Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Luncurkan Pixel 5 & Pixel 4a 5G dengan Snapdragon 765G

2 4.634

Google baru saja menggelar sebuah acara daring bertajuk “Launch Night In”, yang secara kebetulan tayang tengah malam di Indonesia, tepatnya pada 1 Oktober ini. Dalam acara tersebut, Google resmikan perangkat Chromecast terbaru yang sebelumnya sudah bisa ditemukan di toko, wireless speaker, serta dua smartphone yang sudah bocor di mana-mana.

Keduanya adalah Google Pixel 5 dan Pixel 4a 5G, hadir dengan spesifikasi yang hampir identik. Ya, memang tahun ini Google terkesan tidak ingin rilis sebuah flagship yang wah lewat Pixel 5, mengingat chipset yang diusung pun bukanlah yang terbaik. Tapi tetap menawarkan beberapa fitur canggih layaknya smartphone Pixel baru pada umumnya.

Secara tampilan memang terlihat sangat biasa saja. Bingkai kamera masih mirip, sementara sensor sidik jari masih diletakkan di belakang. Google menyebutkan bila Pixel 5 gunakan material aluminum hasil daur ulang. Untuk tahun ini, tidak ada varian Pixel 5 XL, alias hanya satu varian saja.

Baca juga: Berlaku Mulai 1 Oktober, Ini Harga Langganan Google Meet Berbayar

Keunggulan Google Pixel 5

Google Pixel 5

Bagian depannya tak lagi memiliki bezel atas yang sangat lebar seperti di Pixel 4, melainkan ketipisannya cukup impresif, bahkan bagian bawah dibuat sama tipisnya seperti tiga sisi bezel lain. Layarnya berukuran 6 inci, beresolusi full HD+ dan mendukung Smooth Display 90Hz. Seharusnya tidak ada hambatan untuk menaruh sensor fingerprint di dalam layar ya.

Chipset yang digunakan memang bukan yang terbaik, namun masih cukup kencang, Snapdragon 765G. Kapasitas RAM-nya sudah cukup besar di 8GB, dengan penyimpanan internal yang lebih besar di 128GB. Dan kalau biasanya Pixel dikenal dengan kapasitas baterai yang kecil, kali ini Pixel 5 hadir dengan baterai 4,080 mAh.

Namun sayangnya, pengisian dayanya hanya mendukung USB PD 18 watt, yang sudah ketinggalan bahkan jika dibandingkan dengan smartphone mid-range. Setidaknya, sudah mendukung wireless charging dan reverse wireless charging. Bagian ini agak unik, karena Pixel 5 gunakan bodi aluminum. Kabarnya Google membuat celah plastik yang tidak terlihat agar fitur ini tetap bisa berjalan.

Tak memiliki sensor telefoto, Google kali ini menyematkan sensor ultra wide-angle 16MP f/2.2 untuk menemani sensor utama 12.2MP f/1.7 di bodi belakang Pixel 5. Dapat merekam video hingga 4K 60fps, hardware sensor masih sama dengan generasi sebelumnya, hanya saja Google gunakan lensa baru untuk mengurangi flare. Fitur-fitur kamera baru juga disematkan.

Di antaranya adalah Night Sight Portrait (untuk foto potret berkualitas di malam hari), Portrait Lightning (beri efek cahaya khusus), dan juga mode stabilisasi video seperti Cinematic Pan. Meluncur dengan Android 11, smartphone ini bakal mendapat jaminan tiga tahun pembaruan keamanan serta seri Android terbaru.

Harga Pixel 5 & Pixel 4a 5G

Google Pixel 5

Selain Pixel 5, Google juga perkenalkan Pixel 4a 5G. Spesifikasinya hampir sama, hanya saja berbeda di beberapa sisi saja. Layarnya sedikit lebih besar di 6,2 inci, namun hanya mendukung refresh rate 60Hz. Bodinya terbuat dari plastik polikarbonat, dan dengan RAM lebih kecil di 6GB.

Meski dimensinya lebih besar, kapasitas baterai justru lebih kecil di 3,885 mAh, tanpa dukungan wireless charging maupun sertifikasi IP68 seperti sang kakak. Namun Google sematkan jack audio 3,5mm di Pixel 4a 5G. Selain itu, spesifikasinya sama persis, termasuk kamera, prosesor dan lainnya.

Google Pixel 5 hadir dalam dua opsi warna; Black dan Sage Green, dijual seharga USD699. Sementara untuk opsi yang lebih murah, Pixel 4a 5G hadir dengan harga USD499. Target penjualan Google untuk kedua perangkat ini tidaklah tinggi, mengingat Pixel 4 yang kurang laku tahun lalu. Ketersediaannya pun lebih terbatas, seperti Singapura yang tidak masuk dalam daftar negara penjualan perdana.