Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Gojek Luncurkan GoPlay Live, Platform Konser Online & Streaming Interaktif

0 536

Penyedia layanan video on-demand saat ini telah berlomba-lomba untuk berikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya. Pasalnya, menonton video seperti serial maupun film merupakan hiburan yang banyak diminati masyarakat, dapat secara mudah diakses terutama pada situasi pandemi seperti saat ini. Baik menambah fitur maupun melengkapi kontennya, keduanya tentu akan membuat pelanggan semakin nyaman untuk berlangganan.

Sebagai salah satu platform video on-demand terdepan di Indonesia, GoPlay mencoba untuk meluncurkan sebuah fitur baru yang dinilai dapat menarik perhatian konsumen. Dinamakan GoPlay Live, fitur tersebut dapat menampilkan tayangan langsung (live streaming) berbagai program maupun konten daring interaktif nan berkualitas. Fitur tersebut diresmikan pada Kamis (23/7) lalu, melalui sebuah konferensi daring yang diadakan di dalam GoPlay Live.

Kehadiran GoPlay Live dinilai dapat memudahkan penggunanya dalam menggunakan beragam opsi untuk berinteraksi langsung dengan pembuat konten. Fitur ini melengkapi fitur-fitur lainnya yang sudah diluncurkan sebelumnya, seperti GoPlay Original dan GoPlay Eksklusif.

Gojek Hadirkan Akses GoPlay ke Pelanggan Maskapai Citilink

GoPlay Live Unggulkan Interaktivitas dengan Kreator

goplay live
CEO GoPlay, Edy Sulistyo saat konferensi pers virtual Peluncuran Inovasi GoPlay Live (23/7) menggunakan GoPlay Live.

CEO GoPlay Edy Sulistyo turut menjelaskan dalam kesempatan yang sama, jika konten daring merupakan salah satu aktivitas hiburan yang paling digemari selama pandemi. Kehadiran GoPlay Live pada aplikasi GoPlay diharap dapat mengobati kerinduan para penggemar konten termasuk acara (event).

“Tentu saja banyak pengalaman tidak tergantikan, seperti kebersamaan dengan keluarga dan teman, interaksi di tengah keramaian pada saat menonton, demikian juga kepuasan melihat performer dari dekat. Sejumlah fitur dalam GoPlay Live dapat menjadi alternatif interaksi yang biasa pengguna dapatkan saat menyaksikan acara luring,” jelas Edy.

Apa aja sih fitur-fitur yang dibawa GoPlay Live? Video streaming lewat fitur ini akan terasa lebih menarik. Penonton dapat melempar pertanyaan langsung dengan host, penyelenggara acara maupun performer lewat tombol ShoutBox atau Q&A. Para kreator konten juga diberikan porsi running teks untuk memberikan informasi tertentu.

tampilan goplay live
Tampilan antarmuka GoPlay Live.

Yang cukup menarik, selain dapat di-cast ke TV, tersedia fitur private group chat dimana kita bisa berdiskusi bersama teman, secara privat tanpa perlu keluar aplikasi. GoPlay Live juga sediakan menu live shopping untuk permudah para creator konten untuk membeli merchandise, souvenir dan lainnya.

Edy menambahkan, fitur GoPlay Live tak hanya berhenti sampai di situ saja. “Inovasi dan kreativitas creator konten di Indonesia sangatlah tak tebatas. Dalam waktu dekat, GoPlay Live akan menghadirkan fitur-fitur tambahan, seperti trivia dan polling interaktif, donasi, virtual gift dan masih banyak lagi bagi para pengguna.”

Tohpati: GoPlay Live Dapat Mendukung Industri Kreatif

Gitaris serta penulis lagu, Tohpati juga turut hadir meramaikan acara peluncuran daring dari GoPlay Live. Menurutnya, fitur seperti ini dapat mendorong industri kreatif agar dapat tetap bergeliat di tengah keterbatasan. “Saya berharap online event yang diselenggarakan saat ini dapat menjadi wadah ekspresi baru bagi kami, agar dapat terus menghibur masyarakat,” tambahnya.

Tohpati juga akan mengisi acara pertamanya di platform GoPlay Live, bersamaan dengan Sandhy Sondoro pada hari Sabtu, 25 Juni mendatang. Jika berminat, Gizmo friends dapat mengakses situs resmi loket.com untuk membeli sekaligus melihat tata cara menonton dari aplikasi GoPlay.

“GoPlay Live memberikan opsi tambahan bagi para pembuat konten, termasuk event creator untuk memperoleh peluang pendapatan di luar penjualan tiket. Lebih jauh lagi, dengan keberadaan konten di GoPlay bahkan setelah acara berakhir, kekayaan intelektual para content creator akan dapat terus dinikmati, diapresiasi, dan dihargai oleh masyarakat meskipun tayangan mereka telah berakhir,” tutup Edy.