Google Doodle Ikut Meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2021, Google turut memberikan mempersembahkan khusus. Menampilkan ilustrasi Doodle yang menggambarkan keragaman budaya di Indonesia

Google Doodle hari ini dibuat oleh ilustrator perempuan Indonesia, Kathrin Honesta. Dia mengilustrasikan setiap huruf dalam Google, menjadi beragam alat musik untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia atau dikenal juga sebagai Tujuhbelasan.

“Perayaan Hari Kemerdekaannya mencerminkan identitas multikulturalnya sambil juga mempromosikan solidaritas di dalam komunitas lokal sesuai dengan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yaitu berbeda-beda tetap tetap satu,” tulis Google di laman blognya, Selasa (17/8/2021).

Setiap huruf dalam ilustrasi Doodle hari ini menggambarkan unsur-unsur yang ada dalam perayaan Hari Kemerdekaan. Hal itu bisa dilihat dengan adanya Sasando, alat musik harpa senar sembilan yang terbuat dari bambu dan daun lontar asli Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Hari Kemerdekaan Indonesia
Kemudian Kathrine membuat dua huruf “O” berupa orang yang sedang memainkan rebana dan topeng Hudoq Dayak dari Kalimantan. Di sampingnya, seorang penari Pakarena dari Sulawesi dililit selendang yang membentuk huruf “G” kecil.

Setelah sang penari, alat musik tifa dari Maluku kebagian menggantikan huruf “L” kecil dan terakhir, pemain orkes gambus Melayu dari Sumatera. “Indonesia adalah rumah bagi lebih dari 300 kelompok etnis dan bahasa yang unik.”

Animasi Kembang Api Tujuhbelasan

Kembang Api Tujuhbelasan

Selain ilustrasi Doodle, Google juga menyematkan animasi kembang api untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76. Kalian cukup mengklik ilustrasi Google Doodle, untuk beralih ke laman web yang berisi informasi terkait tentang 17 Agustus.

Kalian juga bisa mengetikkan kalimat “Indonesia Independence Day” di mesin pencarian Google Search. Nanti kalian akan melihat animasi percikan kembang api yang tampak melesat di browser untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Tinggalkan komen