Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Twitter Uji Fitur Baru, Beri Batasan Akun Dalam Membalas Twit

0 1.812

Terkadang, obrolan paling seru bisa datang dari Twitter. Topiknya macam-macam, mulai dari hobi, pekerjaan, sampai yang nggak kalah banyak adalah ngobrolin politik. Satu akun (pengguna) dengan akun lainnya bisa memanfaatkan fitur conversation dengan membalas (reply) twit satu sama lain, membentuk sebuah utas (thread) bersambung yang nyaman dibaca oleh pengguna lainnya.

Namun terkadang ada mention dari pengguna lain yang bisa mengganggu jalannya sebuah utas obrolan. Akun anonim yang hobi nyamber dengan konten tweet nggak jelas, atau video musik yang tidak terkait dengan isi obrolan sama sekali.

Mulai tahun lalu, Twitter sudah mencoba mengatasi masalah ini dengan opsi untuk menyembunyikan balasan tweet tertentu. Kali ini, mereka uji fitur baru untuk kendalikan siapa saja yang bisa hadir dalam obrolan.
Baca juga: Twitter Luncurkan “Event Page” Covid-19 di Indonesia

Pegang Kendali Lebih dengan Limitasi Balasan Twit

fitur baru twitter berikan batasan balasan tweet

Ketika sedang membuat awal twit, pengguna akan diberikan opsi baru yang terletak di bawah kolom pengisian teks. Opsi tersebut memungkinkan kamu untuk memilih siapa saja yang dapat membalas. Terdapat tiga pilihan; semuanya, akun yang pengguna ikuti (follow), atau akun yang di-mention dalam twit tersebut. Kalau opsi paling akhir dipilih dan tak ada akun lain yang di-mention, otomatis tweet tersebut tidak bisa ada yang bisa membalas sama sekali. Alias cocok untuk kamu yang memang ingin fokus membuat sebuah utas.

Akun lain masih dapat melihat twit tersebut, termasuk memberikan komentar melalui retweet, like dan lainnya. Hanya saja tombol reply akan menjadi abu-abu alias tidak bisa dipilih. Saat ini, fitur baru ini baru digelontorkan ke sejumlah akun secara global, tersedia untuk perangkat iOS, Android dan melalui situs resmi.

Di akun yang saya pegang sendiri, baru akun pribadi saja yang sudah mendapatkan fitur ini. Itupun hanya tersedia di Android, belum ada di iOS. Tentunya fitur ini bakal tersedia untuk seluruh pengguna ketika proses implementasinya sudah final. Twitter memberikan contoh penggunaan fitur ini, seperti untuk menentukan dua makanan terbaik, atau main game seperti tic-tac-toe lewat twit(cukup unik juga ya sarannya).

Twitter Bebaskan Karyawan Bekerja Dari Rumah

Sebelumnya, Twitter juga gulirkan tampilan baru yang mudahkan pengguna melihat obrolan tweet antar pengguna dengan petunjuk garis tersambung. Selain itu, mulai hari ini opsi fitur untuk melihat siapa saja yang sudah me-retweet dengan komentar bisa diakses oleh pengguna Android, setelah permulaan untuk pengguna iOS saja.

Semua ini dibuat agar pengguna Twitter bisa berkicau dan memantau kicauan sesama pengguna agar lebih nyaman. Tak hanya untuk pengguna, karyawan Twitter pun dipersilahkan untuk bekerja dari rumah sampai kapanpun sesuai keinginan, melalui tagar #LoveWhereverYouWork. Kantor pusat Twitter akan ditutup hingga bulan September, namun keputusan karyawan untuk kembali bekerja di kantor sepenuhnya diberikan pada mereka masing-masing.