Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Foto Render & Spesifikasi Terbaru Google Pixel 5, Gunakan Snapdragon 765G

0 662

Setelah berbulan-bulan tertunda perilisannya, Google telah meresmikan seri Pixel murah mereka, Google Pixel 4a dengan desain yang jauh lebih modern dari sebelumnya. Terutama dari segi layar, menggunakan desain punch-hole dimana seri kakaknya sendiri, Google Pixel 4 belum mengadopsi desain tersebut. Mengingat Pixel 4 miliki banyak sensor untuk face unlock.

Ketika meresmikan Pixel 4a, Google juga secara resmi mengumumkan bila pihaknya akan segera merilis dua seri lainnya, yaitu Pixel 5 serta Pixel 4a edisi 5G. Sepanjang tahun ini, rumor bermunculan bila Pixel 5 tidak akan memiliki spesifikasi rata kanan seperti generasi-generasi sebelumnya. Kini desain smartphone tersebut mulai bermunculan, diikuti dengan bocoran spesifikasinya.

Baca juga: Google Pixel 4a Resmi Dirilis, Versi 5G Menyusul dengan Pixel 5

Tampilan Google Pixel 5 Identik dengan Pixel 4a

Google Pixel 5

Foto render terbaru telah diunggah oleh OnLeaks, pembocor foto yang cukup ternama dengan track record cukup baik untuk smartphone-smartphone sebelumnya. Dari foto yang ia unggah, terlihat tidak ada perbedaan yang signifikan jika dibandingkan dengan Google Pixel 4a, kecuali di beberapa sisi. Kabarnya, dimensinya pun sama seperti Pixel 4a.

Google Pixel 5 bakal memiliki dimensi 144,7 x 70,4 x 8.1mm, dengan ketebalan 8,5 pada tonjolan kamera belakangnya. Di dekat kamera belakang, terlihat sebuah sensor sidik jari – ya, Google tidak lagi gunakan radar Soli untuk face unlock, namun kembali ke metode yang jauh lebih sederhana. Bahkan tidak menggunakan in-display fingerprint sensor.

Seperti seri flagship lainnya, Google Pixel 5 juga bakal tak memiliki audio jack 3,5mm. Selain itu, bodi belakangnya juga miliki tekstur khusus, dengan tombol power yang dibuat glossy seperti seri sebelumnya. Selain desain, Android Central juga telah mendapatkan beberapa bocoran informasi perihal spesifikasi yang bakal diusungnya.

Spesifikasi Google Pixel 5 Juga Cukup Sederhana

Google Pixel 5

Dari sumber yang mereka klaim telah mengetahui pengembangan smartphone ini, Pixel 5 bakal miliki kapasitas RAM 8GB dengan penyimpanan internal 128GB. Secara kapasitas memang meningkat dari Pixel 4, namun chipset yang digunakan ‘hanya’ Snapdragon 765G. Masih cukup powerful, memang, tetapi tentu tidak sekelas dengan seri 800 yang sebelumnya selalu digunakan.

Untuk panel layarnya sendiri, Google bakal gunakan panel jenis OLED dengan dukungan refresh rate 90Hz dan resolusi full HD+. Dimensinya sendiri 6 inci, namun dengan dimensi bodi yang sama seperti Pixel 4a yang miliki layar 5,8 inci. Artinya, bezel di keempat sisi layarnya bakal dirancang lebih tipis.

Sementara di sektor kamera, untuk pertama kalinya, Google akan gunakan kombinasi dua kamera berbeda; regular (wide) serta ultra wide-angle. Ini adalah kabar yang cukup menyegarkan, dimana tidak sedikit yang kecewa saat Pixel 4 hadir dengan sensor telephoto. Mengingat pembesaran digital Super Res Zoom di seri sebelumnya sudah cukup baik dengan bantuan machine learning.

Belum diketahui persis berapa kapasitas baterai yang bakal diusung oleh Google untuk Pixel 5, namun Android Central menyebutkan jika setidaknya bakal lebih besar dari 2,800 mAh pada Pixel 4. Untuk pengisian daya nirkabel, smartphone tersebut bakal mendukung 15W Qi wireless charging serta 5W reverse wireless charging.

Google dikabarkan akan resmikan Pixel 5 dan Pixel 4a pada 30 September 2020 mendatang. Menurut Gizmo friends, bagaimana dengan spesifikasi Pixel 5 yang mengalami downgrade pada chipset-nya ini? Semoga dengan begitu, harganya bakal lebih terjangkau ya. Walaupun tidak tersedia secara resmi di Indonesia.