Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tingkatkan Daya Saing UMKM, DANA dan Dua Kementerian Gelar Roadshow Digital di NTB

0 752

Berbagai cara dilakukan agar kondisi ekonomi di Indonesia cepat tumbuh dan kembali pulih, akibat terkena dampak pandemi wabah Covid-19 yang berlangsung beberapa bulan ini. Baik pihak swasta maupun pemerintah berusaha agar UMKM di Indonesia dapat beradaptasi di masa sulit seperti sekarang ini. Juga agar bisa lebih bersaing dalam era digital, dimana penjualan maupun transaksi dilakukan secara daring.

Salah satunya adalah gelaran roadshow digital yang diadakan oleh Kementerian Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Kemenko Marves), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) serta Dompet Digital Indonesia, DANA. Diadakan secara daring di Nusa Tenggara Barat kemarin (9/7), tiga pihak tersebut bersama-sama gelar program Roadshow Digital yang akan diselenggarakan di enam provinsi di Indonesia.

Keenam provinsi tersebut yaitu Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali, Sulawesi Utara, Sumatera Utara dan Jawa Tengah. Menjadi bagian dari Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia, Gelaran Roadshow Digital ini ditujukan untuk menumbuhkan rasa bangga, serta kuatkan preferensi terhadap produk lokal di kalangan konsumen Indonesia.

Baca juga: KemenKopUKM Gandeng Lazada, Percepat UMKM Masuk Pasar Online

Dorong UMKM Indonesia Untuk Go Digital

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan,
Menko Kemaritiman & Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan dalam roadshow digital Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia

Dengan menyinergikan ekosistem ekonomi digital dari pemerintah, penyedia teknologi, pelaku industri dan masyarakat digital, diharapkan Gerakan #BanggaBuatanIndonesia dapat menjadi solusi efektif untuk membantu UMKM jawab tantangan bertransformasi digital. Mulai dari pemasaran digital, branding, pengelolaan media sosial, pengemasan produk sampai akses promosi yang adaptif terhadap dinamika baru.

Acara turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan. Ia mengatakan, pandemi Covid-19 telah perlambat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Luhut berharap, lewat roadshow digital ini, kerjasama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pihak swasta akan semakin erat untuk perkuat ekosistem ekonomi digital.

“Peran pemerintah dalam gerakan ini adalah sebagai daya ungkit perekonomian nasional. Adapun perlibatan UMKM adalah untuk membuka lapangan kerja. Pemerintah juga melibatkan pengembang teknologi digital sebagai enabler untuk gerakan nasional ini,” tambah Luhut. Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki mengatakan jika UMKM harus dapat segera Go Digital agar mampu bertahan di masa pandemi.

Bagi Teten, UMKM berlaku sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia, sehingga solusi transformasi digital ini membuat UMKM mampu menjadi penopang pemulihan ekonomi nasional. “Saat ini, baru 13% atau sekitar 8 juta pelaku UMKM di Indonesia yang telah gunakan fasilitas pasar digital, padahal 90% masyarakat telah beralih ke pasar digital,” tambahnya.

Terkait dengan tuntutan UMKM agar beradaptasi dengan dinamika baru, Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. H Zulkieflimansyah berikan pemaparan pentingnya transformasi digital untuk pelaku UMKM adar dapat perluas cakupan pasar. Menurutnya, sistem digital adalah salah satu cara untuk kembangkan usaha secara efektif saat ini.

Ia menambahnya, pemprov NTB telah berikan upaya strategis untuk kembangkan dan gairahkan kembali pemasaran produk-produk IKM/UMKM di masa pandemi. Caranya dengan merangkul dalam penyediaan produk di Jaring Pengaman Sosial. Lewat program JPS Gemilang yang diadakan dalam tiga tahap tersebut, pada tahap ketiga, pemprov NTB sudah libatkan lebih dari 3.000 IKM/UMKM.

DANA Terus Dukung Usaha Digitalisasi UMKM Indonesia

Vincent Iswara, CEO dan Co-Founder DANA

Tentunya hadir CEO dan co-founder DANA, Vincent Iswara, untuk menerangkan metode pembayaran digital yang bisa dimanfaatkan oleh para UMKM. Vincent menyampaikan rasa kebanggaannya telah dipercaya melaksanakan roadshow digital #BanggaBuatanIndonesia. Ini adalah langkah nyata bagi DANA untuk mendigitalisasi UMKM Indonesia, sebagai solusi pemulihan ekonomi di Indonesia.

Bagi DANA, Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia memiliki makna luas. Selain untuk tingkatkan transaksi produk-produk asli Indonesia di ranah digital, juga menjadi peluang bagi seluruh pelaku UMKM di Indonesia untuk bertransformasi dan tingkatkan kompetisi masing-masing. DANA akan terus menjadi sahabat UMKM lewat teknologi yang semakin inklusif, menjadi karya asli Indonesia untuk peningkatan daya saing bangsa.