alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Photos Tak Lagi Gratis, Ini yang Harus Kamu Ketahui

Sudah terbiasa mengunggah foto ke layanan penyimpanan media dari Google? Maka ada kabar buruk yang kamu harus tahu, atau mungkin Gizmo friends sudah mengetahui informasi ini sebelumnya. Mulai 1 Juni 2021, unggah atau cadangkan foto ke Google Photos tak lagi gratis.

Informasi ini sejatinya sudah disampaikan oleh Google sejak tahun lalu. Bahkan dalam beberapa bulan terakhir, tiap kali pengguna unggah foto lewat aplikasi dari smartphone, selalu muncul pengingat akan ketentuan terbaru tersebut melalui notifikasi pop-up.

Selama satu tahun terakhir, Google memang rilis banyak peningkatan. Tak hanya sekadar simpan foto saja, namun fitur editing, pengkategorian media dan lainnya juga hadir untuk tingkatkan pengalaman penggunaan. Tentunya, hal tersebut tak gratis, membuatnya berhenti tawarkan backup media tanpa biaya. Berikut adalah informasi penting yang kamu harus tahu.

Baca juga: Punya Logo Baru, Google Photos Tampil Lebih Sederhana

Unggah Sebelum 1 Juni 2021

Kalau kamu sempat membaca artikel ini sebelum tanggal yang tertera di atas, silakan untuk unggah foto maupun video sebanyak-banyaknya ke Google Photos. Sebelum 1 Juni 2021, Google masih membiarkan penggunanya untuk lakukan pencadangan dalam kualitas tinggi (high quality), alias tidak memakan ruang penyimpanan Google Drive.

Tak hanya foto saja, video pun juga bisa diunggah dan tidak pengaruhi kapasitas cloud. Kamu bisa menyiapkan foto dan video penting, melakukan sortir terlebih dahulu di smartphone, atau bahkan memindahkannya ke laptop.

Selain lewat aplikasi, Google Photos juga bisa diakses dari situs desktop secara mudah lewat photos.google.com. Bila sudah berhasil disortir, cukup buka situs tersebut, lakukan proses login, dan cukup drag and drop saja foldernya ke peramban. Proses unggah akan dimulai dan kamu bisa meninggalkan komputer hingga proses selesai.

Nggak Perlu Khawatir Foto Lama

Google Photos

Beberapa pengguna menanyakan apa yang terjadi bagi mereka yang sebelumnya sudah unggah puluhan hingga ratusan ribu media ke Google Photos. Termasuk mempertanyakan apakah setelah tanggal 1 Juni, kapasitas Google Drive bakal otomatis penuh, atau media secara otomatis akan hilang. Namun tak perlu khawatir.

Pihak Google telah menegaskan bila semua media yang sudah terunggah di Google Photos bakal tetap ada dan bisa diakses, tanpa memakan kapasitas cloud di Google Drive. Dalam artian, bila sebelum 1 Juni Drive kamu tersisa 15GB, maka setelahnya pun bakal tetap 15GB, foto dan video bakal masih tersedia kok.

Matikan Auto Backup

Google Photos Limit

Ketika pertama kali mengakses aplikasi Google Photos pada smartphone Android & iOS, umumnya kamu bakal mendapatkan notifikasi opsi untuk melakukan proses pencadangan secara otomatis. Bila kamu mengaktifkan fitur tersebut, ada baiknya untuk memastikan supaya sudah diubah atau di-nonaktifkan.

Hal tersebut supaya kamu tidak memakan kapasitas Google Drive secara cepat, apalagi kalau punya kebiasaan untuk ambil banyak foto dan video. Dalam waktu singkat, kapasitas 15GB gratisan bakal segera terkonsumsi. Hingga tak bisa lagi unggah file media penting.

Tentunya, poin ini tak perlu dikhawatirkan oleh kamu yang memang berlangganan Google One, dengan kapasitas tambahan yang cukup untuk simpan file-file media. Tapi bisa juga untuk tetap menonaktifkan fitur auto-backup, dan menyortir file foto dan video tertentu yang memang ingin dicadangkan, demi menghemat storage.

Pengguna Google Pixel Tetap Tenang

Google Photos

Kalau kamu merupakan pengguna Google Pixel seri tertentu, masih ada kesempatan untuk mengunggah foto ke Google Photos secara gratis, bahkan dalam kualitas original. Benefit spesial yang memang diberikan oleh Google untuk pengguna smartphone flagship-nya.

Pastikan kamu mengecek apabila perangkat Google Pixel yang sedang digunakan, memiliki benefit yang cukup spesial ini. Bisa dengan mengakses aplikasi, lalu masuk ke menu Settings dan cek opsi Backup. Kalau memang masih ada, bakal tertera keterangan di bagian atas.

Sebagai contoh, Google Pixel 3 yang saya gunakan masih memiliki benefit untuk unggah media dalam kualitas original tanpa menghabiskan kapasitas Drive hingga tahun 2022 mendatang. Benefit ini juga bisa menjadi salah satu alasan khusus untuk memiliki Google Pixel, meski tidak hadir secara resmi di Tanah Air.

Tinggalkan komen