Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Forwat Resmi Dibentuk, Wadah Para Jurnalis Teknologi Indonesia

0 7.592

Para jurnalis atau wartawan yang berkecimpung di industri teknologi, kini punya wadah bermama Forwat yang merupakan singkatan dari Forum Wartawan Teknologi. Forum komunitas ini ditujukan sebagai wadah bagi para wartawan teknologi, sekaligus menjembatani bagi para pelaku industri teknologi termasuk pemerintah.

Hal ini ditegaskan oleh Danang Arradian, Chairman Forwat yang mengatakan keanggotaan ini terbuka bagi jurnalis teknologi di seluruh media yang ada di Indonesia.  “Sesuai namanya, Forwat bertujuan untuk menjalin silaturahmi serta mempererat hubungan antar sesama wartawan teknologi. Ini merupakan organisasi jurnalis teknologi yang bersifat nirlaba dan swadaya,” ujar pria yang akrab dipanggil Cakdan ini, saat memperkenalkan Forwat di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta (10/03).

Lebih lanjut, ia menambahkan, Forwat diharapkan dapat menjadi jembatan para rekan jurnalis untuk meinginformasikan isu-isu teknologi kepada masyarakat. Sekaligus sebagai sarana networking antara jurnalis senior dan junior. Termasuk, misalnya, jika ada wartawan yang tidak bisa akses ke narasumber tertentu, organisasi ini bisa membantu. “Forwat ingin empowering para jurnalis teknologi. Intinya kita bikin fun tapi tetap berfaedah,” imbuh Danang.

Tentang Forwat

Forwat IndonesiaSebagaimana disinggung di atas, Forwat adalah organisasi jurnalis teknologi bersifat nirlaba dan swadaya yang keanggotaannya bersifat terbuka bagi wartawan dari seluruh media di Indonesia.

Berdasarkan materi presentasi yang disampaikan Danang, organisasi ini memiliki visi jurnalisme kuat dan kredibel yang menginformasikan dan melibatkan masyarakat dalam isu-isu teknologi. Sementara misinya adalah untuk memperkuat kualitas, jangkauan, dan kelayakan jurnalisme di seluruh media untuk pemahamana publik terhadap isu teknologi.

Organisasi wartawan teknologi ini memiliki sejumlah inisiatif. Di antaranya untuk edukasi mengenai isu-isu terbaru. Kemudian Melindungi kebebasan informasi dan isu terkait teknologi. Memperkuat silaturahmi antar sejawat dengan jaringan narasumber yang kredibel. Menjembatani antara jurnalis, industri, dan seluruh pihak terkait. Serta mendorong pemberdayaan melalui kemitraan kreatif dan strategis.

Ada sejumlah aktivitas yang akan digelar secara reguler. Seperti pertemuan atau silaturahmi, workshop atau training, mentoring, konferensi tahunan, dan Forwat Annual Awards. Cakdan juga mengungkapkan saat ini untuk proses legalitas masih dalam proses agar menjadi organisasi yang kredibel.

Diskusi Tren AI dan IoT di Indonesia

FORWAT diskusi AI IoTAjang pembentukan Forwat ini dikemas dalam bentuk talkshow dengan tema IoT dan AI di Indonesia. Tema ini dipilih karena dianggap relevan dengan tren yang berlangsung di industri teknologi. Acara ini dihadiri oleh empat narasumber utama yang masing-masing mewakili bidangnya masing-masing.

Para pembicaranya adalah Arief Teguh Hermawan, GM Fleet Management Telkomsel; Ekhel Chandra Wijaya, External Communication Senior Lead Tokopedia; Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia; dan Andi Faisa Achmad Kasubdit Standarisasi Teknologi Informasi, Ditjen SDPPI, Kemkominfo. Masing-masing memaparkan pandangan dan inovasi mereka di bidang IoT dan artificial intelligence. Selain itu, hadir pula para wartawan teknologi, hingga agensi PR dalam acara tersebut.
Baca juga: 10 Tren Teknologi 2020 : AI, IoT dan 5G Berkembang Pesat