Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Nest Hub (2021) Bisa Deteksi & Perbaiki Kualitas Tidur

0 7.857

Sebagai perusahaan yang lebih dikenal akan layanan atau perangkat lunaknya, Google sejatinya rilis lini perangkat smartphone dan IoT yang lumayan lengkap. Sayangnya, Indonesia saat ini baru kebagian Chromecast dan speaker Google Nest Mini saja. Padahal ada perangkat menarik lainnya, seperti Google Nest Hub yang baru saja disegarkan untuk 2021.

Google Nest Hub adalah sebuah IoT berjenis smart display. Terlihat seperti tablet, perangkat ini bukan untuk dibawa-bawa, namun lebih pas untuk diletakkan di sudut meja seperti sebelah tempat tidur. Mampu berfungsi sebagai smart speaker, pajangan foto digital, dan kini fitur terbarunya yaitu bisa mengukur kualitas tidur pemiliknya.

Fitur ini hadir dengan latar belakang pengguna yang semakin banyak menggunakan pencarian Google untuk ketahui informasi kesehatan lebih dalam. Menurut Ashton Udall, Product Manager, Google Nest, informasi yang paling banyak dicari adalah terkait kualitas tidur, olahraga dan kesehatan secara umum. Untuk itulah, Google Nest Hub generasi kedua hadir dengan fitur tambahan.

Baca juga: Google Pixel Bakal Bisa Cek Denyut Jantung Pakai Kamera Belakang

Punya Speaker yang Lebih Nge-Bass

Google Nest Hub

Secara tampilan, Google Nest Hub terlihat seperti sebuah tablet kecil yang menyatu dengan sebuah docking. Tampilannya sendiri masih sama persis seperti generasi pertama. Mengusung layar 7 inci beresolusi 1024 x 600 piksel. Layarnya dapat mengatur kecerahan dan temperatur warna otomatis sesuai pencahayaan ruangan.

Perangkat ini tak bisa digunakan untuk panggilan video, karena varian yang dilengkapi kamera depan hanya ada di Nest Hub Max. Meski begitu, Google sematkan sejumlah sensor khusus untuk berikan banyak fungsi tambahan. Di sematkan di bagian atas layar dan sekeliling bodinya.

Memanfaatkan sensor yang ada, pengguna bisa menghentikan lagu yang sedang diputar hanya dengan gestur berhenti di depan layarnya. Google Nest Hub generasi kedua punya speaker dengan bass 50% lebih baik dari seri sebelumnya. Supaya lebih nyaman digunakan untuk dengarkan musik dari platform streaming favorit.

Dukungan asisten suara Google juga hadir, untuk kendalikan perangkat rumah lainnya atau fitur lain seperti bertanya tentang cuaca.

Bisa Memahami Kualitas Tidur Pengguna

Google Nest Hub

Menurut riset yang dilakukan oleh Johns Hopkins Medicine dan CDC, kualitas tidur kita dapat mempengaruhi banyak aspek kehidupan. Kurang tidur, misalnya, bisa sebabkan penyakit hati, risiko demensia sampai kecelakaan kendaraan.

Untuk itu, Google Nest Hub kini hadir dengan fitur Sleep Sensing, gunakan radar Soli yang telah dikembangkan oleh Google, serupa yang ada di kamera depan Google Pixel 4. Ada banyak variable yang bisa dideteksi oleh perangkat ini.

Mulai dari pergerakan, pernapasan, batuk sampai suara mendengkur, semua dapat tercatat lewat mikrofon, sensor cahaya dan temperature pada Google Nest Hub. Saat bangun tidur, pengguna bakal menerima ringkasan kualitas tidur sebagai referensi agar bisa lebih baik lagi.

Nantinya, perangkat juga bakal berikan rekomendasi jam tidur secara saran personal, yang dikembangkan oleh ilmuwan khusus dari organisasi seperti American Academy of Sleep Medicine. Fitur Sleep Sensing bakal tersedia gratis hingga tahun depan.

Harga Google Nest Hub 2021

Google Nest Hub

Google Nest Hub 2021 hadir dalam beragam pilihan warna, yang bisa dicocokkan dengan dekorasi rumah lainnya; Chalk, Charcoal, Sand dan Mist. Kaca depannya dirancang mudah untuk dipersihkan, sementara setengah lebih dari materialnya terbuat dari plastik daur ulang.

Sudah dapat dipesan secara pre-order, Google Nest Hub dijual seharga USD99,99, atau sekitar Rp1,4 jutaan. Perangkat ini baru tersedia secara daring di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Perancis dan Australia.

Tinggalkan komen