dana telah bersinergi dengan Dompet Dhuafa menghadirkan layanan kurban digital yang aman, efisien dan tepercaya,” jelas Vincent dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (29/7). “DANA menjadi mitra pembayaran digital Dompet Dhuafa untuk layanan kurban secara online (daring).”

Vincent menambahkan, pelaksanaan ibadah kurban yang terintegrasi secara digital tak hanya lebih aman, efektif dan efisien. Cara tersebut juga dapat menjadi solusi mencegah penyegaran virus. Selain menawarkan kemudahan dan keamanan, kurban digital yang diselenggarakan oleh hasil kerjsasama Dompet Dhuafa beserta DANA ini juga miliki keunggulan yang menarik.

Keunggulan Kurban Digital, Dapat Dilaksanan dengan Mudah

kurban digital lewat dompet dhuafa

Beberapa keunggulannya adalah jaminan hewan kurban yang berkualitas, laporan yang transparan, distribusi ke wilayah yang benar-benar membutuhkan serta memberdayakan peternak lokal. “Dompet Dhuafa akan memastikan semua proses, mulai dari pemilihan hewat kurban, pembelian, penyembelihan sampai distribusi sesuai dengan syariat Islam,” tambah Vincent.

Jika Gizmo friends ingin melaksanakan kurban digital, caranya pun sangat mudah. Fitur ini tersedia melalui situs web maupun aplikasi Dompet Dhuafa. Setelah akses halaman utama, akan terdapat tombol untuk akses halaman donasi kurban (atau dengan klik tautan berikut ini), tentukan pilihan kurban yang sesuai, lalu pilih metode pembayaran online dan klik tombol DANA untuk melakukan pembayaran. Setelah proses selesai, dapat mengklik tombol “Konfirmasi Kurban”, dan proses kurban secara digital telah selesai dilakukan.