Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Pencairan Insentif Program Kartu Prakerja Bisa Lewat DANA, Berikut Caranya

1 1.267

Hadir sebagai salah satu metode untuk tingkatkan kemampuan individu masyarakat terutama dalam masa pandemi, Kartu Prakerja 2020 cukup diminati oleh masyarakat. Program ini memiliki tujuan utama untuk kurangi angka pengangguran di Tanah Air. Berbagai pihak telah bekerja sama untuk permudah pencairan insentif, termasuk dompet digital DANA.

Informasi ini sebenarnya sudah diumumkan sejak Agustus lalu, dimana Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menunjuk DANA sebagai mitra resmi mereka. Penandatanganan kedua belah pihak diselesaikan 19 Agustus 2020, supaya program tersebut menjadi tepat guna melalui pendekatan digital, demi SDM yang unggul dan Indonesia maju.

Lepas peresmian kerja sama dari kedua belah pihak, mulai bulan Desember 2020 ini, dompet digital dana bakal siap mengakomodir pencairan dana insentif Kartu Prakerja, oleh para peserta yang sudah tuntaskan pelatihan peningkatan kompetensi. Berbekal teknologi dan pemanfaatan beragam saluran komunikasi, DANA berupaya edukasi masyarakat agar mudahkan mereka dalam lakukan pencairan dana insentif.

Baca juga: DANA Jadi Mitra Pembayaran Program Kartu Prakerja

Menjadi Komitmen DANA, Proses Pencairan Insentif Cukup Mudah

DANA - kartu prakerja

Vince Iswara, CEO dan co-founder DANA menyebutkan bila Kartu Prakerja hadir untuk mendorong kompetensi dan daya saing, sekaligus produktivitas masyarakat untuk hadapi tantangan. Tak hanya di masa pandemi, tetapi juga di era digital. “Sebagai perusahaan rintisan asli Indonesia yang berbasis teknologi finansial, DANA sangat mendukung dan senang bisa berpartisipasi sebagai mitra penyalur dana insentif Kartu Prakerja.”

Lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi (10/12) Vince menambahkan bila pihaknya berkomitmen tinggi dan menjawab kepercayaan pemerintah dengan hadirkan teknologi yang mudah diakses dan digunakan. Mulai bulan ini, DANA bakalan bisa digunakan oleh peserta program Kartu Prakerja.

Selain mencairkan dana insentif, lewat aplikasi DANA, perserta program Kartu Prakerja bisa manfaatkan fitur lainnya. seperti cek insentif di Riwayat Transaksi dengan nama Top Up Agent. Juga bisa mentransfer langsung insentif yang diterima ke bank lainnya bebas biaya. Saldo DANA juga bisa digunakan untuk beragam jenis transaksi.

Cara penggunaannya pun mudah. Peserta Kartu Prakerja bisa masuk langsung ke laman resmi Kartu Prakerja yang ada di aplikasi DANA, lalu pilih opsi untuk sambung rekening. Selanjutnya, pilih dan ketuk DANA untuk disambungkan. Tinggal konfirmasi nomor ponsel dan PIN, kemudian insentif akan dikirimkan setelah peserta selesaikan program.

Pencairan Insentif Kartu Prakerja Dijamin Aman & Real-time

Kartu Prakerja

DANA berhasil menjamin bila proses pencairan dana insentif berjalan lancar dan tepat waktu, memberlakukan prosedur internal yang ketat dalam pendistribusiannya. Seperti melakukan verifikasi dan penyamaan data penerima program yang terdaftar di DANA dengan yang terdaftar di pemerintah.

Dengan adanya pencocokan data yang terintegrasi antara sistem DANA dan Sistem Prakerja, data yang dihasilkan sangat akurat. Bila ditemukan ada ketidakcocokan data, maka proses tidak akan dilakukan ke pengguna DANA. Prosesnya juga dijamin dapat dilakukan secara realtime, dan pengguna akan mendapat notifikasi saat berhasil lolos tahap verifikasi hingga penerimaan dana.

“DANA memiliki fitur yang dilengkapi dengan sistem keamanan solid, serta Data Center dan Data Recovery Center (DRC) yang dibangun di Indonesia. DANA juga telah bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, yang berguna untuk melakukan verifikasi penerima insentif sekaligus mencegah penyalahgunaan data,” tutup Vince.