Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Saat Gojek dan Allstars Jualan Jasa Influencer ke Mitra UMKM

0 264

Belum lama ini, viral di media sosial ada influencer yang memiliki kriteria pasangan penghasilan per bulan Rp250 juta agar tidak “jomplang”. Ia bahkan mengungkap ada yang pasang tarif 25 juta untuk konten Boomerang. Kemudian ada kreator konten yang penghasilan dari mengisi webinar saja Rp1-2 miliar.

Terlepas kesan pamer,  content creator ataupun influencer telah menjadi profesi baru yang diidamkan anak muda. Karena selain popularitas dengan subscriber atau follower banyak, potensi penghasilan besar cukup menggiurkan. Meski untuk bisa sampai ke taraf itu bukan perkara mudah. Karena ada proses, kerja keras, momentum dan juga keberuntungan yang mendukung.

Meski ada yang pasang tarif sampai puluhan bahkan ratusan juta, tetapi tak semua influencer mematok harga mahal. Karena memang tidak ada standar tertentu, meski makin besar follower biasanya makin mahal tarifnya. Nah, bagi para mitra UMKM khususnya yang bekerja sama dengan Gojek, mereka pun kini ditawari untuk menggunakan jasa influencer.

Gojek baru saja umumkan kolaborasi dengan Allstars.id. Perusahaan unicorn yang didirikan oleh Nadiem Makarim tersebut berdalih, ini merupakan salah satu cara untuk memilih metode promosi yang pas agar usaha mereka diketahui masyarakat banyak meski lewat daring.

Baca juga: Telkomsel dan Gojek Integrasikan Iklan Digital MyAds dengan GoBiz

Gojek & Allstars.id Perluas Pasar Influencer

Kolaborasi Gojek & Allstars.id.
(ki-ka) VP Commercial Solutions and Operations Gojek Vincent Bachtiar bersama dengan Business Director of Allstars.id Alex Wijaya dalam acara media gathering Kolaborasi Gojek dan Allstars.id (15/2).

Gojek pekan ini mengumumkan kerja sama yang saling menguntungkan dengan platform marketing influencer Allstars.id. Kerja sama ini hadirkan solusi inovatif bagi para mitra UMKM Gojek, agar mereka bisa terhubung langsung dengan para influencer untuk kolaborasi demi keperluan promosi. Dengan kata lain, baik Gojek maupun Allstars ingin meraup “cuan” atau keuntungan baru dari UMKM.

Saat ini, telah ada lebih dari 122 ribu influencer yang sudah tergabung di platform Allstars.id, dengan jumlah followers yang bermacam-macam. Sudah ada ribuan kampanye yang berjalan sejak didirikan pada akhir 2019 lalu. Dengan begitu, para mitra UMKM dapat memilih jenis kampanye yang tepat dan sesuai keinginannya lewat hasil kerja sama ini.

Dalam sebuah konferensi virtual yang diadakan Senin (15/2), Vincent Bachtiar, VP Commercial Solutions and Operations pada Gojek, mengatakan bila pihaknya selalu berinovasi kembangkan teknologi dan produk untuk dukung UMKM, khususnya di tengah pandemi agar UMKM bisa tetap berusaha dan berkarya. Lewat semangat kolaborasi, Gojek menggandeng para pemangku kepentingan, termasuk platform seperti Allstars.id yang punya kesamaan visi.

“Kami berharap dengan kerja sama ini para pelaku UMKM dapat menjangkau lebih banyak konsumen, memperluas pangsa pasar, dan menjadi lebih memiliki daya saing dalam pertumbuhan ekonomi digital dewasa ini,” tambahnya.

Menurutnya, selama ini para UMKM memiliki tantangan untuk promosikan produk mereka, karena keterbatasan jejaring mereka di ranah media sosial. Belum lagi akses yang minim untuk kolaborasi dengan para influencer, serta biaya kampanye digital yang tinggi. Influencer marketing dianggapnya efektif dalam promosikan merek maupun produk dan layanan.

Promo dengan minimum pembelian Rp300 ribu.

Gojek UMKM

Para mitra UMKM Gojek dapat memulai untuk membuat kampanye bersama influencer yang ada di Allstars.id dengan cara mengakses situs web resmi Allstars maupun langsung dari aplikasi GoBiz (ada di promo banner maupun menu “lainnya”). Dalam masa awal ini, Gojek berikan cashback 50% dengan pembuatan kampanye minimum pembelian Rp300 ribu. Nilai maksimum cashback Rp150 ribu, berlaku hingga April 2021.

Setelah mendaftarkan diri, mitra UMKM tinggal membuat kampanye dengan mengisi nama merek, kategori bisnis dan memilih jenis kampanye. Kriteria influencer pun bisa dipilih sesuai keinginan, berdasarkan lokasi, jumlah pengikut sampai jenis kelamin dan usianya. Lalu pilih jumlah post, platform serta harga yang diinginkan.

Allstars.id juga aplikasikan sistem analisis untuk memastikan para pelaku UMKM menjangkau influencer dengan demografi dan audiens yang relevan serta tepat sasaran, sesuai tujuan setiap kampanye yang berlangsung. Dengan pengalaman lebih dari 4 ribu merek, para UMKM akan didukung untuk perkenalkan dan angkat kredibilitas merek, produk dan layanan mereka.