alexa

Sudah Punya Siminvest, Sinarmas Sekuritas “Cerai” dengan Aplikasi Saham Stockbit

Jakarta, Gizmologi – Diluncurkannya aplikasi SimInvest oleh Sinarmas Sekuritas ternyata memberi dampak signifikan bagi pihak lainnya. Adalah Stockbit, platform saham berbasis komunitas media sosial yang selama ini mengandalkan Sinarmas Sekuritas untuk layanan investasi saham. Karena Sinarmas Sekuritas sudah punya aplikasi sendiri, maka disarankan pengguna Stockbit Migrasi ke SimInvest.

Pada akhir Juli 2021 yang lalu, Sinarmas Sekuritas resmi meluncurkan aplikasi investasi SimInvest. Bahkan sampai menggandeng Hyun Bin sebagai brand ambassador untuk menggandeng milenial dan penggemar drakor. Setelah memiliki aplikasi tersebut, Sinarmas Sekuritas mengakhiri hubungannya dengan Stockbit.

Sehubungan dengan berakhirnya kerjasama Stockbit dan Sinarmas Sekuritas, terhitung sejak tanggal 9 Agustus 2021, nasabah Sinarmas Sekuritas tidak dapat lagi melakukan transaksi melalui aplikasi Stockbit.

Baca juga: Pikat Milenial & Penggemar Drakor, Aplikasi Investasi SimInvest Gandeng Hyun Bin

Pengguna Stockbit Disarankan Migrasi ke SimInvest

aplikasi SimInvest Hyun BinKarena tidak ada pilihan, maka disarankan pengguna Stockbit untuk migrasi ke SimInvest jika ingin membeli saham. Transaksi selanjutnya dapat dilakukan oleh nasabah Sinarmas Sekuritas melalui aplikasi SimInvest. Transisi ini diharapkan dapat berjalan mulus sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengguna dalam bertransaksi.

“Dengan adanya aplikasi ini, kami mengimbau para pengguna Stockbit yang memiliki account Sinarmas Sekuritas untuk dapat bertransaksi melalui aplikasi ini. Walaupun kerjasama antara Stockbit dan Sinarmas Sekuritas berakhir, hal ini tidak mengurangi dukungan kami kepada Sinarmas Sekuritas untuk terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia,” kata Wellson Lo, Direktur Stockbit, dalam siaran pers yang diterima Gizmologi (6/8).

Sementara itu Kerry Rusli, Direktur PT Sinarmas Sekuritas, antusias melihat kesadaran generasi muda yang terus meningkat dalam berinvestasi.

“Karena itulah, aplikasi SimInvest ini hadir untuk melayani investor ritel, khususnya investor muda, dengan lebih baik lagi. Lewat aplikasi ini, nasabah Sinarmas Sekuritas bisa lebih mudah mendaftar, berinvestasi di saham dan reksadana, melakukan order, memantau history dan portofolio serta mengatur watchlist mereka. Untuk itu, kami mengajak para nasabah Sinarmas Sekuritas untuk bertransaksi melalui aplikasi SimInvest,” kata Kerry.

Bagaimana Cara Pengguna Stockbit Migrasi ke SimInvest?

aplikasi SimInvestPengguna Stockbit migrasi ke SimInvest dapat menggunakan username, password dan PIN yang sama tanpa perlu membuka rekening Efek maupun mengisi formulir lainnya. Dengan pengguna Stockbit migrasi ke SimInvest hanya cara aksesnya yang berubah, sedangkan Rekening Dana Nasabah (RDN) dan Portofolio saham di akun Sinarmas Sekuritas Kamu pastinya tetap aman dan tidak berubah.

Berikut cara untuk Login ke akun trading sinarmas Kamu melalui aplikasi SimInvest:

  1. Unduh, aplikasi SimInvest di Playstore ataupun App Store
  2. Jalan aplikasi SimInvest, kemudina klik “Mulai Sekarang”
  3. Masukkan Nomor Ponsel, kemudian “klik selanjutnya”, kemudian verifikasi nomor dengan masukkan kode OTP yang dikirimkan oleh pihak Sinarmas melalui “SMS” ke nomor handphone
  4. Setup PIN SimInvest. Pin ini akan digunakan untuk login ke aplikasi SimInvest. (Pin ini boleh berbeda dengan Pin Trading)
  5. Pilih tipe portofolio yang sesuai dengan profil risiko
  6. Maka, pengguna akan masuk ke homepage SimInvest, kemudian klik tombol Daftar/Masuk
  7. Silakan masukkan Username, Password, dan PIN Trading yang sama seperti yang biasa digunakan untuk login akun trading sinarmas melalui aplikasi Stockbit, kemudian Klik Masuk

Reaksi Pengguna Stockbit

Ilustrasi reksa dana investasi trading saham aplikasi SimInvest
Ilustrasi investasi (Foto: 123rf/solarseven)

Sebagian besar pengguna Stockbit mengungkapkan kekecewaan tersebut. Karena merasa sudah nyaman dengan penggunanya. “Meratapi percerian Stockbit dan Sinarmas,” tulis akun bernama ArieWibowoK

“Habis manis sepah dibuang. Pemberitahuannya terkesan dadakan, jadinya Stockbit Pro lifetime cuma bisa sampai akhir tahun juga. Semoga mendapat partner sekuritas yang lebih baik ya Stockbit,” kata pengguna bernama Risnanda.

“Atau mungkin Stockbit bisa mempertimbangkan buka sekuritas sendiri, lebih bagus menurut saya. Saya cukup kaget hari ini dapat email pemberitahuan tentang migrasi ke siminvest dan tidak dapat mneggunakan Stockbit untuk transaksi Sinarmas Sekuritas lagi per 9 Agustus,” tulis Jungrs.

“Berusaha menerima apapun keputusannya. Biarpun saat coba pakai Siminvest, transaksi bellum bisa secepat pakai Stockbit. Ada delay waktu untuk loading. Semoga ke depannya diperbaiki, agar senyaman melalui Stockbit,” kata Koko Giovanni.

Platform investasi Stockbit sendiri bermulai tahun 2015 dari sebuah jejaring sosial bagi investor pemula untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan antara investor ritel dan investor institusi di Indonesia. Platform ini bertujuan untuk memberdayakan investor ritel dengan menyediakan berita, informasi, dan analisa yang dapat membantu membuat keputusan investasi yang lebih baik.

Sekarang, lebih dari 500.000 investor telah bergabung dengan jaringan sosial Stockbit, menjadikannya forum sosial investor saham terbesar di Indonesia. Komunitas yang kuat pada akhirnya menjadi dasar pembuatan aplikasi investasi saham online Stockbit.

Melalui platform online, pengguna dapat berdiskusi, menganalisis, dan berdagang saham dengan ribuan pedagang dan investor. Pada tahun 2019, Stockbit mengakuisisi aplikasi platform reksadana Bibit, dan kemudian melengkapi fitur Bibit dengan robo advisor berbasis AI untuk membantu investor pemula.

Tinggalkan komen