Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Resmi Hentikan Pembaruan Software Pixel 2

0 920

Meski tidak hadir secara resmi di Indonesia, smartphone flagship rilisan Google yang satu ini cukup populer. Salah satunya karena unit bekasnya yang dijual dengan harga sangat murah, dapat ditemukan di berbagai e-commerce maupun toko luring.

Meski hanya memiliki satu kamera, kualitasnya masih bisa dibandingkan dengan flagship rilisan 2020. Itu juga menjadi alasan kenapa Google Pixel 2 masih populer. Namun karena umurnya yang sudah cukup tua, tentu ada batasan di mana smartphone ini bakal tidak lagi mendapat pembaruan perangkat lunak (software). Dan waktu tersebut adalah Desember 2020 ini.

Ya, mungkin tidak terasa kalau smartphone yang satu ini sudah mencapai umur tiga tahun setelah perilisannya, Oktober 2017 lalu. Berbeda dengan OEM lainnya, Google menjanjikan tiga tahun pembaruan, baik keamanan bulanan (security patch) maupun versi Android. Namanya juga buatan Google, nggak mungkin dong kalau pembaruannya kalah dengan brand lainnya.

Baca juga: Google Luncurkan Pixel 5 & Pixel 4a 5G dengan Snapdragon 765G

Pembaruan Terakhir Google Pixel 2 Hadir Akhir Tahun

Google Pixel 2

Nah, kalau ditilik ke halaman dukungan resmi Google, pada tab “Pixel phones”, terlihat bila Pixel 2 dan Pixel 2 XL telah melewati masa jaminan untuk mendapatkan pembaruan setelah Oktober 2020, alias bulan ini. Bukan berarti setelahnya tidak dapat digunakan, hanya saja tak ada lagi pembaruan yang bisa diunduh.

Hal tersebut sebenarnya tak perlu dikhawatirkan. Setidaknya, baik Google Pixel 2 maupun Pixel 2 XL sudah mendapat Android 11, yang bawa peningkatan keamanan seperti perizinan untuk akses lokasi maupun lainnya selama satu kali saja, maupun batasan lain yang dapat diakses dari aplikasi pihak ketiga. Dan kabarnya, kedua smartphone murah Google ini bakal dapatkan satu pembaruan final, akhir tahun mendatang.

Kabar tersebut datang dari Android Police, di mana sebuah sumber mengatakan bila Google akan menyiapkan sebuah pembaruan final untuk Google Pixel 2 series. Metode yang sama juga dilakukan Google pada Pixel seri pertamanya. Update tersebut bakal hadir di bulan Desember, alias tak ada pembaruan keamanan di bulan November.

Software baru bulan Desember nanti bakal membawa security patch terbaru, serta perbaikan-perbaikan final lainnya. Setelah itu, Google tak akan merilis pembaruan untuk smartphone yang dikenal dengan varian warna panda satu ini. Bila memang Gizmo friends menyimpan data sangat penting, ada baiknya melirik smartphone lain yang masih mendapat pembaruan keamanan.

Keunggulan Google Pixel 2

Google Pixel 2 XL

Memanfaatkan olah digital seperti AI dan machine learning, hasil foto dari kamera 12MP f/1.8 milik Google Pixel 2 masih bisa mendekati flagship terbaik 2020 sekalipun, lengkap dengan fitur-fitur esensial seperti mode potret sampai mode malam. Meski gunakan prosesor lawas, Snapdragon 835 masih cukup bertenaga. Ditambah dengan Pixel Visual Core, cip khusus agar proses foto seperti HDR lebih instan.

Hadir dalam dua ukuran, hanya varian XL saja yang miliki bezel relatif tipis. Keduanya sama-sama gunakan panel OLED, namun sayangnya Pixel 2 XL mendapat banyak isu di mana warnanya cenderung pucat atau kekuningan. Sementara untuk kebutuhan multimedia, keduanya sudah miliki setup speaker stereo.

Dan dengan kapasitas baterai relatif kecil (2,700 mAh & 3,520 mAh), yang perlu diingat ketika membeli Google Pixel 2 bekas adalah umur smartphone-nya. Semakin lama/semakin sering dipakai, tentu baterainya sudah mengalami degradasi, jadi bakal terasa lebih boros dari yang seharusnya. Sementara untuk lainnya, spesifikasi yang dibawa masih sangat cukup, setidaknya dapat bersaing dengan samrtphone mid-range terbaru saat ini.