Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Fitur Tanya Aplikasi Kelas Pintar Bikin Siswa Anti Bingung Selepas Belajar di Sekolah

Siswa bertanya, guru online menjawab.

Selama ini mungkin les atau kursus bimbingan belajar jadi salah satu cara para orang tua agar anaknya tambah pintar di luar jam sekolah. Dengan kecanggihan teknologi yang ada, kini adalah solusi alternatif yang ditawarkan lewat fitur Tanya di aplikasi Kelas Pintar.

Sesuai namanya, fitur Tanya memungkinkan para siswa sekolah untuk bertanya dan mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Hal ini bisa jadi jawaban bagi siswa yang kesulitan mencari tempat bertanya mengenai pelajaran yang sedang dipelajarinya di sekolah, terutama karena orang tua yang sibuk, guru les yang tidak ada setiap saat, dan melimpahnya informasi di internet yang justru akan membuatnya tambah bingung.

Seperti yang kita ketahui, proses belajar mengajar di sekolah akan menyisakan pertanyaan bagi sebagian siswa. Terutama bagi mereka yang terbilang pasif di kelasnya, sehingga enggan bertanya kepada guru yang mengajar.

Hal inilah yang menurut Fernando Ulffie, Country Manager PT Extramarks Education Indonesia menjadi latar belakang diciptakannya fitur Tanya sebagai solusi atas pertanyaan yang muncul pada saat siswa melakukan proses belajar di luar jam sekolah.

“Biasanya siswa itu kesulitan mencari tempat bertanya di luar jam sekolah. Inilah kenapa kami luncurkan fitur Tanya agar bisa jadi andalan mereka,” ujarnya ketika meluncurkan fitur tersebut di Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Related Posts
1 daripada 305

Tanpa Dipungut Biaya

Agar siswa bisa mendapatkan jawaban yang presisi sekaligus dapat dipertanggungjawabkan sesuai standar pendidikan yang berlaku, fitur Tanya melibatkan guru ahli di masing-masing bidang pendidikan yang dialokasikan secara khusus. Dengan begitu, akan ada kesinambungan antara pelajaran yang di sekolah dengan jawaban yang diberikan.

Tanya Kelas Pintar

Menurut Uffie, tenaga pengajar yang disediakan merupakan bagian dari tim akademik Kelas Pintar yang siap untuk menjawab segala pertanyaan siswa mulai dari kelas 1 hingga kelas 12. Untuk tingkat dan bidang pendidikan dikelola oleh guru-guru yang berbeda, disesuaikan dengan kompentensinya.

Untuk menggunakan fitur Tanya terbilang mudah, pengguna tinggal instal aplikasi kelaspintar yang akan tersedia di Google Play mulai 1 November 2019 dan segera hadir di Apple Store, kemudian memilih pelajaran yang ingin ditanyakan, dari Matematika, Fisika, Biologi, hingga PPKN. Setelah dipilih, nantinya akan muncul tampilan perintah untuk memfoto pertanyaan pada kertas yang bertuliskan pertanyaan dan diunggah.

Uffie menjanjikan jawaban akan diterima dalam waktu sekitar kurang lebih 15 menit. Namun, untuk tahap awal pertanyaan akan dilayani mulai pukul 18.00 hingga 21.00 di hari Senin sampai Jumat dan seluruh layanan tidak kenai biaya alias gratis.